Perbedaan Cloud Hosting, Shared Hosting, dan VPS

  • Whatsapp
Perbedaan cloud hosting shared hosting vps

Perbedaan cloud hosting, shared hosting, VPS – Saya sempat kebingungan saat akan migrasi dari blooger ke wordpress. Kebingungan saya adalah jenis hosting apa yang cocok untuk saya. Sebab dari artikel yang saya baca tentang cloud hosting , shared hosting dan VPS memiliki perbedaan. Tentunya ketiga jenis hosting tersebut juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Banyak perusahaan yang menyediakan produk layanan hosting. Tidak semua perusahaan menawarkan 3 jenis hosting tersebut. Ada yang hanya Cloud hosting sebagai produk unggulannya ada juga yang hanya menyediakan shared hosting. Namun kebanyakan perusahaan pasti nebyediakan layanan VPS.

Bacaan Lainnya

Hampir setiap hari saya selalu cek setiap perusahaan yang menyediakan jasa hosting. Mulai harga, kapasitas yang ditawarkan. Sampai saya cari di google apa saja kelebihan dan kekurangan dari cloud hosting, shared hosting dan VPS.

Sekedar informasi saja, blog punakawanku ini menggunakan jenis Cloud Hosting. Tentu ada banyak pertimbangan kenapa saya lebih memilih jenis ini.

Jika kalian penasaran yuk simak apa saja perbedaan dari cloud hosting, shared hosting, dan VPS.

Perbedaan Cloud Hosting, Shared hosting dan VPS

Cloud Hosting

Cloud hosting biasa disebut hosting gotong royong adalah jenis hosting dimana data-data disimpan pada cloud atau server virtual. Cloud hosting terkenal lebih aman saat terjadi masalah pada server, server lain yang masih normal akan mengantikan tugas server yang sedang bermasalah, ini sebabnya disebut dengan hosting gotong royong.

Kelebihan Cloud Hosting
  • Lebih aman karena memiliki banyak server yang saling membackup jika terjadi masalah
  • Karena virtual maka lebih fleksibel jika ingin melakukan penambahan sumber daya
  • Tidak perlu skill teknis karena full managed dari perusahaan penyedia layanan hosting
Kekurangan Cloud Hosting
  • Harga lebih mahal dibandingkan dengan shared hosting

Shared Hosting

Shared Hosting biasa disebut hosting kontrakan adalah jenis hosting dimana dalam satu server terdisi dari beberapa akun hosting. Berbeda dengan cloud hosting yang terdiri dari banyak server yang bisa saling membackup. Shared hosting hanya memiliki 1 server yang digunakan oleh beberapa pengguna. Makanya sering saya sebut hosting kontrakan.

Shared hosting juga lebih populer karena bagi pemula cukup menggunakan hosting jenis ini. Dulu saya sempet mau pilih shared hosting, tapi setelah saya lihat kelebihan dan kekurangan shared hosting, akhisrnya saya lebih memilih cloud hosting meskipun harus membayar sedikit lebih mahal.

Kelebihan Shared Hosting
  • Harga lebih terjangkau cocok untuk pemula yang ingin belajar seputar web
  • Pengelolaan dikelola sepenuhnya oleh perusahaan penyedia layanan hosting, jadi cocok buat pemula juga.
  • Cocok untuk pemula yang sedang membangun website atau blog dengan self hosting.
Kekurangan Shared Hosting
  • Karena 1 server digunakan banyak pengguna, wajar kalau sering lambat jika web sedang di akses.
  • Banyak batasan terhadap sumber daya dan pembagian resource server setiap pengguna tidak merata
  • Resiko lebih tinggi karena jika salah satu pengguna dalam 1 server mengalami gangguan, maka pengguna lain bisa terkena gangguan juga.

VPS

VPS atau Visrtual Private Server adalah salah satu layanan hosting yang menggunakan teknologi virtualisasi yang menyediakan resourse dedicated server / pribadi meskipun digunakan oleh lebih dari satu pengguna.

VPS hosting bisa menjadi pilihan yang lebih aman dan stabil dibandingkan dengan shared hosting yang mana kamu sama sekali tidak menggunakan ruang server yang pribadi atau dedicated server.

Kelebihan VPS
  • Full managed sepenuhnya diserahkan kepada pengguna
  • Mendapatkan akses root untuk melakukan pengaturan sesuai keinginan
  • Bisa melakukan upgrade kapasitas VPS jika dibutuhkan
Kekurangan VPS
  • Tidak cocok untuk pemula karena full managed oleh pengguna
  • Harga lebih mahal dibandingkan dengan jenis hosting lainnya yaitu cloud hosting dan shared hosting

Nah dari penjelasan di atas, kamu harusnya sudah paham mana hosting yang cocok untuk kamu. Kapan harus menggunakan shared hosting? Kapan harus menggunakan cloud hosting? dan kapan harus menggunakan VPS?

Saya pribadi memilih cloud hosting karena menurut saya levelnya tengah- tengah. Kualitasnya ok dan harga masih bisa dijangkau.

Semoga setelah membaca artikel di atas kamu benar – benar memahami perbedaan mendasar antara cloud hosting, shared hosting dan VPS. Kamu juga paham apa saja kelebihan dan kekurangan dari ketiga jenis hosting tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.