Cara Menghasilkan Uang Melalui Blog

Diposting pada

Cara Menghasilkan Uang Melalui Blog – Blog merupakan sebuah sarana untuk dijadikan tempat berbagi informasi kepada orang-orang yang membutuhkan melalui mesin pencari. Dengan kata lain informasi yang anda tulis diblog bisa di akses oleh ribuan bahkan jutaan orang. Banyak informasi yang bisa anda bagikan melalui blog, diantaranya adalah karya tulis seperti puisi, cerpen dan sejenisnya, artikel tutorial android, komputer, blog, artikel wisata, artikel review produk, artikel panduan, artikel kesehatan, tips dan trik dan masih banyak lagi.

Banyak yang beranggapan bahwa ngeblog merupakan hobi yang tak ada gunannya, terlebih bagi mereka yang tidak suka menulis. Sebab pekerjaan seorang blogger hanyalah duduk didepan laptop dan menulis apapun sesuai pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki. Tapi bagi mereka yang paham, ngeblog memiliki segudang manfaat. Bahkan yang awalnya tidak suka dan tidak bisa menulis seperti saya ini, perlahan mulai belajar menulis diblog yaitu menulis tentang apapun yang saya ketahui.
Banyak blogger sukses yang sudah bisa menghasilkan uang jutaan rupiah melalui blog. Sayangnya kebanyakan mereka tidak mau berbagi kalau ternyata melalui blog bisa menghasilkan uang. Banyak sekali yang bisa dimanfaatkan dari blog agar bisa menghasilkan uang. Bahkan jika blog yang anda kelola mulai dikenal banyak orang, hanya dari menulis 1 artikel saja sudah bisa mendapatkan gaji yang cukup untuk hidup seminggu. Lalu apa saja yang bisa dimanfaatkan dari blog agar bisa menghasilkan uang? Silahkan simak ulasan berikut dan mulai lah membuat blog.

Cara Menghasilkan Uang Melalui Blog Pribadi

1. Pogram Google Adsense

Dikalangan para blogger,  google adsense sudah tidak asing lagi. Google adsense adalah periklanan milik google yang akan membayar anda dengan cara meletakkan iklan di blog yang anda kelola. Tapi ingat, jika ingin menjadi publisher atau penayang iklan google adsense anda harus mendaftarkan blog dahulu ke google adsense, kemudian pihak google adsense akan mereview blog anda apakah layak untuk ditempati iklan atau tidak. Bayaran yang diberikan google adsense sangat tinggi dibandingan periklanan lainnya. Sehingga hampir semua blogger mendaftarkan diri ke google adsense. Jika anda masih kurang paham tentang google adsense, contoh iklan bisa anda lihat di bagian advertise atau di bawah header blog punakawanku.
Wajib Baca :
Selain melalui google adsense, anda juga bisa memanfaatkan jenis periklanan selain adsense. Banyak sekali yang mau membayar blog yang anda kelola jika ternyata anda ditolak oleh adsense.

2. Menyediakan Space Iklan di Blog

Cara lain mendapatkan uang lewat blog adalah dengan menyediakan slot atau space iklan. Anda bisa memasang slot kosong yang berisi tulisan Pasang Iklan Anda Disini kepada pengunjung. Jika ada pengunjung atau advertiser yang tertarik memasang iklan di blog, anda akan segera dihubungi melalui laman kontak yang anda sediakan. Besarnya bayaran yang anda dapatkan tergantung banyaknya jumlah pengunjung harian blog, semakin banyak semakin tinggi pula harga yang bisa anda tawarkan.

3. Artikel Review

Menghasilkan uang melalui blog

Para blogger sendiri masih banyak yang belum mengetahui jika ternyata uang bisa dihasilkan melalui artikel review. Artikel review adalah jenis artikel yang berisi tentang informasi suatu produk. Tentu untuk bisa mendapat penawaran untuk mereview suatu produk bukan perkara mudah. Syarat utama blog atau web anda harus memiliki nilai DA dan PA minimal 20 dengan skala 100. Jika nilai DA dan PA blog anda bagus, akan ada banyak penawaran yang masuk ke anda dari para pengiklan yang produknya ingin direview. Tak main-main,  untuk satu artikel review anda akan digaji antara 100rbu sampai 2juta tergantung seberapa bagus rating blog anda. Nilai DA dan PA itulah yang akan menjadi ukuran rating blog anda.

Wajib Baca :
Jika ternyata nilai DA dan PA anda kurang, anda bisa belajar membuat artikel review. Anda bisa mulai mereview produk apa saja yang ada disekitar anda. Usahakan tentang review usaha teman atau keluarga hingga akhirnya anda dilirik oleh advertiser untuk mereview produk mereka.

4. Membuka Jasa Penulis

Nah,  untuk yang satu ini tentu membutuhkan skill khusus. Untuk bisa menjadi penyedia jasa penulis artikel blog, ada skill khusus selain mahir menulis. Yaitu anda harus paham tentang namanya SEO artikel. Bagaimana cara meletakkan kata kunci, membidik keyword dan memiliki wawasan luas tentunya. Karena kebanyakan clien anda adalah seorang blogger, anda harus siap menerima pesanan artikel tentang berbagai topik. Untuk bayarannya juga lumayan, rata-rata harga 1 artikel dengan jumlah kata 300 adalah 6000-10.000. Jika sehari anda bisa menghasilkan 50 artikel. Sudah lumayan bukan?
Baca juga :
Saya berani katakan bahwa seorang blogger lebih produktif dibandingkan mereka yang tidak menekuni dunia blog. Banyak blogger sukses yang berjualan dengan memanfaatkan media blog dan skill blog yang di milikinya. Produk yang dijualpun bisa berupa apapun, bagi blogger yang memiliki skill mumpuni yang dijual bisa berupa Blog atau Website, Template Blog, Akun Adsense dll. Ada juga blogger yang menjual produk aneka kebutuhan, seperti pakaian, aksesoris, obat herbal dll. Dalam pemasarannya mereka hanya memanfaatkan media blog yang sudah di tata tampilannya menjadi toko online. Tentu berjualan melalui blog lebih berpeluang dibanding hanya melalui media sosial. Di blog, pelanggan bisa menemukan produk anda melalui google. Tapi jika melalui media sosial, anda harus melakukan promosi kepada calon pelanggan.

6. Program Afiliasi

Program afiliasi merupakan sumber penghasilan para blogger yang memasarkan produk orang lain dengan memanfaatkan link refferal. Jadi caranya cukup mudah, anda cukup daftar ke penyedia afiliasi, kemudian ambil link referal anda kemudian promosikan melalui artikel blog yang membahas hal relevan dengan produk afiliasi. Semakin banyak yang membeli produk melalui link refferal anda, maka semakin besar pula komisi yang anda dapatkan. Program afiliasi yang pernah saya ikuti sebelum diterima Google Adsense adalah :

  • Amazon
  • Niagahoster
  • Mataharimall

7. Mengikuti Lomba

Perlu anda ketahui bahwa di dunia blog juga terdapat perlombaan. Mengikuti lomba blog mampu meningkatkan semangat untuk ngeblog. Mengikuti lomba blog juga menjadi ajang untuk memperkenalkan blog yang anda kelola kepada orang-orang sekitar. Banyak kategori yanh dilombakan, mulai lomba menulis, lomba review produk, lomba tehnik SEO, dan masih banyak kategori lainnya.
Cara menghasilkan uang melalui blog tidak sebatas 7 hal diatas. Jika anda memiliki skill lain, anda bisa memanfaatkan blog sebagai alat penghasil uang. Jika anda sudah merasakan penghasilan dari blog, percayalah anda akan meninggalkan pekerjaan lainnya dan lebih fokus untuk meningkatkan penghasilan melalui blog.

Artikel menarik lainnya...

2 thoughts on “Cara Menghasilkan Uang Melalui Blog

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.