Ilmu SEO dari Kang Santri, Mari Nikmati Yoast SEO

  • Whatsapp
Ilmu SEO dari Kang Santri, Mari Nikmati Yoast SEO

PUNAKAWANKU.com | Mari kita belajar Ilmu SEO dari Kang Santri, Mari Nikmati Yoast SEO. Sebagai seorang blogger yang memang serius mengelola blog, tentu saja saya tidak akan setengah-setengah dalam optimasi blog. Mulai dari tampilan blog, kecepatan blog, mobile friendly blog, dan yang paling penting adalah konten-konten SEO yang ada di blog.

Saya tidak setengah-setengah dalam optimasi blog, ya meskipun ada sebagian blogger yang bilang. Katanya, SEO tidak penting, yang penting kita menulis dan menulis.

Muat Lebih

Sekarang mari kita pikirkan, kita sudah susah-susah menulis artikel, dan artikel kita hanya menjadi arsip pribadi tanpa ada seorang pun yang mengunjungi.

Nah, kalau di pikir-pikir sayang kan ya?. Tentu saja iya.

Setiap blogger mempunyai prinsip bloggingnya masing-masing. Mungkin, bagi mereka yang menganggap bahwa SEO itu tidak penting, saya hanya bisa berbaik sangka. Mungkin saja kelas kita berbeda dengan kelas blogging mereka yang menganggap bahwa SEO itu tidak penting. Dan yang pasti, mereka jelas mempunyai alasan tersendiri.

Saya pun mempunyai alasan kenapa saya menganggap bahwa SEO itu masih terpenting!. Berikut alasan saya.

  • Sudah susah-susah menulis, setidaknya artikel bisa nangkring di halaman pertama.
  • Untuk menggaet visitor pastinya.
  • Kita sudah menyewa hosting dan domain yang berbayar. Jika setengah-setengah dalam optimasi blog, tentu saja hanya akan membuang waktu.
  • Alasan terakhir saya adalah (Tantangan). Karena bersaing di mesin pencari merupakan tantangan paling asyik buat saya.

Nah, pada artikel ini saya akan sedikit berbagi pengalaman mengenai SEO yang saya pahami. Seperti yang saya katakan tadi, saya tidak pernah setengah-setengah dalam hal apa pun yang saya cintai. Seperti Optimasi blog.

Ini adalah artikel pertama saya di www.punakawanku.com, blog lama yang ternyata SEOnya tidak terlalu diperhatikan haha. Saya sudah melihatnya mas.

Mari kita mulai.

Belajar ilmu SEO dari kang santri

Heading 1
Note: Jangan Lupa untuk (Teks Alt gambar)

Nah, saya menulis belajar ilmu SEO dari kang santri. Di atas, dan saya jadikan H 2 (Heading 2) atau biasanya sering disebut subheading pertama.

Lalu perhatikan setiap paragraf tulisan ini, saya hanya membuat dua baris untuk satu paragraf. Biasanya maksimal tiga baris.

Kenapa mas?

Karena penulisan di blog dan di buku tentu saja berbeda. Kenapa saya membuat dua baris per paragraf?. Karena ketika nanti blog/website kita di akses melalui smartphon tidak menakutkan. Percayalah, semakin panjang paragraf yang Anda tulis di blog, maka akan semakin menakut-nakuti pengunjung nantinya.

Pengunjung akan kabur saat melihat tulisan dengan paragraf yang begitu panjang. Kecuali orang tersebut mental bacanya sangat kuat.

Saya menaruh subheading 3 disini

Heading 2
Seperti di atas, jangan lupa Alt Tkes

Jangan lupa!, tetap seperti di atas. Saya hanya membuat tulisan dua baris setiap paragraf. Jelaskan disini untuk penjelasan subheading 3, dan begitulah seterusnya sampai subheading terakhir/penajukan terakhir.

Menuju Inti pembahasan, mari nikmati Yoast SEO

Fokus di paragraf pertama. Biasanya, saya membuat paragraf pertama dengan kata kunci yang fokus dengan judul artikel. Akan saya contohkan, lihat gambar di bawah ini;

Paragraf pertama

Nah, kumpulan kata kunci di atas yang saya fokuskan di judul artikel nantinya akan saya taruh di deskripsi penelusuran. Saya rasa sudah cukup jelas, kalau masih tidak jelas berarti Anda kebarus mas haha.

Jika sudah memfokuskan kata kunci paragraf pertama dengan judul, sekarang kita copas paragraf pertama dan kita taruh di deskripsi penelusuran.

contohnya seperti berikut;

Deskripsi p

Jika sudah sekarang kita ke “Focus keyphrase”.

Fokuskan Focus keyphrase dengan deskripsi penelusuran, langkahnya sama persis seperti kita copas paragraf pertama tadi. Hanya saja, Focus keyphrase ini harus sangat fokus karena penggunaan kata kuncinya dibatasi. Jika melebhi batas SEO tidak akan menyala hijau. Ingat!

Lihat gambar di bawah ini lagi:

Kipres

Sudah mantap!! tapi SEO belum menyala hijau, berarti masih kurang mantap haha.

Langkah terakhir, ini sangat penting, bahkan penting sekali. Kenapa SEO masih belum menyala hijau? padahal artikel ini sudah cukup panjang.

Jawabanya

karena saya belum menaruh “internal link dan outbound link”.

Apa itu internal link dan Outbound link?

Internal link adalah link artikel Anda sendiri yang Anda taruh di artikel blog Anda sendiri, contohnya saya akan menaruh internal link di paragraf ini, karena ini membahas tentang blogging jadi saya kasih artikel yang relevan yang sama pembahasanya yaitu kategori blogging.

Internal linknya disini: Alasan Mengapa Anda Harus Memilih WordPress Dari Pada Yang Lain

Nah, saya sudah menaruh link internal. Biasanya kalau normal SEO sudah bisa menyala hijau dan tersenyum.

Jika belum tersenyum tugas Anda harus menaruh Outboun link, apa itu outbound link?. Outbound link adalah link keluar atau link dari website orang lain yang nda taruh di postingan Anda.

Banyak orang menganggap bahwa terlalu sering menaruh link keluar akan membuat blog kita buruk!. Ternyata ini salah, dan tentu saja saya sudah membuktikanya sendiri.

Berilah link keluar pada setiap postingan Anda minimal satu link Outbound. Dan kabar gembiranya saya akan memberikan sedikit bocoran kepada Anda, karena ini ilmu yang mahal kalau tidak mau belajar ya tidak mungkin tahu.

Semakin berkualitas link keluar yang Anda taruh dalam setiap postingan, maka akan semakin berkualitas postingan tersebut. Dan sebagai contohnya, saya akan menaruh link keluar di paragraf ini. Karena tadi sebelum Upload gambar saya mengompres gambar dulu biar blog tidak berat, maka akan saya kasih link keluar untuk website kompres gambar PNG Online.

Sekarang kita lihat hasilnya. Apakah SEOnya sudah tersenyum?

Mari lihat gambar di bawah ini.

sempurna

Nah, SEOnya sudah tersenyum gembira. Langkah terakhir, agar lebih mantap lagi jangan lupa tambahkan gambar unggulan dan kemudian Alt Teksnya juga jangan dilupakan.

Akhir kata, maaf gan. Bukan bermaksud keminter, tapi berbagi itu indah. Apalagi dengan sesama komunitas.

Oh iya trik ini bisa di praktekan di blogger, jadi jika Anda menggunakan blogger. Trik ini masih berlaku, anggap saja blogger sama dengan Yoast SEO. Jika Anda ingin bertanya, atau sekedar menyapa. Saya juga menulis di Fathnan.id

Happy Blogging.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

2 Komentar