Breaking News
Cara Mengatasi Whatsapp yang Diblokir

Cara Mengatasi Whatsapp yang Diblokir

Cara Mengatasi Whatsapp yang Diblokir – WhatsApp memang membebaskan siapapun untuk saling bertukar pesan melalui aplikasi tersebut. Selama pengguna memiliki kontak WhatsApp dan tidak terblokir oleh sistem. Kendati demikian ada cara mengatasi WhatsApp yang diblokir baik sementara maupun permanen.

Jenis Whatsapp yang Diblokir

WhatsApp memang memiliki otoritas untuk memblokir siapapun yang melanggar ketentuan penggunaan. Itulah mengapa sebagai pengguna harus berhati-hati dalam menggunakan aplikasi tersebut.

Akun WhatsApp yang terkena blokir baik permanen atau sementara tidak akan bisa terbuka. Hal itu berarti Anda tidak akan dapat menerima dan mengirim pesan. Sepenuhnya akan dalam pemantauan sistem terkait pelanggaran apa yang telah terjadi.

Jadi untuk mengantisipasi adanya pemblokiran sepihak, ikuti aturan yang ada di aplikasi tersebut. Kendati demikian bukan berarti tidak ada cara untuk mengatasinya. Sebab setiap ada masalah pasti memiliki solusi.

Namun sebelum itu kenali dulu mengenai pemblokiran sementara dan pemblokiran permanen. Sebab keduanya sangatlah berbeda baik dari penyebab maupun cara mengatasinya.

WhatsApp yang terkena blokir sementara adalah bentuk peringatan dari WhatsApp kepada pengguna. Boleh jadi penyebabnya adalah ada yang melaporkan akun Anda sebagai spam atau pengganggu. Itulah mengapa pihak wa akan melakukan pemantauan terlebih dahulu.

Jika tidak menemukan pelanggaran maka wa tersebut akan dapat terbuka dalam beberapa jam atau beberapa hari ke depan. Kendati demikian pengguna tidak perlu melakukan kiat khusus untuk bisa membuka kembali akun tersebut.

Hal ini sangat berbeda untuk mereka yang terkena pemblokiran permanen. Meski dapat kembali namun harus melalui prosesur yang cukup rumit. Jadi, kenali dulu masalah yang ada supaya dapat menemukan solusi terbaik.

Penyebab Whatsapp Diblokir

Alasan terkuat WhatsApp terblokir adalah adanya pelanggaran penggunaan syarat dan ketentuan aplikasi. Berdasarkan durasi, blokir WhatsApp terbagi atas dua macam yaitu blokir permanen dan blokir sementara.

1. Penyebab WhatsApp terblokir sementara

Tidak ada kiat khusus untuk mengatasi WhatsApp yang terblokir sementara. Pasalnya pengguna hanya perlu menunggu sampai proses pemantauan selesai dan terbukti tidak ada pelanggaran yang terjadi. Butuh waktu beberapa jam hingga hitungan hari untuk WhatsApp melakukan proses tersebut.

TRENDING:  Cara Membuat Stiker WA Sendiri di Android Tanpa PC

Banyak faktor yang menyebabkan akun WhatsApp terblokir untuk sementara waktu. Beberapa mungkin secara tidak sadar telah Anda lakukan. Misalnya menghubungi nomor tidak dikenal, memasukkan orang asing ke grup secara random, maupun mengirim pesan beruntun.

Namun di banyak kasus pemblokiran sementara terjadi karena penguna menggunakan aplikasi WhatsApp tidak resmi. Meski memiliki banyak fitur yang lebih kaya dari versi original, penggunaan aplikasi ilegal meningkatkan resiko terkena blokir.

Apalagi jika aplikasi tersebut bukan dari platform terpercaya seperti play store, Apkpure, dan lain sebagainya. Jadi, untuk pengguna WhatsApp modifikasi tetaplah berhati-hati dan selektif dalam memilih platform sosial media.

Bagi yang sedang terkena pemblokiran WhatsApp sebab penggunaan aplikasi tidak resmi bisa mencoba cara mudah mengembalikannya. Yaitu dengan cara uninstall aplikasi tersebut lalu beralih ke pemakaian WhatsApp resmi.

2. Penyebab WhatsApp terblokir Permanen

WhatsApp yang telah terblokir secara permanen berarti tidak akan kembali lagi. Otomatis pengguna harus membuat akun WhatsApp baru supaya bisa menggunakan aplikasinya. Kendati demikian masih ada cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Jika dan hanya jika ada bukti bahwa tidak ada hal-hal yang melanggar ketentuan wa. Biasanya yang menjadi penyebab terblokirnya akun secara permanen adalah pengiriman iklan, spam, juga berbagai konten ilegal.

Di mana hal ini telah sering pengguna lakukan sehingga bisa menyinggung kelompok tertentu. Selain itu hal-hal yang mengandung ungkapan kasar serta ujaran kebencian terhadap kelompok khusus dapat menjadi pemicunya. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari berbagai hal yang tersebut di atas.

Baca Juga : Aplikasi Sadap WhatsApp

Cara Mengatasi Whatsapp yang Diblokir

Seperti penjelasan di awal pembahasan ada dua jenis pemblokiran  berdasarkan waktu yaitu sementara dan permanen. Keduanya memiliki cara penyelesaian yang berbeda. Penasaran? Begini cara mengatasi WhatsApp yang diblokir.

1. Whatsapp yang Di blokir Sementara

Indikasi WhatsApp yang terblokir sementara akan ketahuan saat pengguna membuka aplikasi tersebut. Di mana akan tertera waktu hitungan mundur. Durasi ini pun variatif tergantung dari jenis pelanggarannya. Ada yang 24 jam, 48 jam atau bahkan lebih lama dari itu.

TRENDING:  Cara Menonaktifkan Fitur Terakhir Dilihat di Whatsapp

Nah untuk bisa menggunakannya seperti semula pengguna hanya harus menunggu hitungan mundur selesai. Apabila waktu berakhir maka Anda dapat akses WhatsApp kembali seperti semula.

Namun bagi pengguna wa mod tentu penyelesaiannya tidak akan semudah itu. Pengguna harus beralih ke pemakaian WhatsApp resmi dengan uninstall aplikasi sebelumnya. Supaya riwayat pesan tidak hilang begini cara beralih ke WhatsApp resmi untuk menghindari pemblokiran.

  • Buka aplikasi WhatsApp Mod
  • Cadangkan atau Backup semua riwayat chat
  • Uninstall aplikasi WhatsApp mod di smartphone
  • Install aplikasi WhatsApp resmi melalui Play Store
  • Log in menggunakan nomor sebelumnya
  • Pulihkan chat yang telah di backup

Jika cara ini belum bisa mengembalikan akun, maka cobalah cara lain. Pengguna bisa mengirimkan keluhan ke email [email protected]. Apabila memang tidak ada bukti pelanggaran, wa akan otomatis pulih kembali.

2. Whatsapp yang Di blokir Permanen

WhatsApp yang terblokir secara permanen beresiko pengguna harus membuat akun baru. Jika memang pengguna tidak merasa melakukan pelanggaran dan memiliki bukti kuat bisa langsung menghubungi email [email protected].

Cara ini akan membuat akun wa pulih dan bebas blokir. Namun jika pengguna tidak memiliki bukti otentik terkait alasan pemblokiran tersebut, akun wa mustahil untuk kembali. Solusinya adalah dengan membuat akun baru.

Bagaimana kini sudah paham bukan mengenai cara mengatasi WhatsApp yang diblokir. Baik itu sementara maupun permanen, keduanya adalah imbas dari pelanggaran ketentuan WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.