Breaking News
Syarat Pendaftaran CPNS 2021 Lulusan SMA/SMK

Syarat Pendaftaran CPNS 2021 Lulusan SMA/SMK, Semoga Kamu Lolos Ya

Punakawan NewsLowongan CPNS 2021 kembali dibuka bagi yang memenuhi persyaratan dan ingin menjadi abdi negara. Setelah pengumuman formasi, proses pendaftaran akan dibuka pada April-Mei 2021, dilanjutkan dengan seleksi pada Juni 2021.

Pemerintah belum menjelaskan persyaratan pendaftaran lowongan CPNS pada tahun 2021. Namun, tidak ada salahnya melakukan persiapan, termasuk untuk CPNS 2021 siswa SMA. Persyaratan pengajuan CPNS 2021 bagi lulusan SMA dapat dilihat pada tahun anggaran 2019.

Lowongan CPNS 2019 untuk SMA/SMK tersedia dari enam kementerian dan lembaga pemerintah. Lembaga-lembaga tersebut adalah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kejaksaan Agung Republik Indonesia, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Pertanian, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan BIN dengan jumlah formasi berdasarkan pada kebutuhannya masing-masing.

Baca Juga : Lowongan CPNS 2021 Mau Dibuka, Ini Formasi Prioritas

Persyaratan Pendaftaran CPNS 2021 Lulusan SMA/SMK

Berikut persyaratan CPNS lulusan SMA/SMK tahun 2019, yang dapat dijadikan bahan persiapan pendaftar CPNS 2021 lulusan SMA dan SMK.

Baca Juga  Lowongan CPNS 2021 Mau Dibuka, Ini Formasi Prioritas

A. Persyaratan CPNS Lulusan SMA/SMK Kemenkumham

Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia menetapkan persyaratan bagi pejabat sekolah menengah untuk penjaga penjara dan inspektur imigrasi eksekutif/junior. Petugas detensi membutuhkan 2.875 formasi, sedangkan inspektur imigrasi membutuhkan 657 orang di 33 kantor wilayah.

Persyaratan CPNS Lulusan SMA/SMK Kemenkumham:

  1. Untuk Formasi Umum serta Putra/Putri Papua dan Papua Barat :
    – Bagi pelamar dengan sekolah dari luar negeri, yang sudah memiliki ijazah dan daftar nilai yang dilegalisir oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
    – Bagi pendaftar yang sekolahnya di dalam negeri, sekolah tersebut terdaftar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan/atau Kementerian Agama.
  2. Pendaftar pelatihan penjaga penjara dan pemeriksa imigrasi harus sesuai dengan tempat tinggal yang tercantum dalam e-KTP.
  3. Jika pemohon ingin mendaftar di provinsi lain yang tidak sesuai dengan tempat tinggal e-KTP, ia wajib menyampaikan surat pernyataan bahwa ia pernah berdomisili di daerah tersebut.

B. Persyaratan Lulusan CPNS SMA/SMK Kejaksaan RI

Lulusan CPNS SMA dibutuhkan di Kejaksaan Agung untuk pelatihan sipir dan pengemudi lapas. Masing-masing masih membutuhkan seribu orang untuk ditempatkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing unit kerja Kejaksaan Agung RI.

Baca Juga  Sepenuh Hati Rawat Anak Majikannya Sejak Orok, Jumlah Gaji Lala Pengasuh Rafathar Tak Sengaja Dibocorkan Nagita Slavina, Sebut Mampu Renovasi Rumah di Kampung Halaman

Persyaratan CPNS Lulusan SMA/SMK RI Kejaksaan Agung:

  1. Nilai diploma rata-rata 7,00. memiliki
  2. Jika pelamar memiliki nilai yang tidak tercantum dalam ijazah, akan diambil nilai lain yang setara dengan ijazah diploma
  3. File permintaan ada di folder biru.

C. Persyaratan CPNS Lulusan SMA/SMK KemenLHK

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyediakan 80 formasi bagi lulusan SMK untuk CPNS 2019. Formasi tersebut dibutuhkan untuk mengisi jabatan polisi hutan. Persyaratan untuk mengisi lowongan tersebut adalah nilai rata-rata nilai minimum pada transkrip tujuh.

Baca Juga : Dibuka Sebulan Lagi, Ini Cara dan Syarat Pendaftaran CPNS 2021

D. Persyaratan CPNS Lulusan SMA/SMK Kementerian Pertanian

Lulusan CPNS SMK Kementerian Pertanian dibutuhkan untuk formasi sebagai berikut:

  • Pelatihan kejuruan sekunder di bidang peternakan: praktisi paramedis karantina hewan pemula/pemula, praktisi paramedis veteriner pemula/pemula,
  • Pelatihan kejuruan sekunder di bidang pertanian: pelaksana pemula/pengawas benih tanaman pemula, pelaksana pemula/pengawas kualitas pakan pemula, pelaksana pemula/pemula pengendalian organisme pengganggu tanaman, tukang kebun

Adapun persyaratan lulusan CPNS SMK Kementerian Pertanian Tahun 2019 adalah:

  1. Sekolah harus terdaftar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  2. Rata-rata ijazah sekolah/nilai ujian 7,00
  3. Surat Keterangan Kesetaraan Ijazah dan Transkrip Nilai dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bagi lulusan sekolah luar negeri.
Baca Juga  Cara Daftar dan Cek Penerima BLT UMKM Rp 1,2 Juta

E. Persyaratan CPNS Lulusan SMA/SMK Kemendikbud

Lulusan CPNS SMA/SMK Kemendikbud wajib mengikuti pelatihan teknisi laboratorium, serta pemetaan dan menggambar. Dibutuhkan satu teknisi lab, sedangkan teknisi pemetaan dan gambar membutuhkan enam orang.

Persyaratan Lulusan CPNS Kemendikbud

  1. Berasal dari SMK Teknik Kimia untuk Pendaftaran Teknisi Laboratorium dan SMK Teknologi dan Teknik Formasi Teknisi Pemetaan dan Gambar
  2. SMA/SMK/SLTA sederajat yang terdaftar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan/atau Kementerian Agama
  3. Kandidat dari sekolah asing mendapatkan ijazah SMA/SMK/SMA sederajat dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  4. Nilai rata-rata Ijazah Studi adalah 7,00.

Baca Juga : Berapa Gaji CPNS dan PPPK Lulusan SMA dan SMK di 2021? Ini Jawabannya

F. Persyaratan CPNS Lulusan SMA/SMK BIN

Badan Intelijen Negara (BIN) menawarkan 200 formasi untuk lulusan SMA. Formasi ini dimaksudkan untuk mengisi posisi-posisi administrator komputer pelaksana pemula dalam formasi khusus personel keamanan siber.

Persyaratan khusus bagi CPNS lulusan SMA/SMK BIN adalah berpengalaman minimal dua tahun di bidang keamanan siber. Pengalaman terlihat dari Perjanjian Kerja.

Sumber dan Referensi Detik Finance detik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.