Cara Membuat Stiker WA Sendiri di Android Tanpa PC

  • Whatsapp
Cara Membuat Stiker WA

Cara Membuat Stiker WA Sendiri di Android Tanpa PC – Bertukar pesan melalui WhatsApp semakin asyik dengan adanya tambahan fitur stiker. Salah satu keunggulannya daripada platform lain adalah memungkinkan pengguna untuk menciptakan versi mereka sendiri. Apakah Anda ingin mencobanya cara membuat sticker WA di Android?

Keunggulan Aplikasi WhatsApp

Saat ini WhatsApp bisa dibilang merupakan platform chatting nomor 1 di dunia. Banyak orang memilih bertukar pesan menggunakan WA karena aplikasi ini memiliki beberapa fitur unggulan seperti ruang grup chat hingga 256 anggota sekaligus dan keamanannya terjamin dengan enkripsi end-to-end.

Bacaan Lainnya

Selain itu WA juga memudahkan pengguna bertukar pesan bukan hanya dalam bentuk teks tetapi juga voice notes, mampu mengirim foto dan video secara cepat dan memungkinkan Anda berbagi dokumen hingga 100 MB. Beberapa fitur unggulan lainnya yaitu:

  • Memberi ruang khusus bagi pebisnis dengan fitur WhatsApp For Business
  • Pesan simple dan reliable
  • Mengirim pesan kepada semua orang menggunakan koneksi internet
  • Terdapat panggilan suara dan video untuk berbicara gratis
  • Tersedia juga dalam versi WhatsApp web dan desktop
  • Memiliki kamera bawaan untuk berbagi momen secara realtime
  • Memungkinkan pengguna berbagi lokasi GPS
  • Pengguna bisa menghapus pesan yang terkirim dengan menariknya untuk semua orang
  • Mempunyai status pesan tertentu yaitu jam merah saat loading pengiriman dan tanda centang ganda saat terkirim.

Kemunculan Fitur Stiker di WA

Menjadi platform chatting nomor 1 di dunia membuat WhatsApp semakin gencar memberi penawaran fitur baru bagi pengguna agar kegiatan bertukar pesan semakin seru. Selain gif, salah satu yang saat ini banyak diminati adalah sticker. WA merilisnya pada bulan oktober 2018.

Pada awal kemunculannya sticker WhatsApp hanya berupa gambar atau foto saja. Saat ini pengguna sudah bisa menemukan beberapa stiker lucu yang bisa bergerak seperti Usa Gyun by Quan Inc, Hacker Girl by Birdman Inc, dan masih banyak lagi lainnya.

Kelebihan Stiker WhatsApp

Sebenarnya stiker bukan termasuk fitur baru dalam berbagai aplikasi pesan instan. Beberapa platform lain sudah menyediakannya terlebih dahulu daripada WhatsApp. Meskipun begitu, sticker WA memiliki kelebihan dalam beberapa hal yaitu;

1. Gratis

Semua stiker di WhatsApp bisa Anda unduh secara gratis. Berbeda dengan aplikasi serupa  lainnya yang mengharuskan pengguna untuk membayar sticker jika ingin menggunakannya saat membalas pesan.

Tersedia berbagai pilihan stiker lucu gratis di WA misalnya seperti Bibimbap Friends by Pete Ellison, Banana by Jayde Fish, Komo by Sanat Rath, Shiba Inu by Aiko Kuninio, The Maladroits by Cole Ott dan masih banyak lagi lainnya.

2. Pengguna Dapat Menyalin Stiker

Jika menemukan stiker lucu dari pengguna lain saat bertukar pesan, Anda bisa menyalin sehingga menjadi koleksimu. Caranya sangat mudah yaitu dengan menambahkan sticker tersebut ke dalam favorite atau cukup memberinya tanda bintang.

Setelah masuk ke dalam koleksi maka Anda bisa menggunakan stiker dari pengguna lain tersebut secara berulang. Sedangkan pada platform berkirim pesan lainnya tidak bisa asal mengcopy sticker dan jika tertarik memakainya saat chatting maka harus membayar.

3. Bebas Membuat Stiker Sendiri

Pengguna WA bebas membuat stiker sendiri tanpa harus repot menjadi pengembang. Cukup download beberapa aplikasi tambahan untuk mengkreasikan versimu  yaitu editing foto dan pengunggah bernama Personal Sticker For WhatsApp.

Aplikasi edit foto berguna untuk membuat gambar yang akan Anda jadikan sebagai stiker lebih menarik. Misalnya dengan menambahkan detail lucu, kreasi kata-kata dan sebagainya.

Baca Juga : Cara Menyadap Whatsapp

Cara Membuat Stiker WA (WhatsApp)

Personal Stiker for WhatsApp

Sebelumnya, Anda harus mengunduh aplikasi pihak ketiga “Personal Sticker For WhatsApp” untuk bisa membuat stiker WA versimu sendiri. silahkan download disini Selesaikan proses penginstalannya terlebih dahulu kemudian barulah ikuti beberapa langkah di bawah ini.

1. Persiapan Foto yang Ingin Dibuat

Siapkan foto-foto mana saja yang ingin Anda ubah menjadi stiker. Bukan hanya milik sendiri, Anda juga bisa menggunakan potret keluarga, teman, idola favorit, hewan peliharaan dan lain-lain. Usahakan memilih gambar dengan kualitas HD supaya kualitas hasil stickernya lebih bagus.

Pastikan untuk menyiapkan tiga foto atau lebih. Sebab, WhatsApp memiliki beberapa ketentuan teknis mengenai spesifikasi gambar yang dapat Anda unggah sebagai stiker WA di antaranya yaitu:

  • Tidak bisa hanya mengunggah 1 foto saja karena jumlah minimal uploadnya adalah 3 stiker
  • Foto memiliki background transparan
  • Ukuran gambarnya 512 x 512 pixels
  • Ukuran masing-masing file untuk stiker tidak lebih dari 100 KB
  • Format file gambar untuk stiker adalah WebP
  • Setiap paket sticker harus memiliki icon berukuran 96 x 96 pixels

2. Menghapus Background Foto

Sekarang saatnya menghapus latar belakang foto pilihan Anda supaya menjadi transparan. Untuk mendukung langkah ini, silahkan download “background eraser” di google play store. Aplikasi tersebut memiliki beberapa fitur pendukung yang akan memudahkan mengedit.

Setelah selesai menginstal, buka aplikasi background eraser. Kemudian, loads image dengan menekan ikon eraser dan pilih satu foto. Selanjutnya silahkan hapus latar belakangnya sesuka hati. Misalnya, dengan memanfaatkan fitur auto magic atau menghapus secara manual lau simpan dalam format PNG.

3. Mempersiapkan Foto yang Ingin di Upload

Setelah mengubah latar belakangnya menjadi transparan, selanjutnya siapkan foto yang akan Anda unggah dengan mengoptimasi ukuran filenya. Ini berguna untuk mengurangi pemakaian kuota data dan melegakan kebutuhannya akan ruang memory mobile.

Ada banyak software yang bisa membantumu mengoptimasi file dengan format PNG misalnya Adobe Photoshop. Jika tidak ingin ribet melakukan editing lagi Anda juga dapat mengurangi ukuran foto dengan mengurangi persentase kompresi saat akan mengekspor gambar ke dalam bentuk WebP.

4. Mengunggah Stiker Foto Pilihan Anda

Inilah saatnya mengupload foto yang akan Anda jadikan sebagai stiker WA. Caranya, buka aplikasi WhatsApp lalu pergi ke bagian sebelah kiri kolom chat. Disana, pilih opsi menambahkan emoji lanjutkan dengan mengklik ikon “sticker” sehingga muncul tampilan stiker.

Setelah itu, tekan tanda tambah (+) di pojok kanan atas lalu gulir ke bawah. Pilih opsi “get more sticker” untuk menambahkan foto Anda. Selanjutnya, aplikasi Personal Sticker For WhatsApp akan terbuka secara otomatis lanjutkan mengklik Add. Selanjutnya foto-foto tadi akan tampil dalam bentuk stiker.

5. Cara Membuat Stiker Di WA Selesai

Selamat! stiker WA buatanmu sendiri sudah jadi. Ternyata cara membuatnya cukup mudah untuk Anda ikuti bukan?. Sekarang Anda sudah bisa memakainya untuk chat agar semakin seru.

Cara menggunakannya yaitu dengan mengklik tombol sticker. Disana, sudah tersedia stiker-stiker buatanmu dan tinggal pilih saja mana yang sesuai dengan ekspresimu saat membalas pesan. Cukup ulangi langkah-langkah tersebut jika ingin membuat lebih dari 1 paket stiker saja.

Kesimpulan

WhatsApp menyediakan fitur stiker dengan berbagai kelebihan seperti gratis, memungkinkan pengguna saling meng-copy dan bebas membuat versi sendiri. Cara membuat sticker WA sangat mudah cukup dengan bantuan aplikasi edit foto dan pengunggah Anda sudah bisa merasakan chatting yang lebih seru.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.