Mengetahui Fitur Rahasia Pada Whatsapp

Diposting pada
Mengetahui Fitur Rahasia Pada Whatsapp – Di era yang serba online seperti sekarang ini, komunikasi antara teman, keluarga serta rekan bisnis bisa dilakukan melalui aplikasi sosial media apapun. Banyak sekali para pembuat software dalam membuat berbagai aplikasi yang bisa digunakan untuk berkomunikasi, berbagi, sampai membantu memudahkan pekerjaan. Whatsapp merupakan salah satu aplikasi dengan pengguna terbanyak kedua setelah facebook. Meskipun banyak sekali yang menggunakan aplikasi whatsapp sebagai aplikasi chatting sehari-hari, tetapi masih banyak yang belum mengetahui fitur-fitur rahasia yang ada di whatsapp. Bukan rahasia sebenarnya, hanya saja kita yang belum megetahuinya. Sebab kebanyakan orang memakai hanya untuk kepeluan chatting.

Whatsapp selalu mengupdate fitur-fitur baru yang dimilikinnya demi memanjakan para penggunannya. Sayangnya masih banyak pengguna yang belum memanfaatkan fitur tersebut karena belum mengetahui. Padahal dengan mengetahui fitur yang disediakan whatsapp  dapat memudahkan anda dalam berbagai hal. Diantara fitur whatsapp yang belum diketahui dapat memudahkan anda dalam menjaga privasi, chatting lebih seru, mengurangi konsumsi kuota data, dan masih banyak lagi.

Agar anda lebih memahami apa saja fitur pada whatsapp terbaru yang belum anda ketahui, silahkan simak ulasan berikut :

Fitur ini bisa anda gunakan setelah anda meakukan update aplikasi di Play Store.

Fitur Terbaru Pada whatsapp

1. Membuat Status Pada Whatsapp

Whatsapp kembali menyuguhkan fitur menarik yang bisa memanjakan para penggunannya. Fitur ini hampir mirip seperti yang ada pada Snapchat atau Instagram Stories. Kamu bisa mengedit status menjadi lebih keren dari yang sebelumnya. Selain membagikan teks atau tulisan, kamu juga bisa membagikan gambar maupun video ke teman-temanmu.

2. Meningkatkan Keamanan Dengan Verifikasi Dua Langkah

Mengetahui Fitur Rahasia Pada Whatsapp
Update fitur pada Whatsapp rupannya tidak hanya pada fitur yang sifatnya memanjakan penggunannya, tetapi juga membuat pengguannya merasa nyaman dan aman. Fitur verifikasi dua langkah atau two step verification sudah bisa kamu gunakan di aplikasi whatsapp baik menggunakan android maupun iOS.
Two step verification merupakan sebuah fitur terbaru whatsapp yang mengharuskan kamu memasukkan sebuah password khusus untuk bisa mengakses informasi dari akun kamu. Bagi kamu yang sangat peduli dengan privasi, segera aktifkan fitur terbaru whatsapp yang satu ini agar akun kamu lebih aman.

3. Mengubah Tema Pada Whatsapp

Setiap pengguna aplikasi pasti pernah merasakan yang namanya bosan. Sama halnya anda pasti pernah merasakan bosan terhadap tampilan whatsapp. Tema pada whatsapp bawaan memang tidak bisa diganti-ganti, tetapi anda bisa mengganti tema whatsapp yang tidak disediakan resmi leh whatsapp. Maka dari itu anda akan saya beri tahu bagaimana mengganti tema pada whatsapp.
Baca : Mengganti Tema whatsapp tanpa root

4. Membuat Akun Whatsapp Tanpa Menggunakan Nomor telepon.

Banyaknya pengguna whatsapp membuat beberapa pengguna bertanya-tanya apakah bisa membuat akun whatsapp tanpa harus menggunakan nomor telepon? Jawabannya jelas bisa. Tetapi akan saya ulas pada artikel selanjutnya. Pada ulasan kali ini kita hanya membahas apa saja fitur yang dimiliki whatsapp yang belum diketahui banyak orang.

5. Membackup Percakapan Whatsapp kedalam Format TXT

Sudah saya jelaskan bahwa fitur yang dihadirkan whatsapp dapat mempermudah penggunannya dalam berbagai hal. Semakin berkembangnya teknologi, aplikasi whatsapp sangat berguna bagi para pengguna smartphone, salah satunya adalah membackup percakapan whatsapp. Memangnya bisa? bisa saja. Carannya akan saya ulas diartikel selanjutnya.

6. Mematikan tanda Read (Centang Biru) di Whatsapp

Bagi kamu yang sering menggunakan aplikasi whatsapp dalam berkomunikasi sehari-hari, tentu kamu sudah tahu jika pesan yang kita kirimkan ke lawan chatting akan muncul dua centang biru yang artinnya pesan anda sudah dibaca. Bila kamu ingin menyembunyikan tanda centang biru agar percakapan yang dikirim teman dan sudah anda baca tidak dapat diketahui lawan chatting. Kamu bisa merubahnya.
Untuk cara mematikan tanda dua centang biru atau Read silahkan anda masuk ke setting >> Accounts >> Privacy. Selanjutnya silahkan geser kebawah dan hapus tanda centang pada pilihan Read Receipts untuk mematikan tanda Read.

7. Menyembunnyikan Status Terakhir Dilihat atau Last Seen.

Mengetahui Fitur Rahasia Pada Whatsapp
Kamu pasti pernahkan mengirim pesan ketemen atau pacarmu tetapi tidak kunjung mendapatkan balasan. Biasannya anda akan mengecek status terakir dilihat pada lawan percakapan. Hal itu untuk memastikaan apakah pesan kamu sengaja tidak dilihat atau memang lawan percakapan kamu benar-benar sedang tidak memegang handphone sama sekali.
Whasapp juga mengizinkan pengguna untuk melihat waktu online terakhir masing-masing. Jika anda sendiri merasa terganggu karena hal ini, kamu bisa menyebunyikan fitur terakhir dilihat atau Last Seen. Caranya bisa langsung kamu lakukan pada aplikasi whatsapp, Silahkan masuk ke Setting >> Accounts >> Privacy. Kemudian silahkan pilih menu  Last Seen. Maka akan muncul pilihan, kamu tijggal memilih pilihan Nobody agar tidak ada satupun kontak whatsapp anda yang bisa melihat informasi terakhir anda online.

8. Mengetahui Pesan Kamu Dibaca Meskipun Centang Biru Dinonaktifkan.

Karena Whatsapp menyediakan fitur Read Receipts yang bisa dimatikan, bagaimana jika ternyata teman kamu menggunakan fitur tersebut? Sehingga kamu menganggap bahwa pesan yang telah terkirim keteman kamu tidak kunjung dibaca? Bagaimana cara mengetahui pesan sudah dibaca pada saat fitur whatsapp centang biru dimatikan?
Untuk memastikan bahwa pesan anda sudah dibaca apa tidak, saya akan kasih kamu tips untuk mengetahui pesan whatsapp kamu sudah dibaca apa belum. Carannya adalah dengan mengirim Pessan Suara. Ketika kamu mengirim pesan suara dan teman kamu memutar suara tersebut, otomatis akan centang biru meskipun fitur Read Receipts dinonaktifkan. Dari sini anda bisa mengetahui apakah tean kamu sengaja mengabaikan pesan whatsapp yang kamu kirim atau tidak.

9. Fitur Tanda Bintang Pada whatsapp

Bagi kamu yangtergabung didalam grup whatsapp, pasti pernah kan teman grup kamu mengirim informasi penting. Tetapi, semakin banyak teman grup yang nimbrung informasi penting tersebut akan tenggelam seiring banyaknya teman grup yang nimbrung. Nah ada fitur baru whatsapp agar pesan atau informasi yang kamu anggap penting tidak tenggelam, carannya yaitu dengan menekan dan tahan pesan atau informasi yang kamu anggap penting tersebut kemudian silahkan tekan tanda Bintang  yang ada pada bagian atas.
Untuk melihat pesan penting yang sudah anda tandai tersebut, kamu cukup menyentuh tanda titik tiga yang ada didalam grup kamu. kemudian silahkan pilih Starred Message.

10. Mention Teman di Group Whatsapp

Layaknya pada twitter, Whatsapp juga memiliki fitur mention yang ada di grup whatsapp. dengan adannya fitur ini, kamu yang tergabung pada sebuah grup dijamin tidak akan salah paham dalam membalas pesan digrup yang saling sahut-sahutan.  Fitur Mention whatsapp bisa kamu gunakan dengan cara menekan karakter @
Setelah anda ketik karakter @, akan muncul pop up deretan nama kontak yang tergabung didalam grup yang nantinnya akan anda mention atau ssebut namannya. Keren bukan? sekarang percakapan didalam grup whatsapp lebih teratur dan tiidak saling salah paham dalam membalas percakapan.

11. Membalas Pesan Yang Tenggelam Didalam Grup

Bagi kamu yang tergabung didalam grup dengan anggota yang banyak, tentu percakapan yang berlangsung juga cepat dan sering kali kita dibuat bingung. Antara pesan teman yang satu dengan yang lainnya membingungkan sebenarnya membalas pesan yang mana. Selain fitur mention @ diatas, diwhatsapp juga terdapat fitur mengutip pesan, fitur ini berguna agar pesan yang ingin anda balas tidak salah paham dengan pesan lainnya.
Agar lebih rapi kamu bisa mengutip salah satu pesan digrup yang ingin anda balas, carannya cukupp tekan dan tahan pesan yang ingin anda balas atau tanggapi, selanjutnya dibagian atas akan muncul beberapa icon seperti Panah ke kiri, Bintang, Delete, dan Arah Panah ke Kanan. Untuk mengutip pesan teman yang ingin anda balas, silahkan tekan arah panah kiri. Secara otomatis whhatsapp akan memunculkan pesan yang ingin kamu komentari. Dengan adannya fitur ini, pesan yang kamu lontarkan ke grup lebih spesifik untuk siapa tanggapan kamu.

12. Memblokir Kontak Whatsapp

Pernah nggak suatu ketika kamu mendapatkan pesan nggak jelas dari orang yang tidak kamu kenal? Rasannya ingin benar benar melennyapkan orang yang mengirim pesan tersebut. Nah, diwhatsapp juga terdapat fitur Block. fitur ini berguna untuk memblokir kontak whatsapp yang mengirim pesan gak jelas kekamu. Carannya cukup mudah, silahkan buka saja percakapan kamu dengan kontak yang ingin diblokir. Silahkan tekan titik tiga pada bagian kanan atas, kemudian pilih More, akan muncul beberapa pilihan. Silahkan pilih Block. Setelah di block, kontak tersebut tidak akan bisa mengirim pesan kepada kamu.

13. Membuat huruf bercetak Tebal, dan Miring pada percakapan Whatsapp.

Layaknya pada ms word, diwhatsapp juga disediakan fitur untuk membuat tulisan bercetak tebal dan miring. Fungsi ini jelas berguna untuk kamu yang ingin memberikan informasi dan memberikan penekanan pada kata atau kalimat yang kamu anggap penting dengan memberi cetak tebal atau cetak miring. Carannya cukup mudah, untuk mengaktifkan cetak tebal cukup menggunakan tanda * . Contohnya : *kalimat* = kalimat
Untuk membuat cetak miring silahkan gunakan tanda _ . Contohnya : _kalimat_ = kalimat.
 
Ke 13 fitur diatas bisa kamu menfaatkan sesuai kebutuhan. Semoga anda sudah paham apa saja fitur Whatsapp yang belum dketahui banyak orang.
Sampai jumpa diulasan seputar whatsapl lainnya.

Artikel menarik lainnya...

2 thoughts on “Mengetahui Fitur Rahasia Pada Whatsapp

  1. Saya baru tau kalau WhatsApp punya fitur Keren. Selama ini cuma dipakai untuk chat saja. Trimakasih sudah berbagi fitur rahasia pada whatsapp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.