Breaking News
Bantuan 10 Juta

Syarat dan Cara Mendapatkan Bantuan Rp 10 Juta

5/5 - (2 votes)

Punakawan News – Alumni program Kartu Prakerja gelombang 1- 12 dapat memperoleh Bantuan dari pemerintah sampai Rp 10 juta.

Bantuan tersebut berbentuk Kredit Usaha Rakyat( KUR) super mikro yang dapat diakses di beberapa bank ataupun lembaga pembiayaan.

Syarat penerima Bantuan KUR super mikro

Melansir Kompas. com(6/3/2021), Bantuan diberikan kepada alumni program Prakerja gelombang 1-12 di tahun 2020 yang memilah berwirausaha sehabis mengikuti pelatihan.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, serta Usaha Mikro, Kecil, serta Menengah, Kemenko Perekonomian, Rudy Salahuddin berkata dalam diskusi Kartu Prakerja (10/3/2021) terdapat 5,9 juta orang penerima SK Kartu Prakerja.

Mengutip Antara (6/3/2021), Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari menyebut 35 persen penerima Kartu Prakerja yang dahulunya tidak bekerja, 17 persen di antara lain sudah jadi wirausaha.

TRENDING:  Hore! Bansos Modal Usaha Rp3,5 Juta Tetap Dicairkan, Baca Syarat Agar Lolos

Jumlah alumni Kartu Prakerja yang setelah itu mulai berwirausaha sehabis mengikuti pelatihan sekitar 19.500 orang. Mereka ini di antaranya berkesempatan menerima Bantuan tamabahan KUR super mikro Rp 10 juta.

“Informasi ini kami bagikan kepada Kemenko Perekonomian buat jadi program lanjutan ataupun program graduasi untuk penerima program Kartu Prakerja sehabis mereka jadi wirausahawan,” kata ia.

Rudy Salahuddin menyebut, Bantuan yang merupakan program lanjutan ini nantinya bisa dimanfaatkan penerima sebagai tambahan modal dalam melaksanakan usahanya.”

Bila pelaku usaha dari alumni Kartu Prakerja mau tingkatkan mutu serta skala produksinya hingga hendak memerlukan tambahan modal, serta program KUR dalam perihal ini dapat digunakan buat menaikkan skala usaha mereka ke depan,” kata Rudy.

Cara Mendapatkan Bantuan Rp 10 juta

Bantuan KUR super mikro tersebut disalurkan lewat beberapa badan pembiayaan.

TRENDING:  Banyak Bantuan Disalurkan Setelah Lebaran 2021, Kuy Siapkan KTP serta KK

Salah satu bank yang membagikan sarana KUR super mikro ini merupakan BRI. Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto berkata, para alumni yang cocok kriteria, ialah melaksanakan wirausaha, bisa menghadiri Kantor BRI terdekat buat mengajukan pinjaman ini.

Tidak wajib secara offline, akses pengajuan pula bisa dicoba secara online.” Ataupun secara online lewat www.kur.bri.co.id,” kata Aestika saat dihubungi Kompas.com, Rabu(10/3/2021).

Ini Syarat sampai Tahapannya

Ketentuan mengajukan Bantuan BRI tidak mempraktikkan ketentuan berbentuk pembatasan minimun waktu pendirian usaha. Jadi, berapa lama juga umur pendirian usaha dapat mengajukan KUR luar biasa mikro ini.

Cuma saja, untuk mereka yang usahanya baru didirikan kurang dari 6 bulan lamanya, wajib penuhi salah satu persyararan berikut ini:

  1. Mengikuti pendampingan;
  2. Mengikuti pelatihan kewirausahaan ataupun yang lain;
  3. Tergabung dalam kelompok usaha;
  4. Memiliki anggota keluarga yang memiliki usaha produktif serta layak.
TRENDING:  Bantuan Modal Bisnis Usaha Kecil Menengah Tahap 3 Tahun 2021

Sedangkan itu, persyaratan universal yang wajib dipenuhi oleh seluruh calon debitur merupakan Surat Keterangan Usaha dari kelurahan serta RT/RW setempat, juga mengatakan tipe usaha ataupun lama usaha yang dijalankan.

Aestika menarangkan skema KUR super mikro di BRI buat para alumni Prakerja mempunyai Plafon hingga dengan Rp 10 juta, menerapkan suku bunga efisien 6 persen per tahun, serta jangka waktu kredit Max 3 tahun buat Kredit Modal Kerja (KMK) serta Max 5 tahun buat Kredit Investasi (KI).

Sumber dan Referensi : Kompas.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.