Cara Meningkatkan Nilai DA dan PA

Diposting pada

Cara Meningkatkan Nilai DA dan PA – Dalam mengelola dan mengembangkan sebuah situs tentu banyak hal yang wajib anda ketahui. Salah satu yang harus dan wajib anda ketahui adalah tentang Domain Authority dan Page Authority. Saya katakan wajib karena DA dan PA menjadi indikator penting tentang kualitas dan kepercayaan suatu situs dimata mesin pencari. Sebelumnya sudah saya bahas tentang pengertian DA dan PA.

Domain authority dan Page Authority merupakan acuan bagaimana google memberikan Page Rank terhadap web atau blog anda. Sebuah web atau blog yang memiliki page rank tinggi pasti memiliki nilai DA dan PA yang tinggi pula. Semenjak Google Pagerank yang dijadikan acuan banyak blogger master seolah mati atau google tidak lagi menjadikan Pagerank sebagai acuan kualitas suatu web atau blog. Domain Authority dan Page Authority lah yang dijadikan acuan untuk menilai kualitas suatu blog atau web. Sehingga pentingnya anda mengetahui bagaimana cara meningkatkan nilai Domain Authority dan Page Authority agar situs anda semakin berkualitas dan terpercaya dimesin pencari.

Cara Meningkatkan Nilai Domain Authority

1. Membangun kepercayaan situs.

Langkah awal untuk meningkatkan nilai Domain Authority suatu situs adalah membangun kepercayaan situs. Caranya tidak lain adalah dengan membuat artikel yang berkualitas yang disukai pembaca. Semua harus dilakukan dari awal dan harus murni dikerjakan dengan susah payah, membuat banyak artikel berkualitas dari awal. Jangan menggunakan tools praktis untuk membuat konten berkualitas, karena hanya akan sia-sia saja.

2. Mengurangi Nilai Bounce Rate.

Bounce Rate adalah presentase pengunjung yang masuk ke blog anda lalu pengunjung tersebut langsung keluar tanpa melihat halaman lain dari blog anda. Mudahnya bounce rate adalah presentase pengunjung yang hanya mengunjungi satu halaman saja.
Semakin tinggi nilai bounce rate suatu halaman berarti blog anda menyajikan pengalaman pengguna yang baik. Artinya banyak pengunjung yang suka dengan artikel yang anda sajikan diblog, sehingga sekali mebaca 1 artikel, akan membaca artikel lainnya. Jika pengunjung murni melalui mesin pencari, kemungkinan besar akan lama menjelajahi halaman blog karena benar-benar mencari informasi. Berbeda dengan pengunjung yang berasal dari artikel yang anda share ke sosial media. Sebagian besar hanya melihat sebentar kemudian keluar.

3. Backlink Natural

Backlink menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan nilai DA. Membangun backlink alami tanpa harus menyebar spam sangat bagus untuk meningkatkan nilai DA. Spam merupakan salah satu faktor yang mampu menurunkan nilai Domain Authority. Silahkkan anda coba jika tidak percaya.

4. SEO Onpage

Seo Onpage yang harus anda terapkan jika ingin nilai DA meningkat adalah dengan membuat konten yang berkualitas, penempatan keyword, membuat meta tag pada template blog, serta membuat robot txt yang ramah. Yang menjadi indikator adalah, semakin sering suatu blog dirayapi oleh mesin pencari, maka bisa dikatakan blog anda disukai oleh mesin pencari. Dan Domain Authority akan naik secara signifikan.

Cara Meningkatkan Nilai Page Authority

1. Hindari Keyword Stuffing.

Keyword stuffing adalah teknik penulisan artikel dengan mengulangi keyword secara berlebihan. Hal ini sangat dibenci oleh mesin pencari. banyak yang menggunakan tehnik keyword stuffing hanya ingin mengejar pageone. Tapi ingatlah, bukannya pageone tapi blog anda malah tidak disukai mesin pencari. Dampaknya nilai PA anda akan zonk.

2. Perhatikan Keyword Density

Keyword density merupakan suatu tehnik penulisan artikel dengan menyebar keyword keseluruh isi artikel. Mesin pencari google memiliki standar untuk nilai Keyword density yang baik yaitu tidak melebihi 5%. Menggunakan keyword density yang baik maka artikel anda akan diterima oleh mesin pencari.
Wajib Baca : Cara Cek Kepadatan Kata Kunci Menggunakan Keyword Density

3. Jangan Membuat Duplikat Content

Duplikat konten menjadi dorotan mesin pencari. Jika konten blog anda ternyata memiliki duplikat konten yang cukup banyak, maka mesin pencari akan menolak hal itu. Duplikat konten harus benar-benar diperhatikan agar nilai PA anda bisa meningkat.

4. Share ke Media Sosial

Untuk artikel baru tentu perlu anda kenalkan dengan cara membagikan ke media sosial seperti facebook, tweeter dan Google Plus agar terbangun backlink yang natural. Lakukan hal ini setiap anda baru menerbitkan artikel.
Lakukan hal-hal diatas dengan baik agar nilai DA dan PA anda meningkat. Silahkan anda terapkan bersamaan dengan pengalaman anda bagaimana membangun kepercayaan mesin pencari dan tentunya pengalaman pengguna. Lakukanlah secara sportif dengan tahapan-tahapan yang alami, percayalah hasil tidak akan mengkhianati proses.

Artikel menarik lainnya...

2 thoughts on “Cara Meningkatkan Nilai DA dan PA

  1. Logikanya sih, spam score itu imbasnya ke domain yang sering nanam link sembarangan. Akhirnya domainnya terkena spam score, pengalaman saya dulu langsung saya ganti domain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.