Cara Menonaktifkan Fitur Terakhir Dilihat atau Last Seen di Whatsapp

Diposting pada
Menonaktifkan fitur Last Seen di Whatsapp – Aplikasi chatting yang ringan dan banyak memiliki pengguna adalah Whatsapp. Bahkan dari data hasil unduhan yang terdapat di Play Store,  whatsapp sudah mampu menyaingi jumlah pengguna facebook. Hasil unduhan mencapai 1 milliar lebih. 
Cara Menonaktifkan Fitur Terakhir Dilihat atau Last Seen di Whatsapp

Whatsapp merupakan aplikasi pesan instan atau chatting lintas platform. Artinya aplikasi whatsapp bisa dijalankan pada beberapa ponsel yang mendukung aplikasi whatsapp. Sebelum 2017 aplikasi whatsapp bisa dijalankan diberbagai handphone yang memiliki spesifikasi dibawah rata-rata, seperti nokia S40, android ICS dan Gingerbread serta platform lainnya. Namun setelah 2017, whatsapp melakukan update sehingga aplikasi ini hanya bisa dijalankan pada Smartphone yang memiliki standard tertentu saja. Tidak kebayang dulu sebelum update,  berapa jumlah pengguna whatsapp aktif. tentunnya lebih banyak dari pada sekrang.

Whatsapp memiliki banyak fitur yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya.  Bagi anda pengguna aplikasi whatsapp, tentu pernah menemui salah satu fitur yang biasa disebut Terakhir dilihat atau Last Seen . Pengguna memanfaatkan fitur ini ketika ingin melihat kapan terakhir teman atau kontak whatsapp lainnya terakhir kali membuka aplikasi whatsapp. Bagi teman anda, fitur ini digunakan untuk melihat kapan terakhir kali anda online. Sehinga jika ternyata anda sudah lama tidak terlihat aktif, teman anda bisa segera mencari informasi kontak aktif yang anda gunakan. Berbeda dengan aplikasi chatting lainnya, kita tidak bisa melihat kapan terakhir teman kita online, sehingga untuk mengetahuinnya harus mengirim pesan. Itulah fungsi Last Seen atau terakhir dilihat pada whatsapp.

Tidak semua pengguna whatsapp menyukai fitur Last Seen, ada sebagian pengguna yang merasa terganggu. Karena lawan chatting kita akan mengetahui ketika kita sengaja tidak membaca pesan yang kirim, padahal pada waktu bersamaan kita baru saja keluar dari aplikasi whatsapp. Whatsapp pun tidak membatasi para penggunannya, sehingga fitur Last Seen atau terakhir Dilihat bisa Dinonaktifkan.

Bagamana cara menonaktifan fitur Last Seen pada Whatsapp?

Cara menonaktifkan fitur last seen atau terakhir dilihat pada whatsapp sangatlah mudah, bisa anda lakukan secara langsung melalui aplikasi whatsapp.
Jika fitur Last Seen anda nonaktifkan, bukan berarti akun whatsaap anda ikut offline. dengan dinonaktifkannya fitur last seen, anda tetap bisa menerima pesan seperti biasannya. Hanya saja, semua kontak yang terhubung dengan anda tidak dapat mengetahui kapan terakhir kali anda membuka whatsapp.
Langsung saja kita bahas cara menonaktifkan fitur Last Seen pada Whatsapp :
1. Silahkan buka aplikasi whatsapp.
2. Silahkan masuk ke menu Setting.
3. Pilih Account.
4. Selanjutnya silahkan pilih Privacy.
5. Selanjutnya akan muncul pop up dengan tiga pilihan, Everyone, My contacts, dan  Nobody.
 Untuk menyembunyikan fitur last seen, silahkan pilih Nobody.

Perlu anda ketahui, jika anda mengaktifkan fitur Laast Seen, bukan hanya pemberitahuan kapan terakhir anda membuka whatsapp saja, tetapi pembaruan foto beserta status whatsapp hanya anda sendiri yang tahu. Tidak akan muncul jika dilihat oleh seluruh contact whatsapp.

Kerugian Jika Menonaktifkan Fitur Last Seen di Whatsapp :

Dengan menonaktifkan fitur last seen, ada beberapa resiko yang harus anda ketahui. Bisa saja resikonya besar dan bisa saja biasa-biasa saja. Fitur last seen yang sudah dinonaktifkan akan membuat semua kontak anda tidak dapat melihat kapan terakkhir kali anda online. Sehingga ada yang mengira bahwa akun anda sudah tidak aktif lama. Akibatnya, teman anda akan urung mengirim pesan kepada anda. Jika pesan berisi informasi penting, disiinilah letak kerugiannya. Anda tidak bisa mengetahui informasi penting tersebut.
Semua fitur yang disediakan whatsapp memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kita selaku pengguna hanya bisa menyesuaikan sesuai kebutuhan masing-masing. Semoga ulasan yang saya sajikan ini bermanfaat. Jangan lupa komentar dan bagikan. Terimakasih, sampai jumpa pada ulasan selanjutnnya.

Artikel menarik lainnya...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *