Trik Memulai Menjadi Seorang Youtuber

Trik Memulai Menjadi Seorang Youtuber Yang Menghasilkan Uang

Trik Memulai Menjadi Seorang Youtuber – Youtuber merupakan pekerjaan yang sudah menjadi tren saat ini. Hal ini dikarenakan banyaknya Youtube terkenal dengan pendapatan yang fantastis. Untuk Anda yang ingin menjadi Youtuber, berikut trik memulai menjadi seorang Youtuber yang menghasilkan uang.

Menentukan Jenis Sukses yang Diinginkan

Sebelum memulai menjadi seorang Youtuber, Anda perlu mengetahui jenis kesuksesan yang ingin diraih. Hal ini akan membuat Anda lebih fokus dan mengetahui langkah apa saja yang akan dilakukan untuk meraih kesuksesan tersebut.

Sebagai Youtuber, ada tiga jenis kesuksesan yaitu jumlah subscriber, engagement, dan monetisasi. Untuk jenis kesuksesan jumlah subscriber, Anda akan memiliki banyak pengikut di channel yang dibuat. 

Untuk engagement, indikatornya adalah channel Youtube yang Anda miliki selalu mendapatkan like, comment, dan share yang tinggi.  Sedangkan untuk monetisasi indikatornya adalah channel tersebut sudah bisa menghasilkan uang.

Menetapkan Goal

Trik memulai menjadi seorang Youtuber yang menghasilkan uang selanjutnya adalah menetapkan goal atau tujuan. Anda harus memiliki target yang jelas. Dengan begini, kesuksesan Anda sebagai seorang Youtuber pemula akan lebih mudah tercapai.

Selain itu, Anda juga perlu menjadi disiplin serta belajar menyusun rencana dengan baik. Lalu, jika target yang telah dibuat tidak tercapai, Anda harus menganalisa lagi masalahnya, dan perbaikan targetnya. Setelahnya, Anda dapat menentukan strategi lanjutan untuk kesuksesan channel.

Menentukan Topik

Selanjutnya, kini saatnya menentukan topik yang tepat untuk Youtube Anda. Topik yang Anda tentukan usahakan sesuai dengan minat serta kemampuan yang dimiliki. Topik yang dipilih juga harus sesuai dengan target penonton Anda.

Berkaitan dengan itu, ada beberapa rekomendasi topik yang mungkin bisa Anda pertimbangkan. Beberapa diantaranya adalah culinary, lifestyle, fashion, animal, travelling, gaming, technology, horor, dan music. Selain itu, ada juga topik ulasan produk, video pendidikan, dan video unboxing.

Memilih Jenis Konten

Setelah menemukan topiknya, selanjutnya adalah menentukan tipe konten. Ada 3 tipe konten yang biasa dipilih para Youtuber, yakni educate (mendidik), entertain (menghibur), dan envince (meyakinkan). 

Dalam konten educate orientasinya adalah memberikan penonton suatu wawasan baru. Lalu, untuk entertain, kontennya bertujuan untuk menghibur. Jika Anda memilih konten ini, pastikan untuk memilih satu jenis hiburan saja.

Hal ini supaya Anda bisa fokus, mudah dalam mengembangkan channel, dan bisa membangun karakteristik konten yang kuat. Perlu diketahui juga bahwa jenis konten ini juga banyak dibagikan oleh para penonton sehingga cocok untuk meningkatkan engagement. 

Untuk jenis terakhir, yakni konten envince orientasinya pada memberikan pengaruh terhadap penonton. Pengaruh tersebut umumnya bentuknya seperti berlangganan hingga melakukan pembelian.

Membangun Ciri Khas

Trik berikutnya adalah menemukan dan membangun ciri khas konten Anda. Anda akan bersaing dengan lebih dari 31 juta akun Youtube di seluruh dunia. Jika tidak memiliki ciri khas yang unik, maka channel Anda akan sulit dikenal.

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam hal ini adalah membangun ciri khas diri Anda sebagai content creator. Jangan sampai Anda menirukan karakteristik orang lain. Lalu, ciptakan kalimat singkat (tagline) yang unik di setiap konten Anda.

Selanjutnya, pilih tempat yang sesuai dengan pengaturan pencahayaan dan properti yang tepat. Ini juga harus sesuai dengan topik konten yang Anda pilih.

Membuat Konten Unik

Trik memulai menjadi seorang Youtuber yang menghasilkan uang berikutnya adalah membuat konten video yang unik serta menarik minat penonton. Untuk membuat konten dengan ciri ini, maka Anda perlu mencari jenis keahlian yang dimiliki.

Namun, keahlian ini tidak dimiliki oleh setiap orang. Untuk membuat konten konten seperti Anda perlu melakukan persiapan.Persiapan yang dapat dilakukan adalah memikirkan ide, mempersiapkan perlengkapan dan peralatan konten, serta melakukan proses perekaman.

Setelahnya, Anda juga harus melakukan serangkaian editing video dan teks hingga tahapan mengunggah video ke kanal Youtube.

Melakukan Promosi

Setelah Anda berhasil mengunggah konten sesuai pedoman maka trik selanjutnya adalah melakukan promosi secara maksimal melalui berbagai platform media sosial. Anda bisa melakukannya di Facebook, Instagram, Twitter, WhatsApp, dan Telegram.

Baca Juga : Cara Menjadi Youtuber dengan Bermodal HP Android

Melakukan Analisis

Youtube memiliki fitur bernama Youtube Analytics. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengetahui performa setiap video yang diupload. Ada beragam informasi yang dapat Anda ketahui dari fitur ini. Tiga diantaranya adalah overview, reach, dan engagement.

Kegunaan dari overview adalah untuk mendapatkan informasi tentang berapa lama waktu yang telah dihabiskan oleh audiens untuk menonton video. Sedangkan, kegunaan dari reach adalah mengetahui berapa kali video muncul di hadapan semua calon penonton.

Kemudian, kegunaan dari engagement adalah Anda akan menemukan informasi tentang berapa banyak orang yang sudah tertarik dengan video dari channel Anda. 

Demikianlah trik memulai menjadi seorang Youtuber yang menghasilkan uang. Anda bisa menerapkannya secara bertahap dengan dibarengi konsistensi dalam meningkatkan kualitas konten. Dengan usaha yang maksimal, nantinhya channel Youtube Anda akan sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.