Ukuran Header dan Thumbnail Video YouTube

  • Whatsapp
Ukuran Header dan Thumbnail Video Youtube
Ukuran Header dan Thumbnail Video Youtube

Ukuran Thumbnail YouTube – Anda ingin memulai karir sebagai YouTuber? Bila iya, maka itu bisa menjadi peluang dalam mencari uang. Konten-konten juga harus diperhatikan, jangan sampai mengupload video-video yang dapat melanggar aturan publik.

Sebagai YouTuber pemula, maka harus mengetahui tentang header dan ukuran thumbnail YouTube dan juga tahu cara untuk membuatnya. Hal ini sangat penting dilakukan agar konten yang disajikan lebih menarik perhatian bagi para penonton.

Bacaan Lainnya

Apa itu YouTube Thumbnail Size dan Header YouTube?

Menjadi seorang YouTuber selain punya skill serta gaya penyajian konten yang bermutu. Tentunya, juga harus tau bagaimana tatacara dalam mengatur dan mengelola tampilan pada channel. Dengan demikian, akan bisa terlihat lebih menarik.

Penjelasan sederhana tentang thumbnail YouTube size adalah sebuah gambar yang menjadi sampul pada video konten. Ukurannya sangat kecil hanya sebesar ibu jari orang dewasa. Resolusinya pun berbeda dengan aslinya.

Ukuran yang sangat kecil ini berfungsi sebagai penghemat ruang layar pada smartphone. Gambar thumbnail ini akan muncul saat membuka beranda di YouTube. Bahkan, pemilik akun channel bisa mengaturnya sesuai keinginan agar tampilan awal konten yang lebih menarik.

Untuk gambar header sendiri dapat diketahui pada tampilan dashboard channel YouTube pemilik dengan bentuk memanjang horizontal. Dari segi ukuran juga sangat berbeda dari thumbnail yang memiliki resolusi sangat kecil. Tujuannya agar terlihat lebih menarik dan rapi.

Ukuran Thumbnail YouTube

Pada tahun 2020 ini, ukurannya masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Website official support Google sendiri merekomendasikan beberapa aturan untuk YouTube thumbnail size. Berikut adalah penjelasannya:

  • Mampunyai resolusi 1280×720, dan memiliki lebar minimum yaitu berukuran 640 piksel.
  • Gunakan format foto JPG,PNG,GIF, atau bisa dengan
  • Ukuran thumbnail pada YouTube maksimal 2 MB.
  • Gunakanlah rasio aspek 16:9. Di mana ini yang sering digunakan di dalam pratinjau dan pemutaran YouTube.

Cara Membuat Sampul YouTube dengan Tools Gratis

Cara agar gambar untuk thumbnail atau sampul konten YouTube agar bisa lebih menarik, maka bisa menggunakan tools gratisan pada sebuah software. Ada banyak banyak sekali aplikasi yang dapat digunakan.

Salah satu software yang bisa di gunakan untuk membuat thumbnail adalah aplikasi canva. Bisa di instal menggunakan smartphone. Cara penggunaannya pun sangat mudah sekali. Salain itu, fitur-fitur yang ditawarkan juga sudah cukup mumpuni.

Selain aplikasi yang telah disebutkan di atas, juga bisa menggunakan software lainnya. Seperti, adobe spark pots dan semacamnya. Dengan demikian, pastinya akan mempermudah untuk membuat atau mengatur thumbnail pada tampilan konten YouTube.

Ukuran Header YouTube

Selanjutnya adalah ukuran header pada dashboard channel YouTube pemilik. Berikut beberapa ketentuan yang harus dikatahui.

  • Mempunyai resolusi gambar minimum
  • Pada penggunaan teks dan logo, maka untuk minumum batas area amannya yaitu
  • Batas resolusi maksimum adalah 2560×423. Di mana, ukuran seperti ini akan jauh lebih aman dan masih bisa terlihat jelas.
  • Pada ukuran file gambarnya maksimal6 MB.

Cara Mengubah Header YouTube

Memberikan tampilan header di YouTube desktop bisa membuat tampilan channel lebih menarik lagi. Bila bingung bagaimana caranya, berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama-tama bukalah aplikasi browser, kemudian buka web YouTube.com dan login menggunakan akun chanel
  • Setelah masuk di akun YouTube. kemudian Klik pada tulisan channel saya yang berada di menu bagian kanan atas.
  • Langkah selanjutnya, pilihlah tulisan channel baru, lalu tekan Klik pada tambah header.
  • Setelah itu, arahkanlah kursor pada banner, Klik pada tulisan kemudian, sesuaikan header akun channel YouTube sesuai keinginan.
  • Pilihlah gambar yang akan ditentukan pemasangannya, setelah ditentukan, lalu tekan Klik pada tulisan
  • Ketika sudah selesai mengikuti tatacara di atas, maka akan terlihat pratinjauan header di berbagai perangkat. Untuk menyesuaikannya, lakukankanlah cropping sesuai keinginan.
  • Jika sudah selesai dan yakin, maka silahkan Klik pada tulisan

Fungsi Thumbnail dan Header di YouTube

Fungsi dari thumbnail atau sampul ini adalah sebagai tautan gambar. Dapat diketahui saat awal mula sebelum video diputar, disitulah akan muncul tampilannya. Biasanya bentuknya bermacam-macam sesuai isi konten.

Alasan untuk membuat thumbnail atau sampul gambar ini adalah agar penonton menjadi penasaran tentang isi video yang diupload. Juga, dapat dimasukkan tulisan informasi singkat sebagai judul. Supaya semakin menambah keunikan tampilan konten.

Kemudian fungsi dari header adalah sebagai tampilan gambar. Dimana, hal ini bisa menjadi ciri khas dari channel YouTube. Penampilan unik tentu akan menjadikan nuansa berbeda pada akun milik Anda. Oleh karena itu, buatlah semenarik mungkin agar bisa menambah kesan bagi para subcriber.

Baca Juga : Resolusi, Format dan Ukuran Video Youtube Terbaik

Tips Membuat Thumbnail (Sampul) YouTube yang Menarik

Untuk menarik perhatian penonton agar menonton video, maka buatlah sampulnya semenarik mungkin. Salah satunya, bisa menggunakan editor foto untuk membuat desain grafis yang unik. Berikut ini akan dijelaskan beberapa tips membuat thumbnail dengan mudah:

1. Gunakan Foto Channel

Jika channel kamu adalah ngevlog, review barang dan semacamya, maka gunakanlah foto sendiri untuk tampilan pada sampul videonya. Jadi, sediakanlah stok gambar yang banyak. Buatlah semenarik dan seunik mungkin untuk menampilkan thumbnailnya.

Alasan seperti ini harus dilakukan adalah, karena banyak para YouTuber yang menggunakan fotonya sendiri sebagai tampilan sampul video. Ada juga memakai sebuah logo tertentu. Semua hal itu boleh-boleh saja. Akan tetapi agar bisa dikenal banyak orang alangkah baiknya untuk menampilkan diri.

2. Perhatikan Kecerahan Gambar

Dalam proses mengedit gambar sampulnya, pastikan terlebih dahulu kecerahannya. Perhatikan kualitas foto yang akan upload dan dijadikan tampilan thumbnail pada konten video. Dengan memberikan tampilan warna unik serta menarik, tentu menjadikan kekhasan tersendiri.

Jangan sampai sampul gambar pada video itu terlalu mencolok. Akan tetapi juga jangan terlalu gelap juga ya. Aturlah kecerahan foto untuk thumbnailnya agar tidak telalu cerah. Gunakanlah pengeditan menggunakan aplikasi pada laptop atau smartphone untuk mengaturnya.

3. Taruh Judul Video Pada Sampul

Setelah menentukan kecerahannya, maka jangan lupa untuk membuat tulisan pada thumbnail yang dibuat. Penambahan ini bertujuan untuk memberi informasi tentang isi video tersebut. Bilamana ditampilkan teks unik dan menarik, tentunya penonton akan penasaran kemudian menontonya.

Jadi, tujuan utamanya teks pada thumbnailnya adalah agar user bisa mengetahui gambaran konten yang diupload. Bila videonya itu seperti bersambung atau berseri, maka tulisan pada sampul ini sangat cocok sekali. Tentunya juga akan memudahkan penonton menemukan setiap partnya.

4. Gunakan Font yang Sama

Pada saat membuat sebuah sampul pada video, pastikanlah untuk membuat font yang sama pula. Karena ini bertujuan untuk memberikan kesan desain unik dan bisa menjadikan sebuah ciri khas tentang channel milik sendiri. Supaya berbeda dengan akun-akun lainnya.

Terkait dengan font sendiri terdapat banyak sekali. Anda Bisa menambahkan dengan mendownload secara gratis di internet. Carilah variari unik sesuai keinginan dan pastikan juga yang cocok terhadap konsep konten videonya. Dengan begitu, ciri khas akun channel YouTube bisa dikenal masyarakat luas.

Jadi, itulah tentang trik mengatur dan membuat ukuran thumbnail YouTube. Bagi YouTuber pemula, ulasan di atas kiranya bisa menjadi acuan untuk mengembangkan kemenarikan tampilan pada konten-konten di akun channelnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.