Cara Menjadi Youtuber dengan Bermodal HP Android

Cara Menjadi Youtuber dengan Bermodal HP Android

Youtuber merupakan salah satu pekerjaan yang cukup menjanjikan. Menjadi Youtuber hanya dengan bermodal HP saja sangat mungkin dilakukan. Lalu, bagaimana cara menjadi Youtuber dengan Bermodal HP Android saja? Simak penjelasan berikut ini. 

Menguatkan Niat Menjadi Youtuber

Yang pertama harus dipersiapkan untuk menjadi Youtuber adalah niat. Saat menjadi Youtuber pemula, pastinya Anda belum memiliki banyak pengikut atau penonton. Meskipun demikian, tanamkan sikap optimis dan tidak mudah menyerah pada diri Anda untuk menjadi Youtuber sukses.

Buatlah channel Youtube tidak hanya mengejar uang saja, namun harus bermanfaat bagi banyak orang. Anda harus selalu semangat dan yakin bahwa usaha dan kerja keras menjadi seorang Youtuber tidak akan sia-sia. 

Merencanakan Konten 

Langkah selanjutnya yaitu merencanakan konten yang ingin dibuat pada channel Youtube. Pilih konten yang menarik dan bermanfaat bagi banyak orang. Ketika masih awal membuat Youtube, usahakan fokus pada satu niche terlebih dahulu. 

Buatlah konten Youtube dengan niche yang Anda kuasai atau berkaitan dengan pendidikan, hobi, pekerjaan, dan sebagainya. Salah satu hal penting bagi seorang Youtuber adalah menjadi diri sendiri. Dengan menjadi diri sendiri, Anda dapat menikmati pekerjaan menjadi Youtuber.

Jangan pernah membuat konten yang melanggar ketentuan dari pihak Youtube seperti pornografi, prank, atau konten lain yang merugikan. Hindari juga untuk membuat konten musik milik orang lain karena akan dikenakan copyright dari pihak Youtube. 

Buat Akun Youtube

Jika sudah memutuskan konten apa yang ingin dibuat, segeralah untuk membuat akun Youtube. Syarat membuka akun Youtube sangat mudah karena hanya membutuhkan email dan nomor handphone. 

Apabila sudah memiliki email pada handphone, Anda dapat melakukan sign in melalui email tersebut. Buatlah channel dengan nama yang menarik dan mudah untuk diingat. Jangan lupa untuk melengkapi profil Youtube Anda seperti foto profil, foto sampul, dan deskripsi channel. 

Siapkan Peralatan 

Cara menjadi Youtuber dengan Bermodal HP Android yang selanjutnya yaitu mempersiapkan peralatan untuk membuat konten Youtube. Peralatan untuk membuat konten Youtube tidak perlu mahal, Anda dapat memanfaatkan kamera handphone untuk membuat video. 

Ketika merekam video melalui handphone, pastikan gambarnya tetap jernih dan audionya jelas. Selain kamera, Anda juga harus mempersiapkan peralatan lain seperti aplikasi editing, lighting, dan memastikan internet stabil.

Bagi Youtuber pemula, Anda dapat memanfaatkan berbagai aplikasi yang ada di handphone untuk mengedit video. Saat ini, banyak aplikasi video editing yang dapat digunakan secara gratis melalui Google Play Store maupun App Store. 

Lighting juga berperan penting bagi seorang Youtuber. Anda dapat membeli lighting yang murah atau memanfaatkan pencahayaan alami dari sinar matahari. Sebagai seorang Youtuber pemula, Anda dapat membeli lighting dengan harga yang terjangkau melalui e-commerce

Pelajari SEO Youtube

Menjadi Youtuber tidak hanya tentang konten yang menarik saja, namun Anda harus membuat video tersebut dikunjungi oleh banyak penonton. SEO (search engine optimization) merupakan salah satu cara yang dapat dipelajari agar channel Anda ada di atas halaman pencarian di Youtube. 

Salah satu cara kerja dari SEO Youtube yaitu menempatkan kata kunci untuk judul dan deskripsi video. Dengan mempelajari SEO Youtube, kemungkinan channel Anda dikunjungi penonton lebih banyak. Selain itu, penonton akan lebih mudah menemukan channel Youtube Anda. 

Konsisten

Hal penting yang harus dilakukan seorang Youtuber adalah konsisten dalam mengunggah video. Fokuslah pada channel yang Anda bangun dan jangan terpengaruh dengan orang lain. Agar channel Anda cepat berkembang, lakukan pengunggahan konten setidaknya satu video dalam satu minggu. 

Jika channel Anda sudah mulai berkembang, lakukan upload konten satu video dalam satu hari atau sesuaikan dengan kemampuan. Ketika konsisten mengerjakan channel tersebut, maka konten akan cepat naik dan Anda akan menjadi Youtuber yang sukses.

Jangan lupa untuk melakukan kolaborasi dengan Youtuber lain untuk membuat target pasar yang lebih luas. Semakin banyak koneksi Anda dengan Youtuber lain, maka akan semakin besar exposure yang Anda dapatkan. 

Baca Juga : Cara Cepat Diterima Adsense YouTube

Cara menjadi Youtuber dengan bermodal HP Android sebenarnya sangat mudah dilakukan oleh siapa saja. Dengan beberapa cara di atas, Anda dapat membuktikan bahwa membuat konten melalui handphone bukan menjadi halangan untuk menjadi Youtuber yang sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.