Syarat Monetasi Youtube Terbaru

  • Whatsapp
Monetasi Youtube
Cara dan Syarat Monetasi Youtube Terbaru 2020 Lengkap

Cara dan Syarat Monetasi Youtube Terbaru 2020 Lengkap – Saat ini situs YouTube menjadi salah satu platform yang mampu memberikan penghasilan menjanjikan bagi content creator. Terlebih bagi mereka yang baru saja terjun ke dunia digital dan berusaha mengaktifkan iklan. Akan tetapi sebelum ke sana, ada syarat monetasi YouTube yang harus Anda ketahui.

Apa Itu Monetasi Youtube?

Akhir-akhir ini istilah monetasi YouTube menjadi hal yang paling dicari terlebih bagi para content creator baru. Makna termudahnya, kata tersebut merupakan sebuah cara untuk memperoleh penghasilan dari YouTube.

Bacaan Lainnya

Sebenarnya, istilah monetasi ini berlaku untuk semua media online seperti blog yang memunculkan ilklan dalam kontennya, sehingga sang pemilik bisa memperoleh pengahasilan. Begitu pula dengan platform YouTube.

Teknis dasarnya adalah sang pemilik akun akan menampilkan iklan sebuah produk, baik berupa gambar maupun video di dalam konten yang mereka jajakan kepada publik. Monetasi sendiri ini bersifat resmi dan dalam pelaksanaannya juga terdapat syarat dan prosedur tertentu.

Manfaat Pemilik Akun dan Pengiklan Youtube

Sebelumnya telah disinggung bahwa monetasi ini adalah, cara pengiklanan melalui media online melalui konten seseorang dan tentu saja berbayar bagi si pengiklan. Tarif tersebut pun tergantung dari jenis promosinya dan telah terdapat sebuah ketentuan khusus.

Selain itu, adanya monetasi seperti ini akan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak atau istilahnya adalah simbiosis mutualisme. Teknis singkatnya adalah setiap kalisi pengiklan ingin mempromosikan produknya di YouTube, maka ia harus membayar sejumlah tarif.

Kemudian pihak YouTube akan memproses biaya tersebut sesuai dengan prosedur yang berlaku. Salah satunya dengan memberikan si pemilik konten sejumlah komisi sesuai ketentuan (karena telah berhasil menayankan iklan tersebut).

Tentu saja dalam proses penayangan tersebut terdapat ketentuan tertentu. Salah satunya dalah video si pemilik akun ini tidak boleh sembarang. Mereka harus memenuhi syarat monetasi terlebih dahulu mengenai kalkulasi jam tayang hingga jumlah pengikut atau subscribers.

Baca Juga : Algoritma Youtube

Syarat dan Ketentuan Monetasi Youtube

Untuk bisa menampilkan iklan atau mengizinka adsense masuk ke dalam video YouTube, maka si pemilik akun memang harus memenuhi syarat penayangan terlebih dahulu. Berikut ulasannya:

1. Memiliki Minimal 1000 Subscribers

Syarat pertama supaya sebuah video YouTube berhasil menayangkan iklan sebagai bentuk disetujuinya monetasi adalah jumlah minimal subscribers, yaitu 1.000 pengikut. Tentu akanu tersebut juga harus berasal dari orang lain yang tertarik dengan konten tersebut.

Hal ini karena Google tidak akan menoleransi apabila terjadi kecurangan dalam bentuk apapun. Selain itu, adanya pengiklanan dengan syarat jumlah subscriber artinya, mereka akan menganggap si pemilik akun memiliki pasar yang potensial sehingga pengiklan mau mengiklankan produknya.

2. Harus Memiliki Minimal Total 4.000 Jam Waktu Tonton

Selain syarat subscribers, untuk meyakinkan seberapa potensial akun Anda adalah jumlah jam penayangan. Setidaknya konten harus memiliki total 4.000 jam waktu tayang, hal ini mengindikasikan jika para penonton benar-benar tertarik dengan suguhan konten tersebut.

Setelah kedua syarat tersebut dapat terpenuhi, maka pihak YouTube akan memulai proses monetasi akun tersebut. Kini Anda hanya tinggal menunggu proses verifikasi Google sehingga akun menjadi media resmi untuk beriklan.

Ketentuan Konten Youtube

Meskipun pihak YouTube membebaskan Anda untuk membuat konten apa saja, tetapi tetap saja terdapat beberapa ketentuan khusus dalam pengunggahannya. Terlebih jika sudah memperoleh monetasi, maka harus mengikuti aturan yang ada supaya akun tetap memiliki verifikasi.

Salah satu ketentuan yang pertama adalah video tidak boleh menjiplak karya orang lain. Apabila meniru konsep, kemudian menerapkan menjadi sebuah konten versi sendiri, maka sah-sah saja dan Anda juga bebas mengunggahnya.

Akan tetapi apabila dalam video unggahan tersebut mencatut karya milik orang lain tanpa seizin (pelanggaran hak cipta) apalagi menjadikannya konten, maka Google menganggap Anda telah melakukan copyrigh sehingga mereka akan mencabut verifikasi monetisasi.

Lebih jelasnya kawan-kawan agar bisa sukses di Youtube dengan memahami Algoritma Youtube Terbaru.

Bagaimana Cara Mengambil Uang di YouTube

Pada dasarnya cara mencairkan uang di YouTube ini harus melalui tahap verifikasi akun AdSense terlebih dahulu. Teknisnya adalah apabila telah mencapai batas minimum, maka secara otomatis sistem akan meminta verifikasi.

Setelah itu, barulah Anda dapat mencairkan penghasilan tersebut. Untuk mata uang rupiah, setidaknya saldo telah mencapai Rp 1.300.000, maka dana bisa keluar. Sedangkan versi dollar, maka jumlah minimal adalah $100.

Cara Mencairkan Uang YouTube di AdSense

Umumnya supaya pemilik channel dapat mencairkan uangnya apabila telah menacapai batas minimum adalah harus melalui beberapa tahap terlebih dahulu. Hal ini terjadi supaya Google dapat memverifikasinya. Beberapa langkah tersebut, yaitu:

1. Verifikasi Akun AdSense

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan memverifikasi akun AdSense dengan cara:

  • Isi formulir pajak apabila ada.
  • Konfirmasi data pribadi.
  • Lakukan verifikasi data pribadi.
  • Tambahkan alamat dengan benar (untuk pengiriman pin AdSense).
  • Lengkapi metode pembayaran.

Lakukan pengisian data-data tersebut dengan benar supaya proses verifikasi bisa segera selesai. Terlebih dalam pengiriman alamat dan data diri usahakan jangan sampai keliru.

2. Cara Menambahkan Metode pembayaran AdSense

Langkah kedua adalah menambahkan metode pembayaran AdSense. Pada tahap ini Anda harus memiliki buku tabungan sebagai tempat dana cair nantinya. Apalagi Google hanya menerima pencairan dana melaui bank transfer.

  • Masuk ke Akun AdSense
  • Klik pembayaran
  • Pilih opsi kelola metode pembayaran
  • Tambahkan metode pembayaran
  • Tuliskan nama pemilik buku rekening
  • Masukkan nomor rekening
  • Tekan simpan
  • Tunggu proses verifikasi dari Google
  • Tambahkan jumlah transfer
  • Tekan simpan

Biasanya Google akan menyediakan layanan transfer kurang dari Rp 1.000 yang akan berguna dalam hal verfikasi akun. Lama prosesnya juga dalam rentang 3 sampai 7 hari. Dalam beberapa kasus bahkan hanya butuh 1 x 24 jam saja.

Kapan Saldo AdSense Cair ke Rekening Bank Kita?

Mungkin bagi yang belum tahu akan bingung mengapa dana belum juga cair padahal saldonya sudah lumayan banyak meskipun masih kisaran ratusan. Memang benar demikian, pasalnya dalam monetisasi Google terdapat aturan pencairan penghasilan.

Umumnya dana dapat cair apabila Anda berhasil mengumpulkan saldo minimal Rp 1.300.000 per tanggal 20 setiap bulannya. Apabila dalam rentang waktu tersebut sudah terkumpul, maka Google akan memberikan email pemberitahuan bahwa pencairan uang sudah diproses ke rekening.

Kenapa penghasilan YouTube Tidak Masuk ke AdSense?

Bagi YouTuber pemula tampaknya harus benar-benar memahami konsep penghasilan dari Google AdSense. Salah satunya adalah pada masalah mengapa saldo belum juga masuk ke akun AdSense? Sebenarnya hal ini karena telah tersistem.

Yakni penghasilan masuk hanya setiap tanggal 15 saja setiap bulannya. Jadi, apabila belum terdata pada metrik pendapatan AdSense, maka kemungkinan belum waktunya sehingga dana yang terkumpul akan masuk ke YouTube analytics terlebih dahulu.

Kesimpulan

Untuk kebutuhan pencairan penghasilan dari YouTube ini memang hanya melayani via bank transfer sehingga Anda harus memiliki buku rekening pribadi. Akan tetapi apabila belum ada, maka masih bisa “numpang” milik keluarga.

Memang tidak salah apabila begitu banyak orang beralih profesi untuk menjadi content creator atau YouTuber. Sebab, penghasilannya memang terbukti menjanjikan. Hanya saja memang memerlukan sebuah ketelatenan dan kesabaran sehingga bisa memenuhi syarat untuk monetasi YouTube.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.