Cara Melihat dan Menghitung Gaji YouTuber

  • Whatsapp
Cara Melihat dan Menghitung Gaji YouTuber
Cara Melihat dan Menghitung Gaji YouTuber 90% Akurat

Cara Melihat dan Menghitung Gaji YouTuber 90% Akurat – YouTuber lebih orang kenal sebagai pembuat konten pada aplikasi YouTube merupakan salah satu dari pengedit video (konten kreator). Namun profesi ini sangat menguntungkan dan bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah. Namun, apakah Anda tahu bagaimana cara menghitung gaji YouTuber.

Sumber Pendapatan YouTuber

Sumber pendapatan seorang pembuat konten YouTube bisa mereka dapatkan dari beberapa platform. Ada banyak sumber yang bisa Anda coba. Berikut adalah salah satunya:

Bacaan Lainnya

1. YouTube Partner Program

YouTube partner program menjadi cara pertama yang bisa YouTuber lakukan untuk dapat menghasilkan uang. Ketika Anda sedang menyaksikan channel kesukaan, kemudian tiba-tiba ada iklan lewat, berarti pembuat konten itu sudah memasuki kriteria dalam program ini.

Untuk syarat yang lebih spesifik lagi yakni telah berusia setahun dan mempunyai minimal 4000 angka watch time. Dengan jumlah subscribers paling sedikit 1000. Jika Anda berhasil memenuhi semua kriteria di atas, maka YouTubers tersebut siap untuk bisa memperoleh pundi-pundi rupiah dari sini.

2. YouTube Sponsorships

Dalam sponsorships, akan ada beberapa merk produk yang membayar YouTuber atau orang lebih mengenalnya sebagai endorse. Caranya adalah dengan membuat konten khusus berkaitan dengan barang sponsorships.

Kemudian, pembuat konten akan memberikan penawaran harga sebesar tertentu untuk setiap seribu penontonnya. Setiap saatnya tentu akan ada penambahan orang yang menonton video tersebut. Maka dari itu, jenis sumber pendapatan ini banyak YouTuber inginkan.

3. Youtube Affiliate Marketing

Sumber pendapatan satu ini dapat YouTuber peroleh dari iklan yang memberikan bayarannya melalui CTR. Dengan berdasarkan pada jumlah pembeli link produk sisipan Anda, termasuk juga uang tambahan dari hasil penjualan.

Biasanya dalam konten-konten YouTube terdapat pembuat konten yang melakukan penayangan review mengenai suatu produk. Inilah maksud dari YouTube Affiliate Marketing atau dapat juga menyebutnya iklan pemasaran barang.

Penghitungan Gaji YouTube

Di Indonesia seorang YouTuber bisa memperoleh Rp. 7.000 setiap 1000 tayangannya. Jika video yang Anda unggah memperoleh satu juta viewers, maka berdasarkan penghitungan pendapatannya sebesar Rp. 7 juta. Itu semua dapat seseorang ketahui dengan menggunakan dua faktor, yakni.

1. CPM (Cost per Million)

CPM atau cost per million merupakan penghasilan yang YouTuber dapat dari 1000 viewers pada kontennya. Di Amerika kisarannya sekitar 2 USD setiap seribu viewnya. Sedangkan untuk Indonesia biasanya memperoleh tujuh ribu rupiah untuk tiap 1.000 tayangannya.

Penghasilan Publisher Adsense yang YouTuber Indonesia dapatkan biasanya sekitar satu sampai lima dolar. Bergantung pada jenis konten, keberadaan iklan, tempat tinggal serta durasi iklan tampil pada video Anda.

2. CPC (Cost per Click)

CPC atau cost per click merupakan penghasilan dari klik iklan pada channel YouTube milik mereka. Di Indonesia kisaran pendapatannya biasanya sekitar lima ribu rupiah saja. Namun letak problemnya bukan di sana, tetapi pada tiap seribu tayangan hanya memperoleh maksimal 3 klik.

Sementara untuk video sponsor terhadap produk-produk tertentu mendapat penghasilan sesuai dengan kesepakatan bersama. Dengan berdasarkan pada perjanjian yang telah kedua belah pihak setuju pada saat akan melaksanakan kontrak.

Cara Menghitung Kisaran Jumlah Pendapatan YouTuber

Untuk bisa memperoleh penghasilan dari media sosial bernama YouTube ini, Anda wajib memenuhi beberapa macam kriteria. Sampai pada titik di mana channel tersebut dapat mendatangkan uang bagi pemilik akunnya.

Agar dapat mendapatkan penghasilan dari akun YouTube, Anda bisa memanfaatkan berbagai macam fitur yang ada pada program partner aplikasi ini. Seperti pemanfaatan adanya iklan, membership channel, galeri merchandise, Super Chat, dan terakhir Youtube premium.

Manfaatkan sebaik mungkin salah satu fitur-fitur tersebut. Serta tentu saja juga dengan konten-konten menarik yang dapat menumbuhkan minat melihat para viewers. Dengan begitu, akun YouTube akan bisa menghasilkan uang untuk Anda pribadi.

Cara Menghasilkan Uang via Akun YouTube

Ini merupakan salah satu cara YouTuber agar dapat memperoleh uang dari video serta channel pada akun YouTube milik Anda pribadi. Terdapat beberapa kriteria yang harus terpenuhi terlebih dahulu. Berikut adalah 5 fitur monetisasi tersebut, simak uraiannya.

1. Iklan

Anda dapat memperoleh iklan dari display, overlay, termasuk juga video. Ini merupakan pendapatan yang dominan para YouTuber. Karena dari sini pendapatan akan terus mengalir seiring dengan jumlah viewers yang terus bertambah juga.

2. Membership Channel

Selanjutnya adalah membership channel, yakni para viewers melihat konten Anda memperoleh peluang untuk mendapatkan banyak keuntungan dari penawaran yang pemilik akun berikan dengan cara membayar akun tersebut.

3. Galeri Merchandise

Kemudian galeri merchandise, ini merupakan monetisasi berupa berjualan barang seperti buah tangan atau kerajinan-kerajinan lainnya. Konten ini akan menjadi tampilan khusus pada halaman video pribadi milik Anda.

4. Super Chat

Lalu ada super chat yang mendukung gerakan pencarian pendapatan para YouTuber dengan berbagai layanan. Seperti ketika mereka menginginkan postingan komentarnya menjadi top comment atau banyak jenis keinginan lainnya.

5. YouTube Premium

Pelayanan YouTube premium memberikan fitur kemudahan bagi channel serta unggahan konten Anda, yaitu agar bisa para viewers tonton tanpa adanya iklan. Namun, para pembuat konten tidak perlu bersedih. Untuk ganti uang iklan, Anda akan memperoleh penghasilan dari para member.

Penghasilan yang bisa Anda Peroleh dari Impression

Menggunakan Google AdSense, Impression memiliki arti jumlah iklan yang muncul pada saat viewers menonton konten pada akun YouTube milik Anda. Besarnya penghasilan seorang pembuat konten video pada aplikasi sosial media ini bergantung pada seberapa banyak iklannya.

Menghitung gaji YouTuber bisa Anda ketahui dari CPM dan CPC. Hasil akhir itulah pendapatan Anda dalam satu kali pengunggahan konten. Penggabungan kedua pendapatan ini merupakan besaran yang dapat seseorang peroleh dari iklan di akunnya tersebut.

Untuk membantu proses penghitungan ini, Anda dapat menggunakan Google AdSense agar dapat memperoleh penghitungan yang lebih rinci. Aplikasi ini bisa seseorang akses menggunakan situs internet ataupun smartphone masing-masing, kemudian lakukan pendaftaran akun.

Demikian uraian mengenai cara melihat dan menghitung gaji YouTuber 90% akurat. Anda dapat memperoleh lebih banyak lagi informasi-informasi lainnya dengan memanfaatkan kemudahan penggunaan situs-situs internet yang ada saat ini.

Setelah memahami algoritma youtube dan itu semua, apakah Anda ingin segera menjadi seorang YouTuber? Rencanakan dengan matang dan maksimalkan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.