Doa Malam 21 Ramadhan – Lailatul Qadar

  • Whatsapp
Doa Malam 21 Ramadhan

Doa Malam 21 Ramadhan Ampunan, Berkah serta Taburan Rizki dan Kebaikan – Malam Lailatul Qadar adalah salah satu malam di bulan Ramadhan yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Di malam mulia ini, banyak keberkahan dan kebaikan yang bisa didapatkan seorang hamba. Namun, tidak ada satupun orang yang mengetahui kapan pastinya malam tersebut.

Tanda-Tanda Datangnya Lailatul Qadar

Dalam nash Al-Qur’an dan Hadis hanya disebutkan mengenai ciri-cirinya saja. Pada sebuah riwayat disebutkan bahwa:

Bacaan Lainnya

tanda tanda lailatul qadar

Jatuhnya malam Lailatul Qadar memang dirahasiakan oleh Allah SWT. Tujuan dirahasiakannya waktu tersebut adalah agar umat Islam semakin bersemangat dalam menjalani bulan yang penuh berkah tersebut. Umat Islam juga akan lebih bersungguh-sungguh dalam melaksanakan ibadah setiap harinya, khususnya saat 10 hari terakhir di bulan Ramadhan.

Berkaitan dengan waktu jatuhnya malam seribu bulan tersebut, tidak sedikit pendapat ulama’ yang menafsirkannya. Salah satunya adalah hadis berikut ini:

hadist malam lailatul qadar

Beberapa penafsiran muncul berdasarkan Hadis tersebut. Pertama, malam lailatul Qadar muncul di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Kedua, datangnya saat malam-malam ganjil seperti malam 21, 23, 25, 27 dan 29.

Oleh karena itu, umat Islam perlu untuk tetap berjaga dan waspada pada hari-hari tersebut. Mengapa dianjurkan untuk memperbanyak ibadah di saat-saat itu? Karena pahalanya sangatlah besar bagi umat Muslim sekalian.

Amalan di Malam Lailatul Qadar – Doa Malam 21 Ramadhan

Adapun terkait amalan doa yang dapat dibaca untuk menyambut malam tersebut, beberapa ulama’ telah memberikan arahan untuk umat Islam. Tentu sesuai dengan tuntunan sunnah Nabi Muhammad SAW. Bahwa inti dari bacaan doa malam Lailatul Qadar adalah memohon ampunan Allah dan keberkahan hidup dunia akhirat.

hadist malam lailatul qadar

Bacalah istighfar tersebut pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan sebanyak minimal tujuh kali. Kemudian baru membaca doanya berikut ini:

doa malam lailatul qadar

Itulah amalan yang dapat diamalkan setiap malam ganjil di 10 hari terakhir bulan Ramadhan yang akan menjadi penerang bagi sekalian umat Muslim. Bacaan doa tersebut tidak hanya untuk mendekatkan diri kepada Allah, namun juga untuk mendapatkan ketenangan serta kebahagiaan hidup.

Jangan lupa untuk melafalkan doa secara sungguh-sungguh disertai dengan keikhlasan agar segera diterima oleh Allah SWT.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.