Pengaduan warga Tuban

Aplikasi Pengaduan Warga Tuban Bernama Taprose

Diposting pada

Pengaduan warga Tuban menggunakan aplikasi Taprose –  Sebagai warga Tuban, seharusnya kita patut berbangga dengan sebuah terobosan yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Tuban melalui Dinas Komunikasi dan Informatika dengan diluncurkannya sebuah aplikasi bernama TAPROSE. Taprose adalah singkatan dari Tuban Public Report Service merupakan sebuah aplikasi berbasis android yang bermanfaat sebagai media pengaduan warga Tuban.

Taprose sendiri diluncurkan pada 04 mei 2017 tepatnya di Pendopo  Kridho Manunggal Pemkab Tuban yang melibatkan Netizen, RTIK (Relawan teknologi dan informasi), blogger sampai masyarakat umum. Semenjak peluncurannya sampai sekarang, masih banyak warga Tuban yang belum mengetahui adanya aplikasi Taprose. Sehingga pemanfaatan aplikasi sebagai media pengaduan kurang maksimal. Kehadiran aplikasi Taprose diharapkan mampu mengajak warga Tuban untuk memantau dan melaporkan secara langsung jika mengetahui kinerja Organisasi Perangkat Desa (OPD) yang kurang maksimal. Pelaporan bisa dilakukan secara langsung melalui aplikasi Taprose.

Baca juga : Membuat SIM baru di POLRES Tuban

Pengaduan warga Tuban menggunakan aplikasi TAPROSE…

Pengaduan warga Tuban

Bagi warga Tuban bisa melakukan pengaduan secara langsung melalui aplikasi Taprose, dengan melakukan registrasi dan verifikasi nomor telepon terlebih dahulu. Dari laporan yang saya lihat melalui aplikasi dalam sebulan terakhir, ada beberapa laporan yang masuk seperti Laporan Air PDAM yang tidak keluar, Sekertaris Desa Menyalahgunakan Jabatan, Pupuk Subsidi langka sampai kondisi jalan dan lampu penerangan. Pada laporan-laporan tersebut, terdapat pesan bertuliskan PROSES, SELESAI, MENUNGGU yang menginformasikan sampaimana laporan warga diproses. Apakah dalam proses, masih menunggu tanggapan sampai selesai di kerjakan oleh dinas terkait.

Pengaduan warga Tuban

Selain pengaduan, warga Tuban juga bisa melakukan review terhadap tempat-tempat umum sampai wisata yang ada di Kota Tuban. Dengan adanya aplikasi Taprose ini, warga Tuban maupun wisatawan yang berkunjung ke Tuban dapat dengan mudah menemukan lokasi wisata, hotel hingga rumah makan.

Baca juga : Persyaratan membuat SKCK di Bancar Tuban

Tujuan Aplikasi Taprose :

  • Laporan Masyarakat
  • Review Wisata dan Kuliner
  • Forum Diskusi
  • Kegiatan OPD (Organisasi Perangkat Desa)
  • Pemantauan Kinerja OPD
Sehingga dari uraian diatas, secara garis besar Aplikasi Taprose memiliki 2 fungsi dasar, yaitu sebagai Pelayanan Publik dan Pelayanan Internal OPD.

Pelayanan Publik/Umum :

  • Memudahkan masyarakat melakukan pengaduan secara tepat sasaran.
  • Memudahkan OPD untuk mempublikasikan kegiatannya kepada masyarakat.
  • Memudahkan masyarakat untuk melakukan review terhadap tempat wisata, cafe, tempat makan, dan hotel yang ada di Kabupaten Tuban.
  • Memfasilitasi masyarakat dan OPD untuk melakukan forum diskusi.

Pelayanan Internal OPD :

  • OPD dapat melakukan pelaporan langsung tentang kegiatannya secara berkala kepada Bupati/Wakil Bupati.
  • OPD dapat mengelola pelaporan masyarakat dengan lebih efisien.
  • Bupati/Wakil Bupati dapat memantau kinerja OPD berdasarkan laporan kegiatan yang sudah dikirimkan oleh masing-masing OPD
  • Bupati/Wakil Bupati dapat memantau respon OPD terhadap pelaporan masyarakat.
Semoga dengan adanya aplikasi Taprose ini Kota Tuban bisa lebih baik. Kinerja dari masing-masing OPD semakin meningkat, serta menjadi penyambung informasi antara masyarakat dengan pemerintah melalui forum diskusi. Ayo download aplikasi TAPROSE segera.

Artikel menarik lainnya...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.