Tips Aman Jual Beli Handphone Online

Diposting pada
Tips aman jual beli online – Perkembangan dunia online seolah tak bisa dibendung lagi. Hampir semua aktifitas manusia bisa dilakukan lewat online. Tanpa harus hadir di tempat,semua jadi beres. Salah satu tren online yang sekarang sedang melanda masyarakat luas yaitu jual beli online. Ya, jual beli online seolah memberikan kemudahan berbelanja bagi siapa saja, cukup pegang gadget sambil melakukan aktifitas di rumah kita bisa mencari barang-barang yang kita butuhkan. Mulai dari kebutuhan digital sampai makanan semuanya bisa melalui online.

Tapi tahukan kita, dengan banyaknya aktifitas jual beli online maka banyak juga penipuan online yang terjadi?.Tips berikut semoga Cukup membantu anda dalam jual neli Online.

Untuk jual beli seperti di bukalapak, tokopedia, lazada dll bisa dibilang punya tingkat keamanan yang tinggi. Namun bagaimana dengan penyedia jasa jual beli online seperti olx dan semacamnya? Yang lebih memanfaatkan sistem COD antara penjual dan pembeli.
Tips Aman Jual Beli Handphone Online
Berikut tips aman jika jual beli online dengan sistem seperti di OLX :
1. Harga Realistis.
  Dalam jual beli online,harga merupakan sesuatu yang menggiurkan.Tapi perlu diingat ,semurah apapun harga yang di tawarkan harus tetap realistis.maksudnya tidak selisih terlalu banyak dengan harga asli di pasaran. Kalau ada yang menawarkan dengan selisih separuh dari harga pasaran, agan harus berhati-hati kecuali kalau penjual memang mau COD. Itupun harus benar benar di cek kualitas barangnya dengan teliti.
2. Bertemu di tempat Penjual.
    Penjual yang menjual barangnya dalam kondisi baik,biasanya lebih memilih untuk bertemu di rumah. Selain tidak harus jauh jauh nyamperin pembeli, biasanya penjual yakin kalau barangnya baik baik saja, tidak akan terjadi masalah dengan barang yang di jual. Berbeda dengan penjual hp yang abal abal misalnya, biasanya akan lebih memilih ketemuan di luar. Logikanya, kalau sewaktu waktu barang yang di jual eror beneran, pembeli tidak punya alamat yang di tuju untuk komplain. Logis bukan.hehehehehe.
3. Hindari transfer Uang.
      Berdasarkan pengalaman saya membeli barang online seperti di olx, pertama saya tergiur dengan harganya yang jauh lebih murah bahkan selisih setengah harga dari aslinya. Otomatis saya tergiur dong hehehe, langsung saja saat itu saya sms penjual. Setelah tanya -tanya, akhirnya saya di suruh transfer uang sesuai harga yang tertera dan barang akan di kirim kira-kira 2 hari sampai. Untung dalam hati kecil saya terlintas untuk cancel tranfer uang. Ternyata benar, setalah saya cancel penjualnya marah-marah serta mengancam dengan tuduhan saya telah mempermainkan penjual. Tak sampai disitu, karena tidak saya respon , penjual ini terus meneror lewat telpon. Setelah dapet puluhan panggilan dan beberapa pesan singkat, akhirnya muncul ide cemerlang, cliiiinnngggg. Telpon saya angkat, dengan merubah suara menjadi sok wibawa, dan bilang kalau tadi tidak mengangkat telpon karena sedang meeting dengan clien. Setelah itu saya ancam balik, kurang lebih begini, bapak jangan main-main dengan saya,jangankan hp bapak yang harganya ….. Kalauperlu perusahaan bapak saya beli, sekalian bapak saya beli.  Tut tut tuuuut ,telpon mati. Hehehehe,ternyata dan ternyata. Sukur dah gak jadi ketipu. 
Tapi ingat ya gan, tidak semua yang transfer uang adalah modus penipuan, utamakan kalau beli barang dengan harga yang realistis aja. Serta utamakan ketemu antara penjual dan pembeli biar lebih aman.
4. Cek kondisi barang.
     Nah, setelah agan COD .masih ada satu hal lagi yang perlu di waspadai, yaitu kondisi barang. Mumpung lagi ketemu sama penjual, lebih baik cek sepuasnya barang yang akan kita beli di depan penjual. Untuk memastikan kalau barangnya dalam kondisi baik, hal ini wajar kok gan. Jika saat cek kondisi barang penjualnya bertingkah aneh aneh, seperti mengalihkan pembicaraan, alasan buru-buru, keburu jemput dan bla bla bla. Kayaknya agan patut curiga dengan itu barang. Jika dalam hati tidak jleb manteb untuk membeli,sebaiknya di cancel aja.
Nah ,sekian tips dari pengalaman saya jual beli hp melalui olx dan facebook.semoga agan-agan lebih berhati-hati. Ayo bagikan artikel ini jika menurut agan-agan bermanfaat. Agar teman-teman kita lebih waspada.hehehehe

Artikel menarik lainnya...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.