memanfaatkan blog sebagai sumber informasi warga

Memanfaatkan Blog Sebagai Sumber Informasi Warga

Diposting pada

Memanfaatkan Blog Sebagai Sumber Informasi Warga – Hobi dalam dunia blogging memang tidak ada batasan usia. Mulai anak sekolah sampai sudah berkeluarga masih tetap bisa menjalani blogging sebagai sebuah hobi. Sebab blogging tidak bergantung pada fisik, jadi siapapun bisa terjun kedunia blogging asalkan ada kemauan.

Baca juga : Cara menghasilkan uang melalui blog

Blogging merupakan hobi yang sangat bermanfaat untuk berbagi informasi, seorang blogger berhak menulis apa saja sesuai minat dan bakatnya. Entah itu hanyalah sebuah curhatan hati atau sebuah pengalaman yang dapat memberikan manfaat bagi siapapun yang membacanya. Melalui blog, anda bisa menyebarkan berbagai informasi yang akan menjadi bahan bacaan masyarakat luas.
Kebanyakan seorang blogger dalam membangun sebuah blog dilatar belakangi oleh sebuah motivasi ingin mengembangkan bakat menulis, menyalurkan ide dan gagasan, serta ingin menghasilkan uang dari blog yang dikelola. Sebagian besar hanya karena ingin memenuhi keinginannya sendiri, mencari keuntungan pribadi, tanpa memperhatikan kebermanfaatan blog untuk orang banyak.
Saya bersyukur bisa bertemu dengan sahabat Blogger Tuban karena semua anggotanya memiliki motivasi yang mulia bahwa terjun didunia blogging tak lain hanya ingin memberikan bacaan gratis kepada masyarakat, menjadikan blog sebagai wadah untuk mengembangkan bakat menulis bahkan memanfaatkan blog sebagai penyalur informasi langsung kepada masyarakat. Seperti salah satu teman Blogger Tuban yang bernama Andika Nur Afian, mas Andika ini memanfaatkan blog sebagai sumber informasi yang bisa diakses langsung oleh masyarakat dilingkungan tempat ia tinggal.

Tepatnya di daerah bulu kecamatan Bancar kabupaten Tuban. Hampir semua warga bulu bermata pencaharian sebagai seorang nelayan. Sehingga segala informasi tentang kelautan sangat dibutuhkan oleh masyarakat bulu. Salah satu informasi penting yang harus diketahui para nelayan setiap hari ketika hendak pergi menangkap ikan adalah informasi perkiraan cuaca khusus didaerah bulu. Sebab informasi cuaca sangat dibutuhkan nelayan demi keselamatan dan hasil bagus atau tidaknya tangkapan ikan.

Memanfaatkan Blog Sebagai Sumber Informasi Warga

Sebagai seorang blogger yang aktif menulis diblog pribadinya yaitu www.perahulayarkertas.web.id, mas Andika memanfaatkan ilmu bloggingnya untuk membantu warga Bulu. Yaitu dengan membuatkan blog khusus yang berisi tentang perkiraan cuaca khusus daerah Bulu. Blog khusus perkiraan cuaca tersebut bisa diakses oleh warga Bulu melalui link perkiraancuaca-ppbulutuban.blogspot.com . Inisiatif ini muncul sebab mas Andika sendiri kebetulan bekerja di UPT Pelabuahan dan Pengolahan Sumber Daya Kelautan dan Perikana dam menjabat sebagai humas sistem informasi.

Kegiatan warga bulu

Selain membuatkan blog khusus perkiraan cuaca, mas Andika juga sering menulis seputar kegiatan warga bulu di blog pribadinya. Sehingga blog mas Andika www.perahulayarkertas.web.id sangat dirasakan manfaatnya oleh warga bulu. Event yang bakal diadakan juga tertulis diagenda blog mas Andika. Warga bulu atau Bancar bisa berkunjung ke blog mas Andika untuk mengecek ada event apa saja yang akan berlangsung.

Aplikasi desa

Selain pembahasan seputar daerah, di blog mas Andika kita juga bisa belajar seputar komputer dan sofware. Ada juga aplikasi karya mas Andika yang bisa diunduh di Playstore. Aplikasi tersebut sangat bermanfaat untuk anak-anak. Ada aplikasi Sains for kids dan ada juga Tauhid for kids serta ada juga aplikasi bermanfaat lainnya karya mas Andika. Semua bisa diunduh melalui blog mas Andika secara langsung maupun dari playstore.

Bangga bisa mengenal mas Andika yang bisa Memanfaatkan Blog Sebagai Sumber Informasi Warga, keberadaan blognya mampu memberikan sejuta manfaat untuk masyarakat sekitar. Ilmunya benar-benar dimanfaatkan untuk kebermanfaatan orang banyak.


Artikel menarik lainnya...

28 thoughts on “Memanfaatkan Blog Sebagai Sumber Informasi Warga

  1. Senang ya bisa kenal mas Andhika, yang mau meluangkan waktu, membantu blogger gaptek macam saya. Ilmu yang bermanfaat. Selain itu saya jadi tahu keadaan Bulu, Bancar seperti apa.

  2. Dengan menjadi blogger, tentunya keberadaan kita akan dikenal masyarakat luas. Bukan hanya diri kita sendiri saja, tetapi jika kita mempublikasikan keadaan yg ada di lingkungan kita, seperti yang dilakukan oleh mas Andika ini, tentu pula dapat memberikan informasi kepada masyarakat luas.

    Top mas Andika.

  3. Senang ya membaca tentang seseorang yang hobi menulisnya dimanfaatkan untuk masyarakat sekitarnya. Hebat.

    Apalagi kalau warga masyarakat jadi paham cara penggunaan internet, semisal untuk menemukan informasi semacam tadi. Semoga semangat mas Andhika, menular pula pada blogger blogger muda seperti kita semua.

    Didoakan.

  4. Nah begini seharusnya blog dimanfaatkan, sebagai media untuk menyebar informasi yang berguna, bukan media untuk menyebar hoax kayak belakangan ini yang lagi marak, semoga saja makin banyak blogger yg bisa bermanfaat bagi orang lain.

  5. Menjadi blogger yang bemanfaat bagi orang banyak memang punya kebanggaan tersendiri, bisa berbagi informasi dan ilmu pengetahuan ke orang lain juga.

    Dan yang paling penting bisa menghasilkan uang juga mas, karena kalau kita niat ikhlas berbagi pasti ada imbalan yang setimpal.

    Saat ini aku ngeblog juga tapi belum bisa berbuat banyak, ya mungkin dari tulisanku yang sederhana bisa bermanfaat bagi pembaca setia Blog Santoz Ahmad hehe.

    Salam kenal ya mas, BLogger Grobogan Jawa Tengah.

  6. Sedikit banyak kalau kita menulis berdasarkan pengalaman pasti bermanfaat mas.
    Kalau kita rutin nulis, entah dri mana asalnya uang akan datang dengan sendirinya.
    Salam kenal juga mas.

  7. PErang blog tentunya sangat luas. Salah satu buktinya adalah peran informasi yang sangat dibutuhkan para nelayan.

    Ini keren, banget. Cuman ya itu semua harus dibarengi dengan pengetahuan yang baik mengenai programming seperti mas Andhika yang sudah jago buat aplikasi.

    Ikut bangga bisa jadi bagian blogger yang terus dan akan terus memudahkan masyarakat dalam kebutuhan akan informasi.

  8. Bagi para blogger yang belum pandai programming seperti saya, bisa menyajikan informasi yang bermanfaat sudah sangat bersyukur.
    Sebab bisa membantu masyarakat melalui tulisan sendiri adalah kebanggaan bagi saya pribadi.

  9. dunia blog saat ini emang ga sebooming beberapa tahun yang lalu,
    sudah banyak para blogger yang berali, walaupun masih banya juga yang konsisten.
    Sialnya aku justru baru serius ngeblog setahun yang lalu 🙁

    Menurutku blog ga cuma nulis dan share, blog punya makna yang luas.
    kita bisa gabung kominitas dan bertemu dengan orang-orang hebat !

    tetap konsisten ngeblogh ya kawan, jangan pernah lelah berbagi info gratis ke khalayak ramai :v

  10. sama mas khairul, saya baru kenal blog juga setahun terkhir. Disaat orang-orang sudah banyak yang sukses menerbitkan tulisan diblog, tapi kita baru memulai. Tapi saya selalu semangsat karena tidak ada kata terlambat.

    Semoga kita selalu memberikan informasi yang bermanfaat seperti mas andika. Dan silaturahmi bisa selalu terjalin.

  11. yap, banyak blogger yang berlomba2 menerbitkan tulisan tapi tidak banyak blogger yang bisa memberi bobot informasi yang informatif dan edukatif buat pengakses internet atau warga dunia maya. Keren ya, bakat di blog bisa digunakan untuk membantu warga bulu.. itu sih, kontribusinya udah besar banget buat warga. Nulis seputar warga, bantuin warga, wih..

  12. yaps, sakarang ini banyak penulis blog tapi masih sedikit yang bisa memberikan manfaat kepada warga sekitar. Beruntung warga bulu punya blogger seperti mas Andika, sehingga para nelayan banyak yang terbantu.

  13. Hebat itu ketika seorang yang memiliki ilmu dan mau membagikannya. Termasuk mas andika ini. Bisa menganilis kebutuhan dan membantu solusi kepada masyarakat. Oh ya aku mau tanya tuh, mas andika kan sudah menyebarkan informasi terkait perkiraan cuaca. Nah apakah nelayan sudah mendapatkan informasi tersebut? Seperti umumnya petani, profesi nelayan kok sekarang ini hanya dilakukan oleh orang tua. Apakah mereka sudah melek teknologi atau belum. sehingga informasi yang diberikan mas andika ini tepat sasaran sesuai tujuan awal.

  14. Kalau untuk mas andika sih tepat sasaran mbak, artinya blog itu dibuat karena adanya kebutuhan informasi cuaca dari para nelayan. Kebetulan mas andikanya kan bekerja di UPT pelabuhan dan pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan setempat bagian humas sistem informasi. Jadi dibuatlah blog tersebut untuk memenuhi kebutuhan informasi cuaca kepada masyarakat.

  15. Blogger yang benar-benar menginspirasi orang lain ya Mas Andhika ini. Berusaha membantu orang di sekitarnya dengan keahlian yang dia bisa. Mementingkan orang lain.
    Yah, menurutku sih semua orang wajib melek teknologi. Seperti apa yang diusahakan mas Andhika. Untungnya masyarakat disana juga melek teknologi. Apalagi di zaman sekarang kebanyakan hp-nya sudah Android. Semoga blog-nya lanjut terus dan tidak terbengkalai

  16. Nah itu yang penting mas, kalau sudah bisa memberi manfaat meskipun itu hal kecil. Tapi kalau tidak konsisten sama saja…
    Tapi kalau mas Andika saya yakin akan selalu konsisten selama masih berkantor di UPT bulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *