Membuat SIM baru di POLRES Tuban Langsung Jadi

Diposting pada
Membuat SIM baru di POLRES Tuban – SIM adalah salah satu dokumen penting yang wajib Anda miliki jika Anda mengemudikan sendiri suatu kendaraan bermotor. Di Indonesia, SIM adalah bukti registrasi dan identifikasi yang diberikan oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri) kepada seseorang yang telah memenuhi persyaratan administrasi, sehat jasmani dan rohani, memahami peraturan lalu lintas, dan terampil mengemudikan kendaraan bermotor. Sebelum masuk ke cara pembuatan SIM, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis SIM. Di Imdomesia, SIM terbagi menjadi 2 jenis yang terbagi lagi beberapa tingkatan:

Baca juga : Persyaratan membuat SKCK di Polres Bancar

1. SIM kendaraan bermotor perseorangan.

     Terbagi menjadi beberapa tingkatan yaitu :
a. SIM D, untuk kendaraan bermotor yang di buat khusus bagi penyandang disabilitas.
b. SIM C, untuk kendaraan bermotor roda 2.
c. SIM A, untuk mengemudikan mobil penumpang dan barang perseorangan dengan jumlah berat yang di perbolehkan <3500 kg
d. SIM B1, untuk mengemudikan mobil penumpang dan barang perseorangan dengan jumlah berat yang di perbolehkan >3500 kg
e. SIM B2, untuk mengemudikan kendaraan alat berat, kendaraan penarik, atau kendaraan bermotor dengan menarik kereta tempelan atau gandengan perseorangan dengan berat yang diperbolehkan untuk kereta tempelan atau gandengan lebih dari 1.000 kg.

2. SIM kendaraan bermotor umum.

a. SIM A umum, untuk mengemudikan mobil umum dan barang dengan jumlah berat yang diperbolehkan tidak melebihi 3.500 kg.
b. SIM B1 umum, untuk mengemudikan mobil penumpang dan barang umum dengan jumlah berat yang diperbolehkan lebih dari 3.500 kg.
c. SIM B2 umum, untuk mengemudikan kendaraan penarik atau kendaraan bermotor dengan menarik kereta tempelan atau gandengan dengan berat yang diperbolehkan untuk kereta tempelan atau gandengan lebih dari 1.000 kg.
Setelah kita tahu jenis-jenis SIM, segera kita mengurus SIM sesuai kebutuhan kita. Yang wajib pastinya SIM C, karena hampir semua orang sekarang ini punya kendaraan roda 2. Lalu bagaimana cara agar kita memperoleh SIM A?
Bagi warga Tuban Jawa Timur, untuk bisa memiliki SIM C dan lainya kita langsung saja datang ke kantor POLRES Tuban. Disana kita akan menjalani beberapa rangkaian tes. Beikut beberapa panduan yang bisa saya berikan :

Membuat SIM baru di POLRES Tuban…

– Silahkan datang  ke POLRES Tuban jangan lupa membawa kartu identitas KTP.
– Setelah sampai di POLRES, silahkan parkir motor di tempat yang telah di sediakan. Letaknya sekarang di lapangan sebelah POLRES.
– Laporan ke petugas yang menjaga pos di depan, disini kita akan di mintai KTP untuk di data di buku tamu serta dilakukan pemeriksaan terhadap tas/barang yang kita bawa. Serta jaket yang kita pakai akan di suruh melepas.
– Setelah itu langsung saja menuju ke tempat pembuatan SIM, tempatnya berada di belakang (bisa tanya ke bapak yang sedang bertugas).

a. Jadwal membuat SIM baru di POLRES Tuban

Membuat SIM baru di POLRES Tuban

b. Persyaratan membuat SIM baru di POLRES Tuban

– Sebelum masuk, silahkan siapkan persyaratanya dahulu.
Membuat SIM baru di POLRES Tuban dengan mudah
– Untuk foto copy KTP dan map berwarna bisa kita dapatkan di foto copy sebelah baratnya masjid ,cukup membayar 3000 kita sudah mendapatkan map berwarna beserta foto cpy KTP kita 2 lembar.
– Setelah kalian mendapatkan map berwarna dan foto cpy KTP, selanjutnya adalah tes kesehatan. Untuk Surat keterangan sehat bisa didapatkan di puskesmas di daerah. Atau jika anda terlanjur ke POLRES TUBAN anda bisa datang ke PUSKESMAS dekat POLRES TUBAN. Jaraknya hanya 300 meter sebelah timur POLRES Tuban. Bisa anda cari di google maps dengan kata kunci UPTD PUSKESMAS TUBAN. Biaya membuat surat sehat GRATIS di UPTD Puskesmas Tuban.

c. Proses membuatan SIM baru di POLRES Tuban…

  • Mengisi formulir, Setelah semua persyaratan lengkap. Silahkan anda masuk ke ruang pendaftaran. Anda akan diminta untuk mengisi formulir. Tempat untuk mengisi formulir sudah tersedia beserta perlengkapan seperti Bulpoin dan contoh mengisi formulir yang benar.
  • Menyerahkan formulir ke LOKET, Segala persyaratan dan formulir yang sudah anda siapkan akan di data di bagian loket dan akan diinput ke komputer.
  • Foto dan Rekam sidik jari, Setelah data anda diinput, anda akan dipanggil untuk memasuki ruang foto bergantian dengan pendaftar lain.
  • Ujian teori, Setelah anda selesai foto dan rekam sidik jari. Map berwarna beserta persyaratan akan diberikan kembali. Selanjutnya silahkan serahkan map berwarna ke petugas yang menangani ujian teori. 
  • Ujian praktik, Ujian praktik ini bisa anda ikuti setelah anda dinyatakan lulus ujian teori dengan syarat minimal nilai lulus adalah 70. Ujian praktik ini terdiri dari jalan lurus, jalan melingkar angka 8, jalan zig zag, leter “U”(roda depan harus menyentuh garis), jalan dengan instruksi petugas.
  • Ujian praktik jalan raya, Ujian praktik jalan raya ini merupakan ujian terakhir pembuatan SIM. Anda harus menguasai 12 gerakan pengaturan lalu lintas. Silahkan anda cari do youtube agar lebih jelas.

d. Tips ujian SIM C di POLRES Tuban

– Ujian teori. Dalam ujian teori, anda harus mendapatkan nilai minimal 70 dari 30 soal yang di ujikan agar bisa lulus dan bisa mengikuti tes selanjutnya. Ujian teori sudah berbasis komputer dan menggunakan sistim online. Soal ujian berupa video dan audio yang harus anda perhatikan. Ujiannya menurut saya sangat mudah asal anda benar-benar memperhatikan video dan audio yang diputar. Dengarkan peryataannya kemudian cocokkan dengan video. Apakah sesuai dengan pernyataannya, jika iya tinggal menjawab BENAR, jika tidak euai silahkan jawab SALAH. Mudah kan?…

– Ujian praktik. Dalam ujian praktik, bagian tersulit adalah mengelilingi angka 8 tiga kali serta putar balik dengan roda depan harus menyentuh garis. Tips dari saya adalah, gunakan motor dengan body kecil. Seperti honda beat lama. Kebetulan saat saya praktik meminjam motor beat lama teman, jadi sekali coba langsung lulus.

– Ujian jalan raya.  Ujian jalan raya dilaksanakan di lapangan belakang POLRES Tuban. Pendaftar akan megelilingi lapangan sebanyak 2 kali dan harus mengikuti instruksi 2 petugas yang sudah berada pada posisinya masing masing. Setiap ada petugas berdiri, berarti disitu kita anggap perempatan jalan raya. Tugas anda adalah mengikuti instruksi petugas. Silahkan cari di youtube 12 gerakan mengatur lalu lintas.

Kesalahan yang sering terjadi pada ujian praktik ini adalah, banyak peserta yang salah jalur. Ingat bahwa polisi berdiri tepat ditengah perempatan, jadi anda harus lewat disebelah kiri petugas. Kesalahan berikutnya adalah banyak peserta yang lupa menyalakan lampu sein saat mau berbelok arah. Ingat juga bahwa meskipun anda ujian praktik jalan raya di lapangan, tapi anggap bahwa anda sedang berkendara di jalan raya.

Bagaimana jika ujian SIM C di POLRES Tuban gagal?

Jika anda gagal, anda akan diberi kesempatan untuk mengulang sampai anda benar-benar lulus. Untuk waktu mengulang dari setiap ujian berbeda-beda. Ujian teori = 1 minggu, Ujian praktik = 1 minggu, Ujian praktik jalan raya = 3-4 minggu. Karena ujian praktik jalan raya memiliki waktu mengulang yang sangat lama, jadi saya tekankan sekali lagi silahkan hafalkan 12 gerakan pengaturan lalu lintas. Semoga artikel tentang pembuatan SIM di POLRES Tuban in bermanfaat.

Sekian tips membuat SIM baru di POLRES Tuban. Jangan lupa share ke temanmu yang akan membuat SIM.


Artikel menarik lainnya...

10 thoughts on “Membuat SIM baru di POLRES Tuban Langsung Jadi

  1. Sim online, bermasalah..
    Bagi orang orang luar tuban yang msu buat sim di tuban hanyalah mimpi belaka..

    Website resmi korlantas polri bermasalah sudah satu tahun lamanya.

  2. Semoga tuban terus berbenah dalam aspek pelayanan masyarakat berbasis online ya gan. Kita semua mau urusan administrasi mudah dan cepat melalui sistem online>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.