Kenangan saat sd

Kenangan Saat SD, Sekarang Gimana Ya?

Diposting pada

Kenangan saat SD – Berbicara mengenai kenangan saat masih duduk di bangku SD dulu, rasanya tidak ada habis-habisnya. Hampir setiap orang punya kenangan masing-masing saat SD. Dan kenangan waktu SD menurut saya adalah kenangan yang paling berkesan. Menginngat kenangan saat SD selalu mempu menghibur hati dan sadar ternyata kita dulu pernah polos dan jadi anak-anak juga. Hiks hiks hiks:v

Jika SD kamu dulu di era 90an, pasti sedikit banyak kenangan yang akan saya ceritakan dibawah ini memiliki kesamaan. Meskipun tidak semua saya ingat, namun saya yakin kamu punya kenangan sendiri yang tidak terlupakan. Jangan lupa bagikan kenanganmu saat SD melalui kolom komentar. Berikut ini kenangan saat SD yang bakal bikin kamu senyum-senyum sendiri.

Baca juga : Fakta kehidupan di Desa yang bikin kamu rindu kampung halaman

Kenangan saat SD yang selalu bikin kamu ingin kembali di masa itu…

1. Tahun ajaran baru = Seragam baru, Buku baru dan tas baru.

Entah kenapa ya. Dulu setiap tahun ajaran baru selalu identik juga dengan yang baru. Contohnya seragam, buku dan sepatu. Padahal barang-barangmu itu masih bagus. Bayangkan saja, SD kan 6 tahun, kalau setiap tahun serba baru kan kasihan orang tua. Mungkin namanya anak-anak, pengen selalu terlihat kece dan belum tahu kebutuhan orang tua.

Kalau sekarang gimana ya? Anak SD sekarang mungkin gak terlalu memikirkan perlengkapan yang setiap tahun harus ganti. Karena sekarang ada HP, sudah pasti mending ngece temen-temen pake HP baru dari pada seragam baru. Oh iya, tradisi injak sepatu baru milik teman sekarang masih ada gak ya? atau sekarang ganti injak HP teman. Hiks hiks hiks…

2. Menulis halus yang bikin pegel & Imunisasi yang bikin girang

Masih ingat dengan pelajaran menulis halus atau tegak bersambung? Iya itu. Menulis di buku bergaris dan yang biki tangan pegel. Menulis halus adalah salah satu pelajaran yang tidak saya sukai. Bayangkan saja, 1 jam pelajaran cuma buat nulis dan 1 sisi kertas tulis tidak pernah penuh. Tapi meskipun dulu selalu mengeluh setiap disuruh menulis halus, entah mengapa sekarang kalau ingat bikin kangen. Apalagi pas selesai itu, pasti tangannya pada di kibas-kibas.

Berbeda dengan menulis halus yang bikin tangan pegel. Kenangan saat SD dulu yang paling berkesan adalah Imunisasi atau lebih tepatnya perbaikan gizi. Saat SD dulu disekolah selalu diberi asupan gizi setiap hari jumat sebelum jam istirahat. Biasanya berupa gorengan isi sayur dan susu. Jadi yang bikin seru adalah, sebelum jam pembagian makanan, semua siswa berjubel dipinggir pagar kayak melihat rombongan presiden lewat. Kemudian rame-rame berteriak “tek ndumi jajan” (dikasih makanan) berulang-ulang. Ah, masa itu. Sellu bikin rindu.

Kalau anak SD sekarang kayaknya udah gak kegirangan ketika dikasih makanan. Karena saat jam istirahat sudah banyak penjual makanan.

3. Pemeriksaan kuku & Baris rapi sebelum masuk kelas.

Salah satu yang bikin kamu ingin kembali ke masa SD adalah kedisiplinannya. Anak jaman dulu memang terkenal rajin-rajin dan memiliki budaya belajar yang lebih baik di bandingkan anak sekarang yang sudah banyak tertulari HP dan TV.

Salah satu contoh kecil adalah baris didepan kelas setiap jam pelajaran akan dimulai. Para siswa dibariskan didepan kelas masing-masing menjadi 3 barisan panjang kebelakang atau 3 banjar. Baris yang paling anteng biasanya akan masuk kelas lebih dulu. Namanya anak-anak, pasti ada aja anak SD yang caper. Sok berisik agar masuk kelas paling akhir. Biasanya sih anak cowok yang caper ke temen-temen cewek. Sebelum memasuki kelas, setiap siswa mencium tangan guru sambil di cek kebersihan kukunya. Siswa yang ketahuan kukunya panjang, dilarang masuk kelas. Hukumannya adalah memotong kuku di tengah lapangan.

Kalau sekarang gimana ya? Kayaknya sih sudah gak ada. Sudah cukup berdoa didalam kelas sebelum memulai jam pelajaran.

4. Uang saku yang Unyu-Unyu

Waktu SD dulu uang saku adalah salah satu yang bikin semangat sekolah. Tapi tidak dapat uang saku bukan berarti gak mau sekolah. Namanya juga anaknya petani, uang setiap hari gak selalu ada. Meskipun masih SD, kita sudah bisa memaklumi itu.

Uang saku saya dulu saat SD paling banyak adalah Rp. 500 .Itupun udah bisa beli apa aja. Buat beli nasi 200, beli minum 100. Sisa 200 buat beli jajan (jajan lidi dan bubuk susu) dan mainan miniatur kartun son goku. Hehehehe

Uang jajan anak SD sekarang berapa YA? :v

5. Jam istirahat adalah waktunya bermain

Jam istirahat adalah saat yang ditunggu tunggu. Begitu gong sudah berbunyi (maklum belum ada bel), kami langsung berhamburan keluar. Pertama kali yang dituju adalah penjual makan. Meskipun jam istrahatnya panjang, 1 jam. Kami selalu terburu-buru saat makan dan jajan. Karena ada hal yang sangat seru saat jam istirahat. Yaitu bermain.

Permainan jaman SD dulu sangat banyak dan beragam. Entah apa aja sebutannya yang saya ingat hanya cara memainkannya, namannya lupa. Mulai permainan yang memakai 100 batang lidi seukuran jengkal, 1 diantaranya lebih panjang. Kemudian semacam bola bekel, tapi pakai full batu, kemudian ada juga yang dari kerikil berjumlah 100 yang bisa diambil jika bisa di kasih garis tengah dan masih banyak lagi yang saya lupa. Kalau yang suka olahraga ya main sepak takraw dan bola voli.

Bagi kamu yang ingat permainan waktu SD bisa bantu komen dibawah ya.

Kelima hal diatas adalah kenangan saat SD yang tidak pernah terlupakan. SD saya dulu di SDN Sidomulyo Bancar Tuban. Salam kenal, kamu dari SD Mana?


Artikel menarik lainnya...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *