5 Media Untuk Menyalurkan Hobi Menulis

Diposting pada

Media Untuk Menyalurkan Hobi Menulis – Halo apa kabar sobat punakawanku? Lama ya tidak menyapa kalian lewat tulisan-tulisan yang biasanya rutin diterbitkan dari blog punakawanku. Biasa, si admin sedang kena penyakit M. Hehehehe…

Tapi akhirnya setelah beberapa minggu tidak menyentuh blog, pada kesempatan kali ini kita akan membahas media untuk menyalurkan hobi menulis.

Menulis menurut saya bukanlah sesuatu yang mudah, karena jujur saja jika tidak di asah sejak dini. Maka akan sering mengalami stuck, atau berhenti pada kalimat tertentu dan sulit mencari kalimat selanjutnya.

Banyak alasan mengapa orang ogah untuk menulis. Ada yang beralasan bukan hobi, tidak ada inspirasi, tidak percaya diri bahkan ada yang beralasan bingung mau nulis apa.

Menulis itu bisa tentang apa saja. Lebih mudahnya menulis tentang apa yang kita senangi. Bisa tentang catatan harian, fiksi, dari hobi sampai tips dan tutorial bisa kita tulis. Namun untuk mendukung semua tulisan tersebut agar bisa tersalurkan dibutuhkan suatu media. Dengan media ini akan mempermudah anda menyalurkan hobi menulis.

5 media untuk menyalurkan hobi menulis

1. Diari

Diari bisa menjadi salah satu media untuk mengasah kemampuan menulis kamu. Menulis di buku diari bukan berarti harus menulis sesuatu yang melow, yang hanya membuat kamu gagal move on. Dengan diari, kamu bisa menulis apa yang kamu pelajari hari ini, refleksi harian hingga menulis ide-ide kreatif yang ingin kamu wujudkan.

2. Sosial Media

Siapa sih sekarang ini yang tidak punya akun sosmed, mulai Facebook, Instagram, Twitter Line dll. Lantas sudah kamu gunakan untuk apa saja akun sosial media kamu?

Apakah hanya sekedar mempublish foto dengan beberapa kata saja. Atau hanya sekedar untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga?

Mulai sekarang, sosial media bisa kamu jadikan sebagai media untuk menyalurkan bakat menulis kamu. Menulis di sosial media lebih besar manfaatnya karena tulisan-tulisan kamu bisa dilihat oleh semua teman. Senang kan tulisanmu di baca banyak orang?

Jadi jangan hanya sekedar membuat status dan upload foto saja. Jadikan sosial mediamu sebagai media menulis yang bermanfaat untuk orang disekitarmu.

3. Buku

Nah ini adalah salah satu media terbaik. Buku adalah kartu nama dalam kehidupan. Paling tidak selama hidup tulislah satu buku. Itu minimal sih. Lebih banyak tentu lebih baik. Sensansinya pun akan berbeda. Coba bayangkan sebuah buku, lalu tertulis namamu di covernya. Terbayang? Sangat mengesankan bukan?

Namun untuk bisa membuat 1 buku tidaklah mudah, butuh waktu, tenaga dan biaya. Sehingga buat kamu yang terbatas waktu sampai biaya, buku bukanlah media yang kurang cocok. Kamu bisa mencari media lain yang lebih cocok. Karena menulis itu tidak terbatas oleh apapun.

4. Content writer

Jika kamu tidak ingin menggunakan domain sendiri dan tetap eksis di dunia penulisan online, menjadi contentwriter bisa menjadi salah satu solusi. Sederhananya, contentwriter ini menjadi kontributor di blog orang lain dan setiap tulisa atau view yang kita dapatkan akan dibayar oleh pemilik domain. Seru kan, menulis bisa langsung di bayar. Ada banyak yang butuh jasa seperti ini. Beberapa diantaranya UCnews, Babe, Kumparan, Dll.

Bahkan jika kamu berminat, blog punakawanku siap menerima tulisanmu tentang apa saja. Dan tulisanmu akan dibaca oleh banyak orang dan bisa dengan mudah ditemukan melalui pencarian google. Bangga kan?

5. Blog

Yess, blog adalah media terbaik menurut saya saat ini dan selamanya. Mengapa tidak? Blog adalah media yang paling potensial untuk menulis. Tanpa batasan karakter ataupun penggunaan content. Pun jika kamu mempunyai domain sendiri. Apalagi jika sudah resmi menggunakan .com seperti punakawanku.com lebih resmi dan keren.

Tantangannya hanya pada kerumitan jika kamu ingin mendesain lebih detail. Tapi percayalah itu semua bisa dipelajari. Bahkan oleh kamu yang buta coding sekalipun. Blog ini pun desainnya sangat sederhana. Dan jujur, saya tidak ahli dengan coding.

Menulis di blog anda tidak perlu khawatir dengan biaya, tidak perlu khawatir tidak ada yang membaca. Kamu bisa membuat blog gratis dan tulisanmu akan masuk kedalam search engine google. Sehingga tulisanmu akan banyak yang membaca dari hasil penelusuran google.

Bukan hanya itu saja, blog kamu meskipun masih gratisan, jika banyak pengunjungnya maka sangat berpotensi sekali untuk mendapatkan uang. Kamu akan dibayar dari iklan yang ditampilkan di blog kamu oleh google adsense. Wow, amazing kan?

Lebih jelasnya kamu bisa baca disini cara menghasilkan uang melalui blog

Dari 5 Media Untuk Menyalurkan Hobi Menulis diatas pasti sobat bisa memilih salah satunya. Intinya adalah, menulis itu tidak terbatas oleh apapun. Bahkan anda bisa menulis pada kolom komentar dibawah ini, hehehehe.

So, keep calm and writing.


Artikel menarik lainnya...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *