Penipuan Berhadiah dari TELKOMSEL melalui ATM Mandiri E-Cash

Diposting pada

Hati-hati modus penipuan melalui undian berhadiah!!!

Penipuan ini saya alami pada malam hari ,21:25 WIB minggu 23 Oktober 2016. Saat enak-enaknya lihat tv,tiba” saya mendapatkan telpon dari nomor telkomsel ke nomer telkomsel saya. Katanya saya menang undian uang sebesar 10jta+pulsa 1jta. Awalnya feeling saya sudah benar klo ini penipuan, tetapi saya mulai percaya ketika saya tidak di mintai apa-apa kecuali hanya menuju ke mesin atm MANDIRI terdekat. Sebelum berangkat, ada beberapa instruksi yang saya terima, saya di beri kode PIN yaitu 3811, selama perjalanan menuju ke mesin atm mandiri, telepon tetap hidup, tidak boleh dimatikan. Setelah sampai di mesin atm, saya di minta menyambung pembicaraan via telpon tdi dengan obrolan awal ” hallo pak irawan(org yg menelepon sya) saya sdah di mesin atm. 
Selanjutnya saya mengikuti instruksi yang di berikan.
1. Memasukkan kartu atm saya (BRI)
2. Pilih bahasa indonesia.
3. Transaksi lainya.
4.info saldo.
Nah sampai disini tiba” password yg saya masukkan tadi salah. Sampai saya coba 3x tidak bisa. Hingga akhirnya atm saya terblokir. Aneh bin ajaib,pdhl saya ingat betul password saya karena saya ambil dari tanggal spesial dengan pasangan saya.
Selang beberapa menit,saya mendapat sms dari MANDIRI , saya baru saja menerima transfer uang sebesar Rp. 10,00 rupiah dari rekening bla bla bla. Semakin bingung juga, biasanya penipumemakai nomor telpon biasa,tpi ini sms bener” dari MANDIRI. Tapi kenapa cuma 10 rupiah?

Telpon masih terhubung, saya bilang ke penipu kalau saya salah memasukkan PIN atm, dan ATM saya terblokir. Saya semakin curiga ketika penipu ini menanyakan atm lain yang saya miliki agar hadiah segera bisa di cairkan. Dengan semakin curiga, saya bilang saja tidak ada atm lain. Tiba- tiba saja penelpon menanyakan jumlah saldo di atm BRI saya, saya bilang saja dengan jujur kalau cuma ada 40rbu hehehehe ,untung saja beberapa bulan ini saya menganggur, jadi atm pun mulai mengering. ada untungnya juga, jadi korban penipuan tetapi bukan ketipu uang jutaan,malah nambah info baru tentang modus penipuan.
Sukur alhamdulillah ,setelah saya cari-cari info ternyata ini adalah modus penipuan dengan trik baru yg saya ketahui+alami. memang benar saya menerima transfer uang sebesar 10 rupiah, tapi saldo atm saya pun juga hanya bersisa 10 rupiah.
Penipuan Berhadiah dari TELKOMSEL melalui ATM Mandiri E-Cash
Penipuan Berhadiah dari TELKOMSEL melalui ATM Mandiri E-Cash
Dari instruksi-instruksi di atas, saya mencari beberapa informasi terkait tentang modus kejahatan penelpon. Ternyata penelpon memanfaatkan fitur Mandiri E-Cash untuk menipu saya.
Mandiri E-Cash sendiri adalah fitur yang disediakan oleh Bank Mandiri, yg dapat dimanfaatkan oleh nasabah/non nasabah untuk bertransaksi dengan uang elektronik. Pengguna yang ingin memanfaatkan fitur ini cukup mendaftarkan diri dengan nomer HP. Pendaftarannya juga sangat mudah dan cepat.
Dengan memanfaatkan fitur Mandiri E-Cash penelpon mencoba menipu saya. Penelpon seolah-olah ingin memberikan uang, padahal sebenarnya penelpon ingin mengambil uang saya yang ada di ATM. Cara kerjanya, saat sudah masuk ke menu Mandiri E-Cash, penelpon mencoba meyakinkan bahwa hadiah uang yang akan dikirimkan adakah atas nama saya. Inilah kenapa kita pasti ditanya tentang nama penerima hadiah. Dan benar nantinya akan muncul nama yang saya sebutkan, karena mereka sudah membuatkan akun Mandiri E-Cash atas nama saya dengan nomer HP mereka. Selanjutnya ketika saya memasukkan kode hadiah dan PIN, ini sebenarnya adalah kode nomer telepon mereka dan PIN nya adalah jumlah uang yang akan mereka ambil.
Mereka bisa tahu dari saldo ATM yang pernah saya sebutkan. Jadi, misalkan admin menyebutkan saldo yang masih ada di ATM ada 5.000.000 (7 digit), maka penelpon akan membuatkan PIN yang lebih rendah dari jumlah tersebut, misalkan saja PIN yang diberikan adalah 4912345. Maka sejumlah itulah uang kita akan ditransfer ke rekening Mandiri E-Cash mereka.
Demikian pengalaman yang saya alami ,semoga bisa membantu teman” semua. Jika ada hal-hal yang mencurigakan,utamakan untuk tanya dahulu ke kerabat terdekat atau bisa juga search di google.

WASPADALAH!!!


Artikel menarik lainnya...

12 thoughts on “Penipuan Berhadiah dari TELKOMSEL melalui ATM Mandiri E-Cash

  1. Alhamdulillah, trimksh utk infonya.. Barusan saya dpt telp dan disuru ke mesin atm, tp sy tutup dgn alasan hrs menghubungi kakak sy yg bawa kartu atm sy.. Sy cari di google trnyta mirip bgt kisah awalnya.. Thx

  2. Alhamdulillah…..barusan saya dapat telpon katanya dapat uang cash Rp. 10 Jt + pulsa Rp. 500 rb…saya harus ke ATM Mandiri, saya bilang jaraknya 2 Km jadi perlu waktu kesana, telpon saya tutup…..saya broushing ketemu tulisan ini, ternyata begitu cara penipuan mereka, tks

  3. tadi nomor ayah saya ditelepon dengan nomor 0812—-123, hanya 11 digit. katanya, nomor ayah saya terpilih sebagai pemenang menerima hadiah jelang lebaran sebesar 7.500.000. Ya setelah teleponnya terputus, tiba2 ada pesan setelah menelepon,katanya "Selamat anda mendapatkan hadiah sebesar 7.500.000 dari telkomsel pusat jakarta hadiah jelang lebaran". dan setelah dikeluarkan pesan itu menghilang. Apakah itu beneran atau hanya modus tipuan agar pnerima terpedaya?

  4. Mungkin kejadian itu pas tepat telkomsel kena hack…
    Tapi mungkin ..
    Hehehe..
    Kan ada berita juga tentang telkomsel berhasil di jebol hacker.. kayaknya sih. Hehehe lagi mas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.