Tips Mengatur Waktu

Tips Mengatur Waktu Ala Supermom Blogger Asal Tuban

Diposting pada

Tips Mengatur Waktu – Saya sebagai seorang lelaki selalu merasa tercengang ketika melihat seorang wanita yang masih mau membantu memenuhi kebutuhan keluarga dengan bekerja. Entah itu sebatas freelance atau fulltime. Setahu saya lewat my mother, saya masih ingat betul bagaimana sibuknya seorang Ibu Rumah tangga. Mulai pagi hari harus sudah ke pasar, kemudian menyiapkan sarapan, mengantarkan saya sekolah, kemudian pulang untuk mengerjakan pekerjaan rumah lainnya, kemudian kembali menjemput saya disekolah. Sampai malam hari biasanya ibu saya masih sibuk merapikan pakaian bapak ataupun saya yang akan dipakai besok.

Melihat begitu sibuknya seorang ibu rumah tangga, saya sampai berkeinginan kelak istri saya tidak akan saya perbolehkan membantu mencukupi kebutuhan keluarga, cukup fokus mengurusi keluarga. Kalaupun harus terpaksa tidak bisa menolak suatu pekerjaan, maka harus mempekerjakan asisten rumah tangga. Setidaknya mampu mengurangi pekerjaan istri saya. Tapi itu saya, berbeda dengan anda. Sebab ada beberapa ibu rumah tangga yang kurang klik jika pekerjaannya dikerjakan oleh orang lain, sebab secapek apapun tetap saja tanggung jawab ibu rumah tangga. Semakin capek semakin besar pahalanya. Melihat ibu saya yang tidak bekerja begitu sibuknya mengurusi rumah tangga, lalu bagaimana dengan ibu-ibu pekerja? Lelaki yang hebatpun tak akan sanggup menggantikan posisi ibu rumah tangga. Bagaimana cara mereka mengatur waktu, menjaga kondisi tubuh yang tak pernah lelah, selalu terlihat senyum indah tanpa beban dihadapan keluarganya? Sesuatu yang sulit dilakukan oleh siapapun tanpa didasari ketulusan yang luar biasa.

Baca juga : Blogger asal Tuban 

Untuk ibu rumah tangga seperti diatas patut disebut Supermom, tak peduli sesibuk apapun namanya tanggung jawab ya tanggung jawab. Jadi harus dikerjakan dengan tangan sendiri. Bagi para supermom, saya akan membagikan tips mengatur waktu ala supermom blogger asal Tuban. Namanya Bu Anis Khoir, seorang momblogger asal Tuban yang super sibuk mengurusi rumah tangga tetapi tetap bisa eksis di dunia blogging dan kepenulisan lainnya. Tips berikut ini bukan sembarang tips, sebab apa yang ditulis oleh Bu Anis merupakan sebuah pengalaman pribadinya. Lalu apa saja tips mengatur waktu untuk ibu rumah tangga yang super sibuk?

Tips Mengatur Waktu by Anis Khoir Supermom Blogger Asal Tuban

1. Melakukan List Pekerjaan

Menurut Bu Anis Khoir, melakukan list semua pekerjaan sangatlah penting. Dengan melakukan list, maka akan diketahui mana pekerjaan yang harus diselesaikan dahulu, mana yang tidak terlalu urgent, bahkan bisa untuk mengetahui pekerjaan yang harus disegerakan. Sehingga jika tidak didahulukan akan berdampak buruk.

2. Buat Daftar atau List Pekerjaan Prioritas

Ternyata bagi Bu Anis Khoir, mendaftar semua pekerjaan harian belumlah cukup. Harus ada daftar tambahan yang berisi pekerjaan pokok dan menjadi prioritas, waktu yang tepat untuk mendaftar adalah ketika bangun tidur. Kira-kira pekerjaan apa yang hari ini harus diselesaikan. Sebelum menyelesaikan pekerjaan pertama, jangan menyentuh pekerjaan lainnya. Itulah saran dari Bu Anis Khoir, tujuannya agar lebih tenang ketika mengerjakan pekerjaan berikutnya.

3. Menunda Pekerjaan Yang Bukan Prioritas

Salah satu tips jitu dari Bu Anis Khoir adalah menunda pekerjaan yang bisa dikerjakan diesok hari dan menyegerakan pekerjaan yang harus selesai hari ini. Misal saja dicontohkan oleh Bu Anis, pekerjaan mencuci baju. Jika hari ini capek atau harus mengerjakan lainnya, maka besoknya baru di rapel untuk mencuci.

4. Mendelegasikan Pekerjaan Ke Suami atau Orang Lain

Untuk tips berikut ini mungkin jarang dilakukan oleh ibu rumah tangga lainnya, yaitu ketika sudah mentok pekerjaannya tidak bisa diselesaikan, satu-satunya cara adalah meminta bantuan suami. Katanya sih selagi tidak mengganggu pekerjaan suami dalam mencari nafkah mengapa tidak. Toh meminta bantuan suami dapat meningkatkan keharmonisan keluarga dan rasa kasih sayang akan terus tumbuh. Serta komunikasi didalam keluarga semakin terjalin.
4 tips mengatur waktu ala Bu Anis Khoir diatas merupakan sedikit dari pengalaman beliau dalam mengatur rumah tangga. Masih ada banyak sekali tips tentang Keluarga, Parenting, serta pengalaman Beliau yang bisa dilihat melalui blog pribadinya di www.aniskhoir.com
 
Semoga tips diatas dapat membantu banyak supermom dalam mengatur waktu. Sehingga semua pekerjaan dapat teratasi tanpa menyita waktu emas bersama keluarga. Happy family….

Artikel menarik lainnya...

15 thoughts on “Tips Mengatur Waktu Ala Supermom Blogger Asal Tuban

  1. Saya pun sangat kagum dengan seorang ibu yang mau membantu suaminya untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Dan kehebatan seorang ibu yang seperti itu tidak mungkin bisa dilakukan oleh seorang suami. Kalau suami paling cuma bekerja, bekerja dan bekerja. Tapi kalau seorang ibu, sulit dibayangkan bagaimana kesibukan seorang ibu rumah tangga dalam mengatur waktunya.
    Jempol buat mbak Anis.. 👍👍👍👍👍

  2. Terima kasih untuk reviewnya.
    Rasanya masih jauh dari supermom, tapi melalui tulisan ini saya diingatkan untuk lebih banyak menulis lagi karena sekecil apapun pengalaman yg dibagi lewat tulisan bermanfaat bagi yg membutuhkan

  3. Emang hebat para emak-emak blogger, udah repot ama urusan rumah tangga masih aja di sempetin ngelakuin hal-hal lainnya di luar urusan rumah tangga.

    ngatur waktunya itu lo…

    salut saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.