8 Aktivitas Menyenangkan Orang Tua Bersama Anak

  • Whatsapp
Aktivitas Menyenangkan Orang Tua Bersama Anak

AKTIVITAS MENYENANGKAN ORANG TUA BERSAMA ANAK – Hi moms ! Semenjak diputuskan oleh pemerintah agar warga #dirumahaja, banyak instansi yang akhirnya memberlakukan libur akibat maraknya wabah virus covid-19.

Begitu halnya dengan instansi pendidikan, yang akhirnya meliburkan siswanya dan memberlakukan sistem pembeljaran di rumah. Mau tidak mau, moms harus menjadi guru privat ya selama 14 hari.

Bacaan Lainnya

Waktu 14 hari tidak sebentar loh moms, jangan sampai anak kita merasa bosan di rumah ya. Nah, aktivitas apa saja sih yang bisa moms lakukan di rumah bersama anak-anak? Berikut pilihannya.

Aktivitas Menyenangkan Orang Tua Bersama Anak Dirumah

1. BERJEMUR

Moms, selain untuk mengisi waktu bersama anak-anak, ternyata berjemur banyak manfaatnya loh. Faktanya, berjemur dibawah terik matahari pagi, bisa membunuh bakteri dan virus loh. Tentu saja ini sangat bermanfaat ditengah wabah virus covid-19. Cukup 10-15 menit, anak-anak pasti suka.

2. YOGA

Selama ini moms dan anak-anak disibukkan dengan tugas dan peran masing-masing. Apalagi anak-anak, mulai dari sekolah, ngaji, les privat, belum lagi kursus-kursus. Penat sekali ya moms. Momen liburan ini bisa dmanfaatkan untuk yoga bersama anak-anak. Selain untuk kesehatan, yoga juga bisa membuat pikiran rileks.

3. MAIN AIR SAMBIL CUCI-CUCI

Kegiatan yang satu ini pasti anak-anak suka moms. Sambil moms mencuci baju, anak-anak bisa berendam di bak air atau bisa menyemprot tanaman di halaman. Dijamin, anak-anak tidak akan bosan di rumah moms.

4. MENEMANI ANAK MENGERJAKAN TUGAS RUMAH

Liburan ternyata menyisakan banyak tugas sekolah ya moms. Tapi ada poin pentingnya moms, menemani anak mengerjakan tugas bisa memicu semangat mereka. Selain lebih dekat dengan keluarga, anak-anak juga lebih fokus saat didampingi oleh orang tua. Momen ini menjadi kesempatan yang tepat untuk membangun bonding dengan anak.

5. MEMBACA DONGENG

Menikmati waktu untuk bersantai, tidak harus dengan menonton tv atau bermain gadget ya moms, tapi bisa diisi dengan membaca dongeng bersama. Membacakan dongeng untuk anak, ternyata bisa melatih anak untuk terbiasa mendengarkan orang lain berbicara dan belajar untuk tidak memotong pembicaraan. Pesan yang disampaikan dalam dongeng juga menjadi nasehat dikemas dengan metode yang menyenangkan sehingga akan terus diingat oleh anak

6. MAIN PUZZLE

Selain membacakan dongeng, bermain puzzle juga merupakan kegiatan yang menyenangkan loh moms. Tidak hanya menyenangkan, tapi juga dapat mengasah otak, kemampuan kognitif, dan mempertajam ingatan. Pilih puzzle dengan potongan yang banyak ya moms, supaya anak-anak bisa menghabiskan waktu cukup lama untuk menyatukannya.

7. MENGGAMBAR

Moms juga bisa mengajak anak-anak untuk menggambar atau membuat prakarya selama di rumah. Beli beberapa alat menggambar dan kertas, lalu ajaklah anak untuk melukis tanaman atau benda di sekitarnya. Setelah selesai, bingkai lukisan atau prakarya yang dibuat bersama.

8. BELAJAR ONLINE

Moms, saatnya menjadi guru dadakan nih untuk anak-anak. Untuk murid-murid yang segera ujian, manfaatkan waktu di rumah untuk belajar demi meningkatkan kemampuan akademik anak. Minta anak baca kembali materi yang diberikan guru sekolah. Periksa juga situs-situs belajar online yang direkomendasikan Kemendikbud. Situs tersebut memungkinkan anak untuk belajar lebih interaktif, bisa lewat grafik dan video agar anak tak mudah bosan.

9. MEMASAK

Saatnya mencoba menu makasan baru nih moms. Karena anak-anak di rumah, jangan lupa libatkan mereka juga ya moms. Beri mereka tugas yang mudah untuk mereka kerjakan, misalnya saja memecahkan telur, mengaduk, dan sebagainya. Resep masakan bisa dari internet atau moms bisa berkreasi sendiri.

Waahh ternyata banyak juga ya moms Aktivitas Menyenangkan Orang Tua Bersama Anak di rumah. Jadi nggak ada kata bosan untuk anak-anak meskipun #dirumahaja. Selamat mencoba moms.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

2 Komentar

  1. Adik-adik saya di kampung disuruh berjemur sama ibu saya, apalagi itu aktivitas yang disarankan saat sekarang ini. Cuma sayangnya saya belum bisa pulang kampung, karena kondisi belum sepenuhnya aman. Kalau berjemur di depan kontrakan bisa sih, tapi malu sama tetangga. Kalau di kampung kan gak jaim-jaim banget

  2. kalau dikampung berjemur tiap hari kak,soalnya tiap hari ke sawah. Auto berjemur berjam-jam. hehehe