PENGERTIAN INFLASI, DEFLASI, DEVALUASI, REVALUASI, APRESIASI, DEPRESIASI DAN SANERING

  • Whatsapp
PENGERTIAN INFLASI DEFLASI DEVALUASI REVALUASI APRESIASI DEPRESIASI DAN SANERING

PENGERTIAN INFLASI, DEFLASI, DEVALUASI, REVALUASI, APRESIASI, DEPRESIASI DAN SANERING. Kita sering sekali mendengar istilah istilah dalam dunia ekonomi terutama perbankan yang pengucapannya hampir mirip.

Berikut ini berapa Istilah tentang Uang dalam dunia perbankan yang biasa kita temukan, antara lain: inflasi. deflasi, devaluasi, revaluasi, apresiasi, depresiasi, sanering.

Bacaan Lainnya

Beberapa istilah diatas sering kita dengar namun kita tidak paham apa artinya. Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini, yuk simak apa saja pengertiannya dari istilah tersebut.

PENGERTIAN INFLASI, DEFLASI, DEVALUASI, REVALUASI, APRESIASI, DEPRESIASI DAN SANERING

1. INFLASI

Inflasi adalah suatu keadaan dimana harga barang secara umum mengalami kenaikan secara terus menerus atau terjadi penurunan nilai uang dalam negeri.

2. DEFLASI

Deflasi adalah suatu keadaan dimana terdapat peristiwa penurunan harga barang umum secara terus menerus atau terjadi peningkatan nilai uang.

3. DEVALUASI

Devaluasi adalah kebijaksanaan yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk menurunkan nilai mata uang dalam negeri terhadap mata uang asing. Tujuannya adalah untuk meningkatkan jumlah ekspor ke luar negeri dan membatasi jumlah impor serta menambah devisa negara.

4. REVALUASI

Revaluasi adalah kebijaksanaan yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk meningkatkan nilai mata uang di dalam negeri terhadap mata uang asing.

5. APRESIASI

Apresiasi adalah suatu proses peningkatan nilai mata uang dalam negeri yang disebabkan oleh adanya mekanisme perdagangan.

6. DEPRESIASI

Depresiasi adalah suatu proses penurunan nilai mata uang dalam negeri yang disebabkan adanya mekanisme pedagangan.

7. SANERING

Sanering adalah kebijaksanaan pemerintan untuk mengurangi jumlah uang yang beredar dalam masyarakat dengan cara memotong uang (nilai mata uang). Cara ini dilakukan bila berbagai cara untuk menjaga kestabilan nilai mata uang tidak membawa hasil

Baca Juga : JENIS ELASTISITAS PERMINTAAN DAN PENAWARAN

Demikian peenjelasan singkat tentang Istilah istilah dalam dunia perbankan yang sering kita dengar. Sehingga kita tahu apa perbedaan INFLASI DAN DEFALUASI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.