Kesehatan Mental Terjaga Dengan Melakukan Ini

  • Whatsapp
Kesehatan Mental

Kesehatan mental – Sejak terjadi pandemi covid-19, banyak sekali dampak yang dirasakan oleh seluruh penduduk dunia. Covid-19 tak hanya mengancam kesehatan fisik saja, dampak yang ditimbulkan juga mengancam kesehatan mental. Untuk itu wajib bagi setiap orang untuk melakukan kegiatan berikut ini agar bisa menjaga kesehatan mental dengan baik.

Akibat dari pendemi yang kian meluas, tentu akan menimbulkan rasa takut dan cemas. Ditambah lagi kebijakan pemerintah untuk menjaga diri dari keramaian. Membuat jarak dengan orang-orang sekitar, tempat ibadah dan tempat-tempat hiburan.

Bacaan Lainnya

Akibatnya banyak sekali yang merasakan keadaan ini sebagai beban besar. Bila terus terjadi, maka akan mengganggu kesehatan mental.

Kesehatan Mental Yang Bakal Kamu Alami Selama Pandemi

Banyak penyebab yang bisa mengganggu kesehatan mental kamu selama pandemi ini. Seperti rasa ketakutan berlebih, bosan setiap hari dirumah aja, mau kemana-mana tidak bisa. Bahkan yang paling besar dampaknya diakibatkan oleh hilangnya penghasilan.

Sejak diterapkannya PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar banyak industri atau usaha yang ditutup untuk mencegah penyebaran COVID-19. Sehingga banyak yang kehilangan pekerjaan. Untuk mengatasi hal ini pemerintah juga sudah menyediakan bantuan agar merekayang terdampak tetap ada pemasukan.

Biasanya yang sering terganggu kesehatan mentalnya adalah anak-anak karena tidak bisa sekolah, petugas medis yang kuwalahan dengan semakin banyaknya pasien tertular, serta mereka yang kehilangan pekerjaan.

Tekanan mental yang berlebih bisa menimbulkan gangguan seperti :

  • Kesehatan fisik ikut terganggu, terlebih bagi yang sudah mengidap penyakit bawaan seperti diabetes dan hipertensi.
  • Kecemasan dan ketakutan yang berlebihan
  • Perubahan pola makan dan tidur juga bisa mengganggu kesehatan fisik.
  • Sulit berkonsentrasi karena memikirkan beban hidup selama Pandemi.

Cara Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi Berlangsung

Tetap Beraktifitas Meskipun Dirumah Aja

Meskipun selama pandemi ini kita dirumah aja, kamu tetap bisa melakukan aktifitas agar kesehatan mental kamu tidak terganggu.

Selama dirumah kamu bisa ngelakuin banyak hal seperti bersih-bersih, bereksperiman dengan aneka resep masakan hingga melakukan berbagai aktifitas menyenangkan bersama anak dirumah.

Melakukan Olahraga di Dalam Rumah

Meskipun kamu berada di dalam rumah, kamu tetep bisa kok melakukan olahraga ringan. Kamu bisa lari-lari kecil didalam rumah, llompat, atau naik turun tangga. Dengan melakukan aktivitas fisik seperti itu, tubuh kita akan mengeluarkan hormon endorfin yang bisa membantu mengurangi stress, meredakan khawatir yang berlebihan, dan bisa menjadi moodboster.

Membantu Orang Lain Yang Membutuhkan

Selama pandemi ini, banyak yang terdampak secara ekonomi. Banyak orang yang kehilangan pekerjaan, usaha kecil pada tutup. Hampir semua orang mengalami kesulitan dalam hal ekonomi.

Dalam keadaan seperti ini, kamu bisa membantu sesama dimulai dari saudara atau tetangga. Kamu bisa menjadi harapan bagi mereka yang sedang mnegalami kesulitan.

Membantu tidak harus dengan materi, saling memberi motivasi dan saling menguatkan juga salah satu bantuan yang sangat penting.

Membantu orang lain yang membutuhkan membuat perasaan kita lebih baik kepada diri sendiri. Dengan demikian sangat baik untuk menjaga kesehatan mental dan stabilitas emosi.

Memanjakan Diri Dengan Hal-Hal Yang Disukai

Salah satu moodboster untuk menjaga kesehatan mental selama pandemi adalah, lakukan semua yang bisa membuat kamu merasa happy. Kamu senang melakukannya, kamu tidak ada tekanan sama sekali ketika melakukan hal tersebut.

Selama dirumah aja, pasti kamu lebih banyak punya waktu untuk memanjakan diri dibandingkan sebelumnya yang mungkin harus sibuk kerja.

Kamu bisa memulainya dengan menonton film, bermain game, hingga melakukan hobi lainnya yang kamu sukai.

Jangan Lupa Untuk Berdoa dan Meningkatkan Ibadah

Beribadah bisa membuat hati menjadi tenang dan damai. Tentunya sangat bagus untuk menjaga kesehatan mental kamu. Jangan lupa untuk terus berdoa agar pandemi ini cepat berakhir, orang-orang disekitarmu diberi kesehatan dan keselamatan.

Kelima cara diatas bisa membantu kita untuk menjaga kesehatan mental selama masa karantina. Namun ketika semua sudah kamu lakukan dan rasa cemas dan panikmu tak kunjung hilang, lebih baik kamu segera menghubungi dokter. Minimal kamu harus berkonsultasi mengenai apa yang sedang kamu rasakan.

Di tengah pandemi seperti sekarang ini, mungkin kamu bakal semakin takut jika harus pergi ke Rumah Sakit untuk konsultasi. Cara lain agar kamu tetap bisa konsultasi dengan dokter adalah melalui aplikasi Halodoc.

Dengan adanya Halodoc Simplifying Healthcare, kamu bisa berkonsultasi kepada psikiater tanpa keluar rumah karena dilakukan melalui aplikasi Halodoc melalui smartphone.

Dengan kemudahan yang diberikan aplikasi Halodoc ini, semoga rasa cemas dan panik berlebih bisa kamu konsultasikan ke dokter segera.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 Komentar