Cara Tradisional Menyembuhkan Anyang Anyangan

Cara Tradisional Menyembuhkan Anyang Anyangan

Diposting pada

Cara Tradisional Menyembuhkan Anyang Anyangan – Hampir setiap orang pasti pernah megalami yang namanya Anyang Anyangan atau kalau di daerah saya namanya res-resen. Anyang anyangan / res resen merupakan penyakit yang dapat dibilang cukup menyebalkan. Mengapa? Karena ketika kita buang air kecil, air yang keluar hanya sedikit dan rasanya sangat panas. Disamping itu, kita akan lebih sering merasa ingin buang air kecil terus menerus.

Anyang anyangan sendiri merupakan penyakit yang erat kaitannya dengan infeksi saluran kemih. Penyakit ini bisa terjadi kepada siapa saja, baik itu lelaki perempuan ataupun tua dan muda. Tapi bersyukur ya, saya hanya megalami dulu waktu masih kecil. Ciri-cirinya juga sangat mudah diketahui karena efeknya begitu terasa ketika sedang buag air kecil.

Berikut ini beberapa gejala anyang anyangan ketika sedang buang air kecil:

  • Urine yang keluar hanya sedikit dan warnanya lebih pekat.
  • Kemaluan terasa panas dan terbakar ketika kecing.
  • Rasa sakit di bagian perut bawah setiap buang air kecil.
  • Keinginan untuk kencing kembali namun tidak ada urine yang keluar.

Penyebab Anyang Anyangan

Kebanyakan orang memang tidak tahu pasti apa saja yang menjadi penyebab anyang anyangan. Tahu-tahu terasa perih saat buang air kecil. Yang jelas, anyang anyangan disebabkan oleh adanya bakteri yang menginfeksi saluran kemih. Bakteri ini yang harusnya dicegah agar tidak meginfeksi saluran kemih.

Kurangnya kebersihan pada celana dalam yang digunakan bisa menyuburkan pertumbuhan bakteri tersebut, baik pada pria ataupun wanita. Selain masalah kebersihan, kurangnya asupan air putih juga dapat menimbulkan anyang-anyangan. Kekurangan air tersebut akan diperparah apabila disertai dengan aktivitas fisik yang berat seperti berolahraga, pekerjaan dan lain sebagainya.

Baca juga : Kenali Gejala Asam Urat Berikut Ini

Cara tradisional menyembuhkan anyang anyangan…

Meskipun sekarang ini sudah banyak obat-obatan di apotik untuk menyembuhkan anyang anyangan. Cara tradisional masih banyak diminati. Karena cara tradisional ini lebih alami dan murah. Khasiatnya pun tidak kalah dengan obat-obatan yang ada di apotik. Saya sendiri memilih cara tradisional karena bahan pengobatannya mudah didapatkan. Apa saja cara tradissional untuk menyembuhkan anyang anyangan?

Jeruk Nipis

Obat anyang anyangan tradisional yang pertama adalah jeruk nipis. Untuk membuat obat tradisional anyang anyangan dengan jeruk nipis caranya sangat mudah. Cukup siapkan jeruk nipis, air dan gula batu jika ada. Silahkan peras jeruk kedalam gelas secukupnya, tambahkan air hangat dan campur dengan gula batu untuk menetralisir rasa asam dari jeruk. Megapa sih harus gula batu. Yaps, gula batu dari dulu memang lebih sering digunakan bersamaan dengan obat-obatan alami. Bahkan obat batukpun yaitu jeruk, lebih bagus jika di campur dengan gula batu.

Daun Kumis Kucing

Obat anyang anyangan tradisional yang kedua adalah daun kumis kucing. Cara membuat obat tradisional anyang anyangan berbahan daun kumis kucing sangat mudah. Ambil daun kumis kucing secukupnya. Jangan yang terlalu tua dan muda. Jemur daun kumis kucing sampai kering kemudian seduhlah daun kumis kucing dengan air panas seperti anda menyeduh teh. Membuat obat tradisional untuk menyembuhkan anyang anyangan mudah bukan?

Pijat Telapak Kaki

Cara tradisional lainnya untuk menyembuhkan anyang anyangan adalah dengan pijat. Pijat memang sudah menjadi pengobatan berbagai macam penyakit. Termasuk anyang anyangan. Jika kalian anyang anyangan, pijatlah pada daerah kaki tepat di bawah sela-sela antara jempol kaki dan jari sebelahnya. Dengan pijatan anyang anyangan dapat disembuhkan.

Ikat Jempol Kaki

Obat anyang anyangan tradisional terakhir adalah dengan cara mengikat jempol kaki. Cara ini memang terkesan seperti tidak ada hubungannya antara mengikat jempol kaki bisa menyembuhkan anyang anyangan. Tapi percaya atau tidak, dulu waktu masih kecil setiap saya mengalami anyang anyangan orang tua selalu mengobatinya dengan mengikat jempol kaki. Dan cara ini selalu manjur.

Biasanya saat anyang anyangan jempol kaki diikat menggunakan dami/batang padi. Bukan rafia atau karet. Disinilah keunikannya, kearifan lokal di daerah itu masih kental.

Agar pengobatan anyang anyangan yang anda alami makimal, bisa memadukan pengobatan tradisional anyang anyangan diatas. Bisa  memijat kaki, mengikat jempol kaki disertai rutin minum wedang jeruk maupun seduhan daun kumis kucing.

Semoga cara tradisional menyembuhkan anyang anyangan diatas dapat membantu menyembuhkan anyang anyangan yang anda alami. Agar anyang anyangan tidak terulang kembali jagalah kebersihan celana dalam dengan menjaga kebersihan dan lekas ganti jika dirasa lembab. Jangan lupa minum air putih secukupnya.


Artikel menarik lainnya...

11 thoughts on “Cara Tradisional Menyembuhkan Anyang Anyangan

  1. Masih ingat betul nih, ketika dulu anyang anyangan / res-resen jempolnya disuruh ikat pakai karet.. Faktanya untuk menghilangkan nyeri. Selain itu juga orang dahulu pusarnya di beri minyak angin…

  2. Dengan diikat mungkin sugestinya lebih bisa diterima mbak nur. Kan di desa kepercayaannya masih kuat. Kalau di kota ya beda lagi, kalau gak pijit ya dokter.hehehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *