Breaking News
Gerhana Matahari Cincin Terjadi 10 Juni

Siap-siap! Gerhana Matahari Cincin Terjadi 10 Juni

Fenomena Gerhana Matahari pertama kali di tahun 2021 yang akan terjadi pada 10 Juni 2021 mendatang. Gerhana Matahari Cincin Api ini terjadi saat Bulan menghalangi cahaya Matahari serta bayangannya terletak di atas Bumi.

NASA mengatakan bila Gerhana Matahari Cincin Api ini akan bisa terlihat di Greenland Kanada serta Rusia. fenomena itu akan dapat nampak terlihat selama 3 menit, dilansir The Indian Express, Rabu (3/6/2021).

Baca Juga  BLT UMKM Rp1,2 Juta Via PNM Mekaar BNI Sudah Cair, Segera Cek di Disini

Dikala mencapai puncaknya, warga di Greenland bisa melihat Cincin Api. Setelahnya hendak nampak di daerah Siberia serta Kutub Utara juga.

Negara-negara di daerah seperti Amerika Serikat serta India tidak dapat melihat kejadian tersebut.

menurut laporan Timeanddate.com, Gerhana Matahari Cincin akan dimulai pukul/jam 13:42 IST ataupun sekitar 15:12 Wib. Kejadian tersebut akan terlihat sampai 18:41 IST ataupun 20:11 Wib.

Baca Juga  Nagita Slavina Minta Beli Motor Seharga Rp340 Juta, Begini Penampakan Mogenya

Sebagai informasi, Gerhana Matahari mempunyai 3 tipe ialah total, parsial serta cincin. Tiap tahunnya, Bumi cuma dapat melihat 2 tipe saja.

Di tahun ini, peristiwa kedua Gerhana Matahari akan terjadi pada 4 Desember mendatang. saat itu, warga di daerah Amerika Selatan, Pasifik, Atlantik, sebagian Samudera Hindia serta Antartika.

Baca Juga  Lowongan CPNS 2021 Mau Dibuka, Ini Formasi Prioritas

Gerhana Matahari pada Desember ini hendak memperkenalkan Gerhana Matahari Total. Jadi Bulan akan seluruhnya menghalangi Matahari serta berikan bayangan di atas Bumi.

Kejadian Gerhana Matahari ini akan muncul tidak lama setelah Gerhana Bulan pada 26 Mei 2021 kemarin. Bersamaan dengan Hari Waisak, Gerhana Bulan nampak nyaris di segala daerah di Indonesia.

Sumber dan referensi : cnbcindonesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.