Mengenali Fungsi Fetch As Dan Render Pada Webmaster Tools

Diposting pada
Bagi seorang blogger hal yang paling penting ialah indeks dari google. Sehingga hal pertama kali yang dilakukan setelah kita membuat blog ialah submit ke Google Webmaster Tools. Webmaster tools sangat bermanfaat bagi keberlangungan sebuah blog, dengan melakukan submit, robot google secara otomatis akan merayapi blog atau website yang anda miliki. Jika sudah melakukan submit, kemudian meletakkan kode meta kedalam blog kemudian memverifikasinya, tak butuh waktu lama blog anda akan terindeks oleh google. Artinya blog anda sudah masuk di daftar mesin pencari google. 
Mengenali Fungsi Fetch As Dan Render Pada Webmaster Tools

Baca juga : Cara Mendaftar dan Memverifikasi Blog ke Webmaster Tools

Pada salah satu bagian di Webmaster Tools tepatnya pada pilihan Crawls atau Perayapan terdapat pilihan yang namannya Fetch As Google dan  Fetch and Render atau dalam bahasa indonesianya Ambil Sebagai Google serta Ambil dan Render. Kedua tools yang ada pada Webmaster tools ini sama yaitu untuk melakukan indeks artikel secara manual ke Search engine google. 


Kedua tools ini juga sangat bagus bagi web atau blog anda yang memiliki backlink yang kurang. Sebab kita tahu bahwa web atau blog yang memiliki backlink bagus maka artikel yang baru saja diterbitkan akan cepat terindeks oleh search engine google. Berbeda jika backlink web atau blog kurang baik, maka butuh waktu berjam-jam sampai berhari-hari agar artikel anda terindeks google search engine secara otomatis. Bahkan dalam beberapa kasus, dari sekian jumlah artikel yang dimiliki, hanya sebagian saja yang terindeks. Ini berarti bahwa artikel lainnya belum terindeks oleh google.

Tujuan utama Webmaster tools menyediakan fasilitas Fetch ialah agar para pemilik web atau blog tidak sembarangan mencari backlink. Bahkan dengan cara backlink yang sembarangan, bukan malah mempercepat indeks google tetapi sebaliknya,reputasi web atau blog di mesin pencari google akan semakin hancur. Dampak paling buruknya adalah artikel anda akan semakin tenggelam di halaman mesin pencari. 

Meskipun kedua tools Fetch dan Fetch and Render memiliki fungsi yang sama. Tetapi kedua tools ini memiliki perbedaan. Keduannya sama-sama memiliki fungsi agar artikel anda cepat terindeks oleh google. Sebenarnya apa perbedaan dari kedua tools di atas? Berikut pengetahuan seputar perbedaan fungsi Fetch dan Fetch and render pada Webmaster Tools.

Mengenali Fungsi Fetch As Dan Render Pada Webmaster Tools

1. Fetch

Fetch yang artinya “ambil” adalah sebuah tools yang digunakan untk melakukan indeks artikel secara manual. Dengan melakukan cara ini, berarti anda sudah memberitahukan kepada perayap bahwa anda memiliki atikel yang sekirannya bisa untuk segera dirayapi oleh googlebot. Ketika pilihan anda adalah Fetch saja, maka googlebot akan merayapi url+isi halaman saja.

2. Fetch and Render

Fetch and Render artinya ambil dan render. Fungsinya sama seperti poin di atas. Yang membedakan adalah terdapat Render, pada saat anda memilih Fetch and render anda berarti sudah memberitahukan kepada googlebot agar web anda segera dirayapi. Ketika web atau blog anda sudah dirayapi, maka yang diambil adalah keseluruhan dari halaman web atau blog anda. Mulai dari gambar dan video, javascript, serta semua yang berkaitan dengan web atau blog anda.
Sangat jelas bahwa keduannya memiliki fungsi yang sama tetapi juga memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Demikian artikel seputar Webmaster Tools, semoga dapat menambah wawasan anda.

Artikel menarik lainnya...

4 thoughts on “Mengenali Fungsi Fetch As Dan Render Pada Webmaster Tools

  1. mungkin ada yang error gan, kalau fetch and render kan yang di crawl semua isi web, silahkan di baca itu errornya dimana. Agar lebih mudah, silahkan fetch aja artikel satu", itu sudah cukup. Jadi habis nerbitin satu artikel, jangan lupa di fetch.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *