Manfaat Sering Update Artikel di Blog

Manfaat Sering Update Artikel di Blog Setiap Hari Minimal Sekali

Diposting pada

Manfaat Sering Update Artikel di Blog – Pada pembahasan sebelumnya saya pernah membuat artikel tentang dampak buruk akibat jarang update artikel dengan tujuan agar saya dan pembaca blog punakawanku kembali semangat dalam menulis artikel di blog. Nah dari artikel saya tersebut, ada beberapa pembaca yang menghubungi lewat halaman kontak tentang manfaat sering update artikel di blog. Apakah manfaat sering update artikel kebalikannya dari dampak buruk update artikel? Yang jelas iya, dan dengan rutin update artikel tentu akan memiliki manfaat yang lebih. Tidak hanya untuk blog, bahkan untuk penulis.

Nah, yang menjadi pertanyaan berikutnya adalah. Seberapa seringkah kita update artikel blog? Apakah harus setiap hari sampai beberapa artikel, atau cukup seminggu sekali, atau sebulan sekali? Saya sudah pernah merasakan bagaimana melakukan update artikel setiap hari. Jadi akan saya jawab berdasarkan pengalaman pribadi.
Yang namanya ngeblog, semakin sering update artikel akan semakin bagus. Tapi tidak mungkin juga selama bertahun-tahun ngeblog masih update artikel setiap hari. Bagus sih, tapi ada gak yang seperti demikian. Artinya begini, kita update artikel tentu sesuai dengan kebutuhan. Untuk blog baru hingga usia 3 bulan, wajib bagi admin untuk update artikel setiap hari. Jika sudah berjalan 3 bulan lebih, kembali ke keputusan anda. Bisa anda kurangi misal seminggu 2 kali atau bahkan sekali. Saya sendiri tidak pernah hingga bisa update artikel setiap hari hingga 3 bulan, tapi saya pernah cuma sampai sebulan. Dan manfaat update artikel setiap hari sangat terlihat pada blog saya. Traffik harian yang awalnya hanya sekitar 100, setelah sebulan rutin update artikel bisa naik hingga 1000an. Hingga akhirnya saya mulai jarang update artikel dan sekarang stabil di angka 600++.
Sudah sedikit terlihat kan manfaat jika kita sering update artikel. Lalu apa saja manfaat sering update artikel lainnya?

Manfaat Sering Update Artikel di Blog Setiap Hari Minimal Sekali

1. Blog memiliki banyak konten dan informasi.

Yang satu ini jelas, bahwa sering update artikel setiap hari jumlah artikel blog akan semakin banyak. Sehingga informasi yang disajikan di blog semakin bervariasi dan luas. Banyaknya konten diblog akan sangat disenangi oleh robot google. Blog akan lebih sering dirayapi dan kemungkinan besar berpeluang menduduki posisi pageone. Dengan banyaknya konten ini anda juga bisa membangun internal link yang saling terkait antara artikel satu dengan lainnya. Internal link ini nermanfaat untuk meningkatkan page view, serta pengunjung akan merasa disuguhi informasi yang lengkap dengan adanya internal link.

2. Traffik Blog Melejit

Seperti yang sudah saya ceritakan diatas, dan anda akan merasakannya sendiri jika praktik minimal update artikel setiap hari selama sebulan. Anda akan merasakan lonjakan visitor bahkan jangan kaget jika ada artikel anda yang pageone. Ini disebabkan dengan kepercayaan robot google kepada blog anda atas hasil perayapan yang telah dilakukan. Robot google menganggap bahwa blog anda sangat aktif dan selalu menyajikan informasi terbaru. Sehingga robot goofle juga akan sering melakukan perayapan kepada blog anda. Berbeda jika anda jarang update artikel, robot google akan semakin jarang melakukan perayapan bahkan bisa mengakibatkan posisi artikel melorot.

3. Rangking Alexa Semakin Membaik

Manfaat Sering Update Artikel di Blog
Picture by punakawanku

Sudah tahu alexa rank bukan? Sebuah situs yang mampu mendeteksi rangking blog tingkat global. Bisa dibilang rangking disini adalah keaktifan dalam menerbitkan artikel. Terbukti bahwa blog yang sering update artikel maka nilai alexa rank nya semakin kecil. Nah, rank sebuah situs juga akan mempengaruhi tingkat kepercayaan robot google terhadap blog. Blog yang lama tidak terurus, akan memiliki rank jelek. Dulu blog punakawanku memiliki peringkat atau rank sekitar 21 juta, hingga akhirnya ramping sampai 2 juta, berhubung sempat tidak terurus, sekarang bengkak lagi ke 4jta.Tapi jangan khawatir, rangking juga bukan menjadi jaminan banyaknya visitor. Hanya saja dapat menambah kepercayaan bot google.

4. Kemampuan menulis menjadi terasah.

Tak hanya bermanfaat pada blog, sering update artikel setiap hari secara langsung mampu mengasah kemampuan menulis. Bayangkan saja, selama sekolah saja tidak serajin saat membangun blog. Saya yakin selama sekolah anda hanya menulis tentang apa yang dicatat oleh guru. Berbeda dengan menulis diblog, sejak kalimat pertama anda sudah berfikir tentang kalimat pembuka apa yang paling tepat.

5. Blog Berpotensi Menghasilkan Uang

Siapa sih yang tidak mau menghasilkan uang dari blog? Ngeblog merupakan sebuah hobi yang menurut saya cukup keras. Tidak ada yang bayar saja ikhlas, apalagi bisa menghasilkan uang. Itulah dampak baik jika anda sering update artikel, terlebih jika konsisten. Penawaran demi penawaran akan berdatangan. Entah itu sebuah permintaan review atau lainnya. Silahkan baca Cara Menghasilkan Uang Melalui Blog. Bagi anda yang sudah memiliki akun periklanan seperti adsense, dengan sering melakukan update artikel maka pengunjung akan semakin naik dan penghasilan juha ikut meningkat.

6. Semakin Cinta dengan dunia blogging.

Untuk yang satu ini mungkin sedikit menyimpang ya gan, tapi itulah yang saya rasakan. Ketika sudah terbiasa update artikel setiap hari, maka rasa semakin cinta pada blog yang kita kelola semakin tumbuh. Dan apa yang sudah dicapai pasti akan berusaha dipertahankan. Mulai visitor jangan sampai turun, rank alexa kalau bisa semakin kecil serta semakin lebih aktif dan intens menulis artikel.
Sudah sangat jelas bahwa manfaat sering update artikel di blog setiap hari akan meningkatkan visitor, rank alexa semakin bagus, blog berpotensi menghasilkan uang dan lain sebagainya. Akan tetapi masih saja saya temukan pertanyaan di grup sebelah bagaimana cara meningkatkan visitor blog. Bahkan tak jarang sampai melakukan cara yang tidak disukai oleh google. Sekian sedikit cerita dari saya. Semoga bermanfaat…

Artikel menarik lainnya...

8 thoughts on “Manfaat Sering Update Artikel di Blog Setiap Hari Minimal Sekali

  1. Kemampuan menulis semakin terasah. Dulu saya membuat satu paragraf saja susahnya setengah mati, kini mau berapa paragraf terasa ringan. Tapi tetap saya batasi, rat-rata tiga paragraf saja. Saya sehari bisa lima artikel tergantung mood dan kuota internet. Tapi ada resikonya juga sering menulis, sang mantan marah-marah ternyata dia diam-diam membaca artikel saya juga. WA berdering terus karena tidak terima dipojokan 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.