5 Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Membangun Blog

Diposting pada
5 hal yang harus disiapkan sebelum membangun blog – Blogger merupakan sebutan umum bagi mereka yang memiliki hobi didunia blogging. Entah itu orang dewasa maupun anak muda, sebutannya tetap sama yaitu blogger. Ada banyak sekali platform penyedia pembuatan blog secara gratis, tetapi ada dua yang sering digunakan yaitu membuat blog baru melalui blogspot dan membuat blog baru menggunakan wordpress. Blog itu sendiri adalah wadah bagi kita untuk belajar memberikan informasi yang bermanfaat bagi orang lain yang nantinnya akan diakses melalui mesin pencari yaitu google.
5 Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Membangun Blog

Setiap pengunjung mengetikkan kata kunci pada mesin pencari, apapun kata yang diketikkan pasti selalu ada hasil pencarian yang muncul mulai deretan teratas sampai di halaman paling belakang. Informasi yang disajikan bersumber dari ratusan blog bahkan jutaan blog yang memberikan informasi sama. Blog yang tampil dihalaman pertama mesin pencari sudah pasti blog yang tidak asal-asalan ketika dibangun sejak awal. Disinilah perbedaan dari begitu banyaknya blogger, mereka tidak memperhatikan hal-hal yang harus disiapkan ketika membangun blog.

5 Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Membangun Blog

1. Tentukan topik utama blog atau niche blog.

Hal yang paling utama ketika anda ingin membangun blog hingga sukses tampil dihalaman pertama google adalah topik atau niche atau informasi yang nanti akan menjadi pembahasan diblog anda. Pemilihan topik sangat berpengaruh terhadap masa depan blog anda. Topik yang bagus menurut mesin pencari adalah topik yang selalu relevan dengan perkembangan jaman, sehingga selalu ada orang yang mencari di mesin pencari google.
Hal yang harus anda perhatikan dalam pemilihan topik blog adalah harus sesuai dengan minat atau hobi anda dikehidupan nyata. Topik yang sesuai hobi anda tentu sangat berpengaruh terhadap kemudahan dalam menulis artikel diblog. Anda juga bisa menyajikan informasi lebih mudah serta dengan pembahasan yang lebih luas. Berbeda jika anda mengambil topik yang tidak sesuai hobi, anda akan menemukan kesulitan saat menyajikan informasi sehingga akan berpengaruh terhadap blog anda. Blog akan jarang mengaupdate artikel semakin lama semakin tidak terurus. Ingat bahwa, pemilihan topik yang tepat akan membuat blog semakin banyak dikunjungi.

2. Menentukan Platform blogging yang tepat.

Setelah anda menemukan topik blog yang menurut anda sesuai dengan hobi dan relevan dengan apa yang selalu dicari di mesin pencari google, langkah selanjutnya adalah menentukan platform blogging yang tepat. Ada dua platform blogging gratis yang memiliki kualitas SEO baik. Pertama menggunakan platform Blogger dan yang kedua menggunakan platform wordpress. Keduannya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Silahkan anda cari apa saja kelebihanan dan kekurangan menggunakan blogger maupun wordpress. Di google sudah banyak yang menjelaskan.

3. Menentukan Judul Blog Dan Alamat Blog

Setelah anda yakin dengan pilihan niche blog dan platform blog yang digunakan, langkah selanjutnya adalah menyiapkan judul blog serta alamat url yang akan digunakan. Sebagai saran, antara judul dan url blog usahakan sama, ini akan menambah kualitas SEO anda. Sebagai contoh Blog PUNAKAWANKU, antara judul blog dan Url blog sama. Jika anda memilih niche tutorial, bisa juga anda memakai judul dan url tutorialpedia.blogspot.com. Bisa juga memakai nama anda serta nama-nama lainnya yang menurut anda cocok.

4. Memilih Template Blog

Hal terpenting dalam dunia blogging adalah template, pilihan template dengan desain yang menarik, fast loading serta membuat para pengunjung merasa nyaman sangat dibutuhkan setiap blogger. Blogspot sudah menyediakan pilihan template gratis yang bisa anda gunakan. Dengan menggunakan template asli dari blogspot, tampilan blog anda akan terlihat simple serta fast loading tentunya.

5. Membuat Artikel Yang Menarik

Setelah persiapan-persiapan anda sudah matang, kini langkah selanjutnya adalah membuat artikel. Artikel merupakan ujung tombak dari para blogger, artikel merupakan isi yang menjadi barisan terdepan blog anda. Tulislah artikel sesuai dengan niche blog pilihan anda. Buat tulisan dengan bahasa yang mudah dipahami, gunakan ejaan yang benar. Karena nantinnya akan berpengaruh juga terhadap SEO blog anda kedepannya. Hal yang paling penting dalam membuat artikel adalah, JANGAN COPY PASTE. Artikel hasil copas sangat dibenci oleh google dan para blogger lainnya. Google sangat menghargai blog yang mampu menyajikan tulisan-tulisan dengan hasil karya sendiri.
Demikian 5 Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Membangun Blog, semoga anda menjadi blogger yang profesional. Blogger yang selalu menghasilkan tulisan asli dari pikiran anda sendiri. 5 hal yang harus disiapkan sebelum membangun blog diatas sudah cukup untuk dijadikan modal membangun blog yang bisa bersaing.

Artikel menarik lainnya...

2 thoughts on “5 Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Membangun Blog

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *