Penyebab Loading Blog Sangat Lambat

Diposting pada
Penyebab Loading Blog Sangat Lambat – Salah satu cara untuk meningkatkan kenyamanan pengguna adalah dengan loading blog yang cepat. Pengguna sangat merasa nyaman dengan kecepatan loading blog, saya pribadi jika ingin mencari infomasi di google, loading blog yang sangat lambat hanya akan mengganggu pengunjung. Bahkan sebelum halaman blog selesai dimuat, pengunjung sudah menutup halaman dan berpindah mencari informasi di situs lain. Dan tidak sedikit pula yang beranggapan bahwa blog yang memiliki loading lambat hanya menghabiskan kuota saja.
Dari pengalaman ini para pemilik blog sudah seharusnya meningkatkan kenyamanan pengunjung dengan mengingkatkan kecepatan loading blog di masing-masing halaman. Google pun sangat senang dengan pengalaman penggunannya, google juga terus update template bawaan blog agar loading lebih cepat. Terbukti bahwa google sudah menyediakan tempalte baru yang memiliki loading super cepat. Maka dari itu utamakanlah kecepatan blog terlebih dahulu baru setelah itu mengupayakan kebutuhan pengunjung lainnya.
Untuk mengetahui kecepatan loading blog, kita bisa menggunakan bantuan gtmetrix yang memang dibuat untuk mengetahui kecepatan loading suatu blog atau web. Loading blog pun terbagi menjadi beberapa tingkatan. Silahkan cek kecepatan blog anda, dan dimana standar kecepatan blog anda :
  • Sangat cepat = < 1 detik
  • Cepat = 1 – 3 detik
  • Sedang = 3 – 7 detik
  • Lambat = 7 – 15 detik
  • Sangat LAmbat = > 15 detik.

Lalu apa saja yang menyebabkan blog menjadi sangat lambat?

Sangat disayangkan bukan, sudah susa-susah membuat artikel yang menarik tipi tidak mendapatkan pembaca hanya gara-gara loading blog yang lambat.

Hal-hal Yang Menyebabkan Loading Blog Lambat

1. Template Blog

Tempalte meruoakan faktor utama penyebab lambatnya loading suatu blog. Biasanya template blog yang memiliki loading lambat tidak termasuk salah satu template yang SEO Friendly. Di dalam template tersebut banyak struktur data yang error seperti javascript yang tidak di defer terlebih dahulu dan error bagian lainnya. Saya sangat sarankan jika anda memiliki bagdet yang cukup, lebih baik membeli template premium yang SEO Friendly, jika anda tidak ada dana untuk membeli, bisa anda manfaatkan tempalte gratis terbaru dari google yang
memiliki fitur fast load.

2. Terlalu Banyak Memasang Widget.

Meskipun template blog anda sudah SEO Friendly, tetapi buakn berarti loading blog akan selamannya cepat. Banyak blogger pemula yang memiliki tujuan ingin memanjakan pengunjung namun cara mereka memanjakan pengunjung justru dengan cara yang salah. Banyak yang beranggapan bahwa memanjakan pengunjung bisa dilakukan dengan menambahkan navigasi blog, yaitu dengan menambahkan banyak widget. Bukannya memanjakan justru membuat pengguna merasa bingung saat menjelajahi situs anda. Terlalu banyak widget bahkan berdampak juga pada
loading blog. Bahkan banyaknya widget yang terpasang juga merusak pemandangan blog anda.

3. Ukuran Gambar.

Gambar yang digunakan dalam blog juga harus diminimalkan dari segi ukurannya. Terlebih blog yang membahas tutorial maupun travelling yang membutuhkan banyak gambar. Tidak hanya sekedar gambar itu cocok kemudian
langsung upload dijadikan gambar artikel. Di google ada banyak situs alternative untuk mengcompres ukuran gambar. Anda bisa menggunakannya secara gratis untuk memperkecil ukuran gambar.

4. Banyaknya Script Iklan

Iklan memang memberikan penghasilan kepada pemilik blog. Tapi perlu diingat bahwa terlalu bnyak memasang script iklan juga dapat membuat loading blog lambat. Tujuan awal memasang banyak iklan agar penghasilan meningkat, tetapi justru karena loading blog yang semakin lambat membuat pengunjung enggan untuk kembali ke blog anda.
Dari keempat penyebab loading blog lambat, tentu anda sudah paham apa yang harus dilakukan agar loading blog bisa cepat. Optimasi blog anda agar loading blog menjadi cepat dan pengunjungpun merasa nyaman dan bebas dalam menjelajahi setiap laman blog tanpa harus takut kuotata nya tersedot.

Artikel menarik lainnya...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *