Cara Merawat Trafik Blog Agar Tidak Turun

Diposting pada

Merawat Traffik Blog Agar Tidak Turun – Jangan anggap bahwa blog hanyalah sebuah benda mati yang tidak membutuhkan perawatan. Bisa dikatakan bahwa merawat blog lebih sulit dibandingkan merawat hewan peliharaan. Ada banyak hal yang harus anda lakukan untuk merawat blog. Memiliki blog bukan hanya sekedar menulis artikel, kemudian merubah tampilan blog menjadi cantik dimata pengunjung. Yang menjadi tolak ukur jika blog dirawat dengan baik adalah stabilnya jumlah pengunjung atau visitor (Traffik blog). Dengan jumlah pengunjung yang stabil setiap harinya, maka blog bisa dikatakan benar-benar dirawat dengan serius.

Beberapa blogger pasti pernah mengalami traffik blog turun drastis, tidak sedikit pula yang paham penyebab traffik blog bisa turun drastis. Seiring berjalannya waktu, google terus melakukan update algoritmanya. Setiap algoritma google memiliki relevansi yang berbeda-beda terhadap blog kita. Bisa jadi jika traffik blog anda terjun drastis, algoritma google yang terbaru tidak relevan dengan blog anda. Google selalu memperhatikan tingkat relevansi konten suatu blog, sehingga selaku pemilik blog anda harus menyesuaikan perkembangan algoritma google. Dampaknya blog kita selalu relevan dengan algoritma google, alhasil blog tetap tampil di halaman google teratas yang berdampak stabilnya trafik blog.

Pada ulasan kali ini saya akan mengajak anda untuk merawat blog agar traffik tidak turun drastis.

Merawat Trafik blog Agar Tidak Turun

1. Terdapat Link Error 404

Kapan blog kita memiliki link error 404? Link error 404 biasanya terjadi ketika anda menghapus artikel blog yang sudah terindeks oleh google. Entah anda menhapus secara sengaja maupun tidak sengaja. Penghapusan secara tidak sengaja inilah yang mengakibatkan blog terdapat link error 404 tanpa sepengetahuan anda. Sebagai bagian untuk merawat blog, anda harus rutin mengecek apakah blog anda terdapat link error. Anda bisa mengecek melalui Google Webmaster Tools > Perayapan (Crawl) > Kesalahan Perayapan (Crawl Error) > Jika terdapat link error akan muncul berapa jumlah link error blog anda. Selanjutnya silahkan anda hapus link errornya.
Lanjutkan Membaca :

2. Terdapat Error Link Internal dan tidak relevan

Meletakkan link internal sangat bagus untuk membuat pengunjung berlama-lama di blog. Karena pengunjung menemukan artikel terkait yang relevan dengan yang sedang dibaca. Link internal sangat baik untuk merawat blog dalam meningkatkan pagview blog. Akan tetapi perlu anda waspadai, terkadang link internal yang anda pasang ternyata mengarah pada artikel yang sudah terhapus, sehingga saat di klik pengunjung mengalami error. Selain menghapus link error seperti cara diatas, anda harus segera mengedit artikel yang terdapat link internal yang mengarah ke link error. Sehingga pengunjung tidak kecewa dengan artikel relevan yang anda berikan.
Link internal yang bagus dan akan berdampak pada stabilnya traffik blog adalah link internal yang relevan, jangan sampai anda meletakkan link internal yang tidak ada hubungannya denga pembahasan. Sebagai contohnya adalah pada artikel ini, pada ulasan nomor 1 membahas link error 404, sehingga saya meletakkan link internal yang mengarah ke Cara menghapus link error 404. 

3. Hapus Iklan Yang Mengganggu Pengunjung

Trafik blog sangat berkaitan erat dengan pengunjung. Agar traffik blog tidak mengalami penurunan, tentu anda harus memperhatikan pengalaman pengunjung. Terbukti bahwa google juga sangat memperhatikan pengalaman pengunanya. Pada agustus 2017, Google membuat kebijakan agar semua pemilik blog memperhatikan pengalaman dan kenyamanan pengguna agar lebih baik. Penyebab pengunjung tidak nyaman biasannya karena terdapat iklan yang mengganggu, mulai iklan popup yang terbuka dengan sendirinya serta iklan banner yang menutupi konten. Bagaimana bisa nyaman jika apa yang akan dibaca pengunjung tertutupi oleh iklan. Tidak sempat dibaca, justru pengunjung akan segera kabur ke blog tetangga.
Demi menjaga traffik blog agar stabil, mulailah memperhatikan kenyamanan pengunjung. Hapus iklan popup yang sangat dibenci pengunjung. Serta kurangi iklan banner agar artikel yang akan dibaca pengunjung terlihat secara rapi.

4. Buat Tampilan Blog Sederhana dan Ringan Saat di Akses dari Mobile.

Tampilan blog sangat berpengaruh besar terhadap kenyamanan pengunjung. Pemilihan template yang ringan, responsive, mobille friendly serta memiliki tampilan yang sederhana sangat menentukan kenyamanan pengunjung. Gunakanlah widget blog seperlunya tetapi sudah membantu pengunjung dalam menemukan konten blog anda, cukup pasang widget Popular post, Label dan Archive. Tidak berlebihan memasang widget dapat membantu mempercepat loading blog.

5. Update Artikel Setiap Hari

Apapun perawatan blog yang anda lakukan, sama saja bohong jika anda tidak update artikel secara rutin. Update artikel setiap hari sangat membantu dalam menjaga trafik blog, bahkan mampu meningkatkan trafik. Artikel adalah raja, artikel adalah nyawa blog.
Silahkan anda buktikan sendiri cara diatas. Perawatan rutin yang saat ini saya lakukan adalah update artikel rutin setiap hari. Hasilnya cukup signifikan. Selamat merawat dan mencintai blog.

Artikel menarik lainnya...

7 thoughts on “Cara Merawat Trafik Blog Agar Tidak Turun

  1. Up date artikel tiap hari ini yang berat, terkendala pada kuota internet. Tapi saran saya, jangan memaksakan diri. Jika harus istirahat, istirahatlah, jika dirasa tidak ada manfaat dan hasil dari ngeblog berhentilah jadi blogger. Nikmati dunia nyata saja.
    Erorr 404, wah tidak terpikir sudah berapa banyak yang eror diblog saya.
    Iklan seperlunya dan buat template yang responsive.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.