Mengenal dan Memaksimalkan Fungsi Setelan Entri Pada Postingan Blog

Diposting pada

Mengenal Setelan Entri Pada Editor Posting Blog

Hal yang wajib anda lakukan setelah selesai menulis artikel adalah mengatur Setelan Entri yang terdapat pada bilah kanan editor. Mengatur setelan entri wajib bagi anda, karena setelan ini berpengaruh besar terhadap artikel yang anda publish. Pada Setelan entri terdapat 7 tombol icon yang memiliki funngsinya masing-masing. Yang jelas, dengan memaksimalkan fungsi Setelan Entri, artikel anda akan tertata rapi dan sebagai alat pendukung jenis artikel yang anda buat. Ketujuh icon tersebut antara lain, Label, Jadwal, Link, Lokasi, Deskripsi Penelusuran, Pilihan dan Tag Robot Khusus.

 Fungsi Setelan Entri Pada Edit Posting Blog

1. Label , Layaknya sebuah produk. Label berfungsi untuk mengelompokkan setiap jenis produk. sama halnya pada artikel, Label berfungi untuk mengelompokkan beberapa artikel yang anda publish ke dalam satu jenis. Termasuk dalam artikel niche apakah postingan yang anda buat? Biasannya seorang blogger mengelompokkan label sesuai niche blog, seperti artikel yang anda baca saat ini saya masukkan ke label tutorial blog. Sehingga saat seseorang mengeklik label Tutorial blog, semua artikel yang anda beri label Tutorial blog akan muncul.

Baca juga : Mengenal Tombol Icon Pada Editor Posting DiBlogspot

2. Jadwal , Pengaturan jadwal artikel bisa diatur otomatis ataupun sesuai tanggal dan waktu yang anda kehendaki. Jika memilih otomatis, maka tanggal penerbitan akan sesuai saat anda menekan tombol Publikasikan. Jika anda pilih Setelan Tanggal dan Waktu kamu bisa memilih kapan artikel anda di publish sesuai kehendak anda.

3. Link atau Tautan Permanen , Untuk setelan yang satu ini anda akan diberi dua pilihan yaitu  Tautan Permanen Otomatis dan Tautan Permanen Khusus. Jika anda memilih otomatis, maka alamat URL postingan akan dibuat sesuai judul postingan. Sedangan tautan permanen khusus boleh dilakukan jika anda ingin merubah URL postingan. Tautan permanen khusus banyak digunakan oleh pakar SEO untuk memperpendek alamat URL artikel, sebab URL yang pendek lebih mudah dikenali mesin pencari.

4. Lokasi , Anda diberi pilihan ini untuk mengatur dimana artikel anda akan dibagikan. Atau menghendaki lokasi mana yang dapat menjangkau artikel anda.

5.  Deskripsi Penelusuran , Saat mencari sebuah artikel di Mesin Pencari, kita akan disuguhkan dengan beberapa kata kunci yang relevan. Kita tidak akan sembarangan mengeklik judul tanpa mengenali isi setelah judul itu seperti apa. Disinilah fungsi diskripsi penelusuran untuk anda isi, ini akan membantu artikel anda agar di klik saat tampil di Mesin Pencari.

6. Pilihan , pada tombol ini berfungsi untuk mengatur Komentar pembaca, mode tulis dan baris baru. Pada pilihan ini tidak perlu anda rubah. Biarkan saja seperti settingan asli dari blogger.

7. Tag Robot Khusus , Pada tombol ini nantinya akan berfungsi untuk membiarkan robot merayapi artikel anda. Biarkan saja seperti settingan yang diberikan blogspot.

Dari ketujuh fungsi Setelan entri diatas, ada dua yang saya beri tanda panah(Lihat Gambar). Mengapa? Karena yang paling sering saya gunakan adalah dua setelan tersebut, yaitu Label dan Deskripsi penelusuran. Dua setelan tersebut sudah cukup, tanpa harus merubah setelan yang lainnya.
Pada blog PUNAKAWANKU sendiri terdapat 5 Label yang bisa anda lihat di Home. Itulah fungsi dai Label.
Sekian artikel yang bisa saya bagikan, semoga dapat membantu para blogger pemula seperti saya yang lebih dulu memahami Fungsi Setelan Entri Blog.


Artikel menarik lainnya...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *