Alasan Mengapa Anda Harus Memilih Wordpress

Alasan Mengapa Anda Harus Memilih WordPress Dari Pada Yang Lain

Diposting pada

Alasan Mengapa Anda Harus Memilih WordPress – selain platform Blogger, mungkin banyak diantara kita yang lebih memilih menggunakan plaatform wordpress sebagai platform website. Tapi tidak banyak yang tahu faktor utama mengapa harus menggunakan wordpress?. Buat kalian yang ingin membuat website dan menggunakan CMS sebagai alternatif platformnya dan bingung CMS jenis apa yang harus dipilih. Mungkin penjabaran beberapa alasan saya memilih menggunakan wordpress bisa membuka jalan pikiran bagi anda yang bingung.

Mempertimbangkan secara matang dari awal lebih bagus dari pada nantinya anda harus bermigrasi dari platform satu ke yang lainnya. Seperti blog punakawanku ini, yang awalnya menggunakan platform Blogger dan harus bermigrasi ke platform WordPress karena banyaknya pertimbangan.

Karena banyak dari para blogger pemula yang masih menanyakan terkait wordpress.com dengan wordpress.org. Maka sebelumnya saya akan sedikit menerangkannya untuk anda. WordPress adalah sebuah platform software untuk blog. WordPress.org merupakan organisasi yang menyediakan anda instalasi download gratis CMS wordpress itu sendiri. Sedangkan wordpress.com merupakan entitas komersil dengan CMS wordpress yang siap digunakan.

Jadi sederhananya di wordpress.com anda hanya dapat membuat blog pada situs dan server yang telah disediakan wordpress.com sendiri. Anda akan mendapatkan subdomain punakawanku.wordpress.com pada saat pertama kali mendaftar atau bisa menggunakan domain sendiri dengan opsi upgrade ke paket berbayar.

Jika sampai disini anda sudah paham tentang keunggulan wordpress dari pada platform lain, yuk kita mulai membuat sebuah blog. Untuk panduan lengkapnya bisa baca Artikel Cara Membuat Blog Gratis di WordPress. Namun jika anda ingin lebih tahu apa saja yang menjadi kelebihan wordpress dari pada platform lain? Berikut ini alasan saya memilih WordPress.

Alasan Mengapa Anda Harus Memilih WordPress Dari Pada Yang Lain

WordPress itu Open Source

Inilah satu yang membuat wordpress berkembang pesat, open source. Dengan fitur dan fungsional yang terbilang komplit seperti post, komentar, installasi yang mudah, gallery, kotak spam, plugin dan banyak lagi. Dengan dijadikannya open source maka memungkinkan banyak pengembang diluar sana yang ikut andil. Sehingga jika ada semacam bug yang membuat ancaman kedalam system cms wordpress maka mereka akan menutup itu secepat mungkin. Perlu dimengerti, open source tidak sama dengan gratis, ada yang harus tetap anda bayar jika ingin menginstall wordpress disebuah server, anda harus menyewa server hosting dan juga domain.

CMS Yang Handal

CMS (content management system) membantu anda dengan membuat atau menambahkan konten halaman dengan mudah. Anda dapat dengan mudah menambahkan konten berupa teks, gambar, status bahkan produk kapanpun yang anda inginkan, hanya dengan langkah yang sederhana.

WordPress Mudah Dipahami Oleh Pemula

Siapapun pasti setuju, diawal saya dan beberapa teman saya yang baru mencoba memakai wordpress sepakat mengatakan kalau wordpress itu mudah digunakan. Saya yakin bagi siapa saja yang baru belajar menggunakan wordpress tidak lebih dari satu jam dia pasti sudah bisa menggunakannya. Meskipun hanya sekedar mengedit atau menambahkan konten kedalamnya.

Mengoperasikan wordpress tidak lebih rumit dari mengoperasikan microsoft word. Dengan wordpress memungkinkan anda membuat satu halaman konten lengkap dengan widget dengan hanya melakukan beberapa klik saja.

WordPress Memiliki Kelebihan SEO Friendly

Jika anda pemain SEO anda pasti sepakat dengan saya. Ya, wordpress itu SEO friendly. Buktinya saja ketika anda mengetikkan satu dua keyword di mesin pencari pasti menemukan satu dua atau lebih web yang menggunakan wordpress di urutan-urutan teratas. WordPress diciptakan dengan struktur yang memudahkan mesin pencari membaca halaman web anda.

Banyak Pilihan Plugin

Ini juga satu yang membuat saya terus bertahan menggunakan wordpress. Dengan plugin tambahan dengan fungsi tambahannya masing masing sesuai keinginan anda, anda hanya perlu mencarinya di bagian search plugin wordpress.org anda hanya perlu mencari yang anda perlukan, anda akan mendapatkan beragam pilihan yang anda inginkan. Dan satu lagi yang pasti kalian suka, banyak plugin yang disediakan secara cuma-cuma alias GRATIS.

Sangat Mudah Dipelajari

Pada CMS lain mungkin memiliki lebih banyak pilihan dalam hal organisasi konten dan faktor lainnya, namun ketika kita berbicara tentang kemudahan dalam penggunaannya, WordPress adalah pilihan terbaik. Selama ini saya sudah membuat beberapa website baik itu web affiliasi amazon.com ataupun website berbentuk blog, Saya menyadari bahwa mempelajari tentang WordPress jauh lebih mudah dibanding CMS lain.

Mudah Menambahkan Fitur Baru Sesuai Keinginan

Sebenarnya CMS lain juga dapat ditambahkan fitur baru, namun tidak ada dari antara CMS itu yang memiliki plugins dan themes yang sangat user friendly seperti yang dimiliki oleh WordPress. Pada dashboard WordPress, saya dapat dengan mudah menambahkan fitur baru hanya dalam hitungan menit, atau bahkan dalam hitungan detik, sedangkan pada Drupal saya harus menghabiskan waktu lebih banyak waktu untuk mencari add-on – itupun kalau tersedia – lalu harus melakukan test-bug, mempelajarinya, dan banyak lagi, ini menghabiskan waktu dan kesabaran saya :P.

Keamanan WordPress Yang Bagus

Memang ada kemungkinan situs WordPress dapat di-hack orang, namun akan lebih mudah menjaga keamanan situs WordPress dibandingkan dengan menjaga keamanan situs yang menggunakan CMS lain. Kenapa saya bilang begitu? Ada dua alasan kenapa lebih mudah menjaga keamanan situs WordPress.

Yang pertama adalah karena kita bisa mengupdate software WordPres dan mendapatkan update kemananan terbaru dengan sangat mudah dibandingkan dengan CMS lain. Yang kedua, WordPress memiliki beberapa plugins untuk keamanan yang lebih serius dimana plugins ini dapat mengunci keamanan situs tersebut dengan sangat rapat. Drupal dan CMS lain tentu memiliki solusi kemanan juga, namun tidak ada satupun dari antara CMS ini yang dapat menandingi pilihan yang tersedia pada pengguna WordPress.

Dapat Digunakan Secara Gratis di WordPress.com

Memang Drupal dan CMS lainnya juga dapat di download secara gratis dan diinstal di hosting Anda, namun mereka tidak seperti WordPress yang menyediakan hosting gratis seperti pada WordPress.com. Bila kita ingin membuat sebuah blog dan tidak ingin mengeluarkan biaya maka WordPress.com dapat memberikan solusi itu, yang dibutuhkan hanya waktu untuk mengerjakannya. Ini membuat WordPress digunakan oleh banyak orang dan membantu dalam pengembangan WordPress itu sendiri menjadi CMS yang lebih mutakhir dibanding yang lain.

Memiliki Komunitas Yang Luas Untuk Sharing Pengalaman

Mungkin bagi kebanyakan pengguna WordPress, komunitas yang luas yang dimiliki oleh WordPress Adalah sebuah keuntungan lainnya. Apakah Anda ingin menambahkan fitur baru pada situs WordPress Anda saat ini?.  Atau ingin mencari ide dari orang lain yang ahli tentang WordPress?. Anda pasti akan selalu menemukan seseorang di komunitas WordPress yang mau membantu Anda.

Beberapa point di ataslah yang menjadi Alasan Mengapa Anda Harus Memilih WordPress. Semoga membantu dan blog punakawanku ini bisa menjadi pertimbangan anda utuk memilih WordPress.


Artikel menarik lainnya...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.