Tips memilih topik blog

Tips Memilih Topik Blog Yang Menarik Banyak Pengunjung

Diposting pada

Tips Memilih Topik Blog Yang Menarik – Hal pertama yang harus dilakukan oleh seorang blogger jika ingin serius menyalurkan bakatnya didunia blog adalah topik blog. Pemilihan topik yang tepat dapat berpengaruh terhadap masa depan blog, terutama masalah pembuatan artikel. Banyak blogger gagal dalam dunia blogging hanya karena salah dalam menentukan topik blog. Kebanyakan hanya berfikir tentang apa yang paling banyak dicari orang, tanpa memperhatikan potensi dirinya.

Menentukan topik blog yang tepat juga sangat berpengaruh terhadap popularitas blog dimasa yang akan datang, pada bagian ini tentu kita harus pandai menganalisa kemungkinan yang paling banyak dicari dibeberapa tahun kedepan. Tentu topik yang berhubungan dengan perkembangan teknologi sangat menjanjikan, tapi perlu diperhatikan juga apakah kita melek dengan teknologi? Jadi pemilihan topik blog hendaknya lebih melihat ke potensi yang kita miliki kemudian singkron dengan sesuatu yang paling banyak dicari.

Dari cerita diatas sebenarnya sudah bisa diambil poin penting menentukan topik blog yang tepat. Tapi agar lebih padat dan mudah dipahami, akan saya perjelas seperti berikut. Topik blog yang saya maksud disini adalah untuk menentukan target visitor. Dengan memilih topik blog, tentu konten didalam blog akan lebih terarah. Pembahasan dari setiap artikel akan lebih detail. Serta akan lebih mudah dalam menjaring pembaca setia. Blog dengan 1 topik juga akan lebih mudah mendapatkan traffik yang stabil.  Sebagai gambaran saja, jika memilih topik blogging berarti anda harus konsisten menyajikan artikel seputar dunia blogging.
Terkait dengan blog punakawanku yang masih gado-gado alias campuran. Sebenarnya pengen bisa memiliki topik 1 saja, berhubung jika topik hanya 1 bagi saya sulit untuk konsisten menulis. Maka saya menambahkan topik jalan-jalan dan personal. Sehingga jika mentok tidak ada ide menulis tentang blog, masih tetap bisa menulis seputar lainnya. Tapi semakin kesini, artikel tentang blog lebih mendominasi diblog punakawanku ini. Tapi saya sangat menyarankan, jika anda punya bakat atau hobi tentang sesuatu yang kuat. Manfaatkan hobi tersebut untuk dijadikan topik blog. Sehingga akan memudahkan anda dalam menyajikan informasi.

Tips Memilih Topik Blog Yang Tepat dan Menarik

1. Pilih Niche Sesuai Pekerjaan

Dalam dunia blogging sangat erat kaitannya dengan tulis menulis. Dalam menentukan topik blog hendaknya menyesuaikan dengan kemampuan yang kita miliki. Sebab dengan memilih topik sesuai kemampuan akan memudahkan dalam menulis artikel yang berkelanjutan. Anda tidak akan menemukan kesulitan dalam menyajikan informasi. Sebagai contoh saja, misal anda seorang bidan. Tentu saja kemampuan anda seputar kesehatan sangat cukup untuk dijadikan artikel. Berbeda jika anda seorang bidan tapi memilih topik tentang otomotif, anda akan kesulitan dalam menyajikan informasi. Kecuali copas dari blog tetangga.

2. Memilih Topik Blog Sesuai Hobi

Hobi yang anda tekuni saat ini bisa membantu anda untuk dijadikan artikel yang menarik. Terlebih hobi anda memiliki komunitas yang banyak dan luas. Tentu akan sangat menjanjikan untuk menjaring visitor dalam jumlah yang besar. Blog yang dibangun berdasarkan hobi lebih memiliki masa depan yang jelas dari pada blog yang hanya dibangun dengan topik ikut-ikutan. Dari pemilihan topik yang ikut-ikutan inilah banyak blogger yang berhenti ditengah jalan, vacum, kemudian gagal dalam membangun blog hingga bertraffik ribuan.

3. Memilih Topik Blog Sesuai Pengalaman

Pengalaman anda juga sangat membantu dan mungkin menarik untuk dijadikan topik dalam blog. Biasannya blogger ini menyebut dirinya sebagai Blogger Personal. Yaitu berbagi apa saja sesuai pengalaman hidup. Blogger personal sampai saat ini mampu menunjukkan eksistensinya meskipun visitor tidak sebanyak topik blog lainnya. Akan tetapi tidak sedikit pula blogger personal yang sukses karena tulisan dan pengalaman hidupnya menarik untuk diikuti.
Setelah anda memahami diri anda, pastinya sudah terpikirkan beberapa topik untuk dijadikan bahasan di blog. Untuk memudahkan, silahkan baca 8 Topik Blog yang selalu ramai pengunjung. Langkah selanjutnya adalah melakukan penyelidikan apakah topik blog yang sudah anda list mampu mendatangkan traffik. 
 
Jika sejak awal anda sudah memikirkan penghasilan melalui blog, tentu sejak awal anda harus memikirkan traffik blog. Kira-kira dari beberapa list topik blog yang akan anda gunakan yang mana yang akan mendatangkan banyak traffik. Tentu anda harus melakukan sebuah riset. Riset ini bisa dilakukan dengan bantuan beberapa tools yang banyak digunakan para blogger. Dengan melakukan riset ini, anda akan mengetahui popularitas dari kata kunci atau keyword yang anda bidik dari topik blog yang akan dipakai.
Untuk melakukan riset popularitas dari topik blog yang akan anda pakai, anda bisa memanfaatkan tools milik google yaitu Google Adword Keywords. Tools ini akan menunjukkan seberapa besar peminat topik yang akan anda bahas. Meskipun artikel tips memilih topik blog yang tepat sudah banyak ditulis, tapi tetap saja masih ada blogger yang tersesat dalam menentukan topik.

Kesalahan Blogger Pemula Dalam Menentukan Topik Blog

  • Meniru topik orang lain karena melihat topik yang digunakan sukses.
  • Memilih topik yang sedikit peminatnya. Bahkan hampir tidak ada orang yang mencarinya.
  • Memilih topik hanya melihat topik tersebut banyak peminatnya tetapi tidak sesuai dengan kemampuan diri.
Dari kesalahan diatas bisa dijadikan pelajaran untuk kita semua dalam menentukan topik blog yang tepat dari tips memilih topik blog. Lebih baik memilih topik gado-gado seperti blog punakawanku dari pada 1 topik yang banyak peminatnya tetapi kita sendiri tidak tahu apa-apa tentang topik tersebut. Akan tetapi jika terlanjur melakukan salah satu kesalahan diatas, tetaplah semangat dan lanjutkan meskipun dengan sedikot bekerja keras. Karena kegagalan akan membawa anda selangkah menuju kesuksesan di dunia blogging.

Artikel menarik lainnya...

2 thoughts on “Tips Memilih Topik Blog Yang Menarik Banyak Pengunjung

  1. Blogku gado-gado, tapi ada 2 topik yang rutin update(Parenting dan Traveling). Sayang karena satu dan lain hal, aku pernah sesekali nggak update. Kadang karena stuck jadinya nulis topik lain agar tetap update.

  2. Itulah alasan saya mengapa pilih niche gado-gado mbak. Kalau lagi stuck masih bisa nulis. Yaahhh, meskipun memilih 1 niche lebih bagus dan berpotensi. Tpi kembali lagi ke niat awal, ngeblog hanya ingin belajar kemampuan menulis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *