Cara membuat blog gratis untuk pemula

Cara Membuat Blog Gratis Untuk Pemula di Dunia Blogging

Diposting pada
Cara Membuat Blog Gratis Untuk Pemula – Membuat blog baru dan gratis menggunakan paltform blogger sangatlah mudah, akan tetapi bagi seorang pemula yang belum pernah mengenal blog, tentu akan mengalami sedikit kesulitan. Seperti saya dulu, saya butuh artikel cara paling mudah membuat blog yang saya cari di google. Sehingga, sebagai timbal balik saya buatlah artikel cara membuat blog gratis untuk pemula dengan mudah.

Latar belakang setiap orang membuat blog berbeda-beda. Ada yang mengisi blog dengan kisah pribadi, tugas sekolah, tentang tutorial, tips dan trik dan masih banyak lagi bahkan ada yang membuat blog untuk membagikan semua informasi yang kita ketahui.

Tutorial membuat blog yang saya bagikan kali ini menggunakan platform blogger, sebuah platform gratis milik Google yang sampai saat ini masih gratis dan banyak peminatnya. Langsung ke pembahasan, berikut Cara termudah membuat blog gratis untuk pemula :

Cara membuat blog gratis untuk pemula menggunakan Blogger…

1. Sebelum masuk ke blogger, syarat utama anda harus memiliki akun gmail. Jika belum silahkan anda membuat akun gmail terlebih dahulu.Namun disini saya anggap anda sudah mempunyai akun gmail.

2. Silahkan anda masuk ke www.blogger.com
Jika akun gmail anda sudah login, kemudian buka blogger.com di tab baru. Silahkan anda pilih Creat New Blog atau Buat Blog Baru. Sebelum ke blogger, anda akan diminta untuk melengkapi profil google+. Ikuti saja langkahnya dan isi sesuai data anda. Profil google+ berfungsi sebagai tampilan admin blog.

Cara Membuat Blog Gratis Untuk Pemula

3. Akan muncul kolom yang berisi Title, Address, dan Tema
Title : Silahkan isi judul blog sobat (contohnya Punakawanku)
Address : Silahkan isi alamat URL blog (Contoh punakawanku.blogspot.com)
Usahakan judul blog dan alamat URL blog sama. Karena akan berdampak untuk masa depan blog.
Tema : Silahkan pilih Tema sesuai selera anda.

Cara Membuat Blog Gratis Untuk Pemula

4. Kalau sudah selesai, silahkan klik Create Blog

Sampai disini blog anda sudah jadi, dan bisa diakses ketika anda ketikkan alamat URL blog. akan tetapi blog anda masih kosong. Langkah berikutnya adalah membuat artikel.

Silahkan klik Entri Baru, anda akan di bawa ke satu halaman kosong tempat anda membuat artikel pertama.

Sebagai saran buat anda, sejak awal membangun blog usahakan anda mengetik sendiri artikel anda. Jangan sekali-sekali copas dari google. Ada baiknya menjadi seorang copy writter, silahkan cari artikel yang menurut nda bagus, kemudian silahkan ketik ulang menggunakan bahasa anda sendiri.

Setelah artikel anda selesai, silahkan klik Publikasikan/Publish.

Baca juga : 5 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Membangun Blog

Sekarang anda sudah memiliki blog aktif dengan artikel pertama. Silahkan buat artikel secara rutin agar blog anda semakin dikenal banyak orang. Promosikan blog anda melalui media sosial, atau anda bisa juga berkunjung ke blog lain kemudian berkomentar di salah satu artikel. Anda cukup berkomentar yang relevan, jangan pernah menulis URL blog anda di kolom komentar. Sebab akan berdampak buruk bagi kesehatan blog anda.

Membuat blog gratis di platform WordPress

Selain artikel membuat blog gratis di platform Blogger. Kamu juga bisa membuat blog gratis di Platform WordPress. Silahkan baca Artikel Cara Membuat Blog dari Hostinger. WordPress merupakan platform pesaing Blogger yang sampai saat ini semakin besar komunitasnya.

Selamat berkreasi melalui blog, jadikan blog sebagai media menulis dan berbagi. Sekian artikel Cara Mudah Membuat Blog Untuk Pemula.


Artikel menarik lainnya...

2 thoughts on “Cara Membuat Blog Gratis Untuk Pemula di Dunia Blogging

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.