Cara Membuat daftar Isi di Blog dengan kode HTML

Diposting pada
Cara membuat Daftar Isi di Blog – Ada banyak cara untuk melakukan optimasi blog, salah satunya yaitu dengan membuat daftar isi pada blog. Salah satu cara agar blog kita semakin SEO yaitu membuat daftar isi di blog. Cara ini disebut juga optimasi yang bersifat On-page. Fungsi dari daftar isi ini yaitu untuk memudahkan pengunjung menelusuri semua isi yang ada pada blog dengan mudah. Selain itu sitemap juga akan terbaca oleh spider search, sehingga peluang untuk mendapatkan banyak pengunjung terbuka lebar.



Cara membuat daftar isi di Blog sebenarnya cukup beragam. Jika anda menggunakan blog berplatfom blogspot, sebagian besar daftar isi blog di buat dengan cara menambahkan kode javascript. Membuat daftar isi di blog menggunakan javascript memang lebih mudah di bandingkan dengan cara lainya. Jika anda menggunakan blog berplatfom wordpress, maka anda cukup menggunakan plugin untuk membuat sebuah daftar isi di blog. Akan tetapi yang akan saya bahas kali ini yaitu cara membuat daftar isi pada blog dengan platfom blogger.
Cara Membuat daftar Isi di Blog dengan kode HTML
Sitemap blog punakawanku
Berikut hasil daftar isi yang berhasil saya terapkan di blog Punakawanku.com silahkan klik DEMO
Jika anda tertarik dengan cara membuat daftar isi di blog seperti punya saya, siahkan ikuti langkah-langkah berikut :
  • Silahkan masuk ke blogger.com
  • Masuk ke dashboard blog
  • Pilih Laman atau Page
  • Silahkan pilih HTML dan copy kode di bawah ini ke mode HTML

  • <script src=”https://rawgit.com/umraici/sitemap/master/sitemap.js” type=”text/javascript”>
    </script>
    <script src=”https://punakawanku.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc”>
    </script>

 Silahkan ganti URL warna merah dengan URL blog anda. Beri judul laman Sitemap atau Daftar isi

  • Setelah selesai klik Publikasikan.
Sampai sini halaman daftar isi sudah berhasil di buat. Untuk langkah selanjutnya yaitu meletakkan Laman Daftar isi pada Menu atau Footer. Agar Daftar isi mudah di lihat pengunjung, saran saya letakkan saja di Menu Navigasi.
Cara meletakkan laman daftar isi pada menu navigasi yaitu :
  • Silahkan Masuk ke dashboard blog.
  • Pilih Template
  • Kemudian edit HTML
  • Tekan Control+F untuk menemukan menu navigasi anda, kemudian masukkan salah satu nama menu navigasi, misal menu1, maka akan muncul seperti gambar ;
Cara Membuat daftar Isi di Blog dengan kode HTML
Silahkan ganti menu2 yang saya coret kuning dengan nama Sitemap, kemudian hapus tanda # dan gannti dengan alamat URL dari Page/Laman Daftar isi yang sudah kita buat.
  • Setelah selesai klik simpan dan lihat hasilnya. Daftar isi blog berhasil di buat.
Sekian tutorial cara membuat daftar isi blog, membuat daftar isi blog dengan mudah, cara membuat sitemap html,  kode javascript untuk membuat daftar isi di blog, membuat sitemap SEO frienly di blog. Semoga artikel ini sangat membantu buat agan-agan yang masih newbie seperti saya, Jangan lupa tinggalkan komentar untuk masukan saya. 
Terimakasih buat mas Umraici yang sudah berbagi kode daftar isi pada blog.

Artikel menarik lainnya...

4 thoughts on “Cara Membuat daftar Isi di Blog dengan kode HTML

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *