4 Penyebab Artikel Hilang Dari Mesin Pencarian Google

Diposting pada

Penyebab artikel hilang dari mesin pencarian google – Artikel adalah salah satu bagian terpenting yang menentukan baik atau tidaknya penilaian mesin pencari(google, bing, yahoo, yandex) terhadap sebuah blog. Banyak para  blogger yang mengejar suatu cara bagaimana caranya agar postingan yang mereka publikasikan bisa bertengger di halaman pertama hasil pencarian.

Tetapi apakah kalian pernah menyadari, mengapa artikel blog tidak muncul bahkan hilang dari mesin pencarian google ?Ada beberapa faktor penyebab artikel hilang dari mesin pencari/search engine. Seperti yang sudah saya jelaskan dibawah ini.

4 Penyebab artikel hilang dari mesin pencarian google

1. Umur Blog Masih baru

Jika artikel kalian bahkan blog/situs itu sendiri tidak muncul di pencarian google, biasanya disebabkan karena umur blog kalian masih terbilang baru. Masalah ini sudah umum terjadi dan akan terselesaikan dengan seiringnya waktu. Kalian hanya perlu rajin menulis artikel secara berkala. Jangan malu untuk mencoba memperkenalkan blog kalian melalui sosial media.Yang terpenting adalah mengikuti prosedur yang telah ditentukan oleh google tentang bagaimana cara memperkenalkan situs baru. Hal yang bisa kalian lakukan adalah sebagai berikut :

Mengingat umur blog kalian masih baru, dalam tahap ini mesin pencarian google pun masih melakukan proses peng-indexan pada situs kalian. Lamanya waktu pengindexan sendiri memang tidak pasti. Karena dalam hal ini waktu yang biasanya dibutuhkan mesin pencari sangat bervariatif. Tapi semakin anda rutin menerbitkan artikel, maka akan membuat blog bahkan artikel kalian cepat terindeks.

2. Blog Kena Penalty Google

Penyebab lainnya yang menyebabkan blog kalian tidak muncul di pencarian google adalah kemungkinan besar blog kalian kena penalty google.Umumnya hukuman penalty ini akan diberikan kepada para blogger yang mempunyai aktivitas yang sangat buruk dalam mengelola blognya. Biasanya sering terjadi pada pemain blackhat SEO.

Seperti dalam membuat backlink yang tidak beraturan. Meninggalkan komentar yang tidak relevan sehingga di anggap spam oleh pemilik blog. Komentar yang berlebihan pada suatu situs dengan menyertakan link aktif.

Terlalu banyak memasukan kata kunci (keyword) pada suatu artikel juga bisa menyebabkan artikel anda akan hilang dari mesin pencari. Karena google menganggap artikel anda tidak berkualitas. Jadi, tulislah artikel yang mudah dan enak dibaca oleh pengunjung.

3. Pemilihan kata kunci yang salah.

Dalam hal ini kalian harus lebih selektif dalam memilih kata kunci / keyword. Jika kalian menginginkan artikel kalian cepat terindeks dan nangkring di halaman pencarian google, usahakan kalian membidik kata kunci jangka panjang. Seperti pembahasan pendidikan, android, komputer, resep dll yang didalamnya mencakup materi dasar. Jangan menulis sesuatu yang sifatnya viral, karena artikel viral tidak akan bertahan lama di halaman mesin pencari.

4. Persaingan antar blog

Poin terakhir ini tentunya menjadi yang sangat lumrah di dunia blogging. Ketatnya persaingan sesama blog yang mempunyai topik/niche yang sama, tentunya juga akan mempengaruhi posisi artikel kalian.

Dalam hal persaingan banyak sekali faktor yang menentukan diantaranya adalah, umur blog, SEO, kualitas tulisan, backlink,  DA PA dll. Jika semua aspek tersebut belum kalian miliki dalam blog tersebut, maka jangan harap kalian akan memenangkan persaingan di mesin pencari dengan keyword yang sama.

Jika kalian kesulitan bahkan ingin cepat membuktikan bahwa artikel blog kalian berada pada posisi teratas. Tulislah artikel yang tidak banyak dibahas. Misalnya kearifan lokal suatu daerah, wisata lokal didaerah. Intinya yang masih belum diketahui oleh banyak orang.


Artikel menarik lainnya...

One thought on “4 Penyebab Artikel Hilang Dari Mesin Pencarian Google

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *