Mengenal Fungsi Tombol Icon Pada Editor Posting di Blogspot

  • Whatsapp

Memulai Membuat Artikel di Blog – Dari artikel sebelumnya tentang Cara membuat blog baru di blogspot untuk pemula. Artikel yang saya bagikan kali ini yaitu tentang fungsi tombol icon pada editor post di blog.

Artikel yang anda buat merupakan asupan untuk perkembangan blog yang anda kelola, sehingga sangat saya sarankan buatlah artikel sebanyak mungkin tetapi tetap mengutamakan kualitas dari artikel yang anda buat.

Bacaan Lainnya

Untuk mempermudah anda dalam membuat artikel, berikut saya jelaskan setiap fungsi tombol icon yang terdapat pada editor posting blog:

Fungsi Tombol Icon Pada Editor Post

Dari gambar diatas, mari kita kenali fungsinya satu-persatu:

1. Title / Judul Postingan

Pada icon nomor 1 terdapat sebuah kolom sebagai tempat untuk mengetikkan judul artikel. Buatlah judul artikel blog yang menarik serta membuat pengunjung penasaran untuk mengeklik artikel.

2. Mode Post Editor

Pada mode post editor terdapat 2 mode yang memiki fungsi berbeda. Compose : Merupakan mode dasar untuk menulis artikel, tampilan yang ada pada mode compose hampir mirip dengan MS Word.

Sehingga untuk menulis artikel layaknya mengetik di MS. Word. HTML : Pada mode yang kedua ini sangat berbeda dengan mode compose, anda harus memahami bahasa kode HTML. Akan tetapi mode HTML memiliki kelebihan, anda bisa mengedit tampilan artikel sesuai kreatifitas anda.

Dan ini hanya bisa dilakukan dengan mode HTML, biasannya mode HTML digunakan para blogger untuk menyisipkan bingkai, kolom, serta tampilan lainnya.

3. Undo dan Redo

Pada icon nomor 3, sebelah kiri merupakan Undo, sebelah kanan adalah Redo, Undo berfungsi untuk membatalkan perintah sebelumnya, sedangkan Redo untuk mengembalikan perintah yang dibatalkan.

4. Font

Berfungsi untuk memilih/mengatur font artikel blog. Usahakan semua artikel anda menggunakan satu font saja.

5. Font Size

Tombol icon nomor 5 yang ada simbol huruf T adalah font size, yaitu untuk mengatur ukuran font.

6. Font Format

Pada tombol berikut ada empat pilihan format, yaitu Heading, Subheading, Minor Heading, Normal. Sebagai contoh, pada artikel yang anda baca ini, diatas terdapat kalimat “Memulai membuat artikel blog” merupakan tampilan jika anda memilih Heading. Pada kalimat “Fungsi tombol icon pada editor post”merupakan tampilan jika anda memilih Subheading. Selebihnya, merupakan tampilan jika anda memilih format Normal.

7. Tampilan Font

Layaknya pada MS. Word, fungsi ketiga tombil ini sama. Untuk mengatur cetak tebal, miring, garis bawah dan garis tengah.

8. Text Color

Untuk mengatur warna tulisan pada artikel blog.

9. Text Background Color

Untuk menambahkan background warna pada tulisan. Seperti ini…

10. Link

Untuk menambahkan atau menghapus link pada kalimat atau gambar di blog. Caranya cukup mudah, silahkan blog kata atau kalimat yang akan disisipkan link, kemudian klik link, silahkan masukkan alamat URL yang akan di tuju.

Sebagai contoh : 5 Hal yang harus disiapkan sebelum membangun blog atau Cara membuat blog gratis untuk blogger pemula

Untuk mendapatkan alamat URL, silahkan anda kunjungi URL yang akan dituju, kemudian copas URL. Dan paste pada kolom To what URL should this link go?, kemudian klik ok.

11. Insert Image

merupakan salah satu icon yang wajib dipakai untuk memperjelas artikel serta membuat tampilan artikel lebih menarik. Pada saat anda menambahkan gambar, anda bisa menambahkan/upload dari komputer. Bisa juga menyisipkan link gambar yang sudah di upload di tempat lain.

12. Insert Video

Jelas fungsinya yaitu untuk menyisipkan video. Biasannya blog yang menjelaskan tentang tutorial sering menyisipkan video agar pengunjung lebih mudah memahami.

13. Special characters

Dari tampilannya memang seperti kumpulan smile, tapi lebih dari itu. Tombol ini berfungsi untuk menambahkan karakter spesial mulai smile,number serta simbol lainnya. seperti : ⥪⧪⧫⧭⧬⬐⬱???????东业丘4௩૨??

14. Jump Break

Tombol ini berfungsi untuk memenggal paragraf artikel, sehingga yang tampil sebagian saja, untuk paragraf selanjutnya akan berubah menjadi Readmore/baca selanjutnya.

15. Perataan Text

Sama seperti MS. Word, di blog juga ada perataan text untuk mengatur perataan setiap paragraf.

16 & 17. Bullet dan Numbering

Berfungsi untuk memberikan penomoran dan list pada setiap item poostingan. Seperti :

18. Block Quote

Pada tombol ini berfungsi memberikan tanda kutipan. Tampilannya seperti ini :

Saya seorang Blogger. Anda?

19. Remove Formating

Berfungsi untuk menghapus format yang sudah anda atur. Mulai font, ukuran, tebal miring, semua akan kembali ke tampilan asli.

20. Check Spelling

Berfungsi untuk mencari kata dalam bahasa inggri. Jika anda klik tombil ini, maka semua kata yang bukan bahasa inggris akan terblock.

Baca juga : Mengenal Fungsi Setelan Entri pada Blog

Dari kumpulan fungsi icon pada editor posting blog di atas. Semoga wawasan anda semakin bertambah, serta bisa menggunakan masing-masing fungsi dengan baik. Sampai jumpa di postingan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.