Bahaya Sering Ganti Template Blog Sama Saja Membunuh Blog

Diposting pada

Bahaya Sering Ganti Template Blog – Bisa dibilang seorang blogger pemula bisa diibaratkan seorang remaja yang masih labil. Tak peduli berapa usia blogger pemula, yang jelas semua bakal punya kebiasaan yang sama. Kebiasaan tersebut adalah sering gonta-ganti template blog. Perlu anda ketahui bahwa mengganti template blog dalam rentang waktu yang singkat, akan sangat berbahaya terhadap perkembangan blog saat bersaing dimesin pencari. Jangankan mengganti template secara keseluruhan, mengganti beberapa tampilan template saja cukup berbahaya terhadap kesehatan blog.

Alasan para blogger pemula bergonta ganti template biasannya memang karena rasa ingin tahu yang besar, sehingga blog utama sering dijadikan bahan percobaan. Sangat bagus jika punya rasa ingin tahu yang besar, tapi perlu anda ketahui juga bahwa anda harus punya blog cadangan yang bisa dijadikan untuk belajar mengotak atik template. Alasan lainnya adalah bosan dengan tampilan template, alasan kedua ini lebih susah menghilangkannya. Sampai kapanpun akan cepat gampang bosan dengan tampilan blog anda, akhirnya sering gonta ganti template di blog utama. Lalu apa saja bahaya sering gonta-ganti template?

Template blogger
Pixabay.com

 

Bahaya Sering Ganti Template Blog

1. Visitor Blog Menurun Drastis

100% jika anda baru saja berganti template blog jumlah pengunjung anda akan menurun. Itu baru sekali berganti template, bagaimana jika sering berganti template? Bisa dipastikan tarffik blog anda akan susah naik dan akan cenderung turun. Penurunan jumlah pengunjung berkaitan dengan Google bot yang biasannya bertugas merayapi blog anda.Google bot punya jadwal tersendiri saat merayapi suatu blog, jika setiap Google bot melakukan perayapan dan selalu ditemukan struktur template yang berbeda dari sebelumnya (ganti template), Google bot akan mengalami kebingungan. Dampaknya sangat besar, blog anda akan susah bersaing dimesin pencarian. Siap-siap jumlah pengunjung harian blog anjlok secara drastis.

2. Menurunkan Peringkat Blog di SERP dan SEO

Kalau google bot sudah bingung terhadap struktur template blog yang selalu berbeda dari perayapan sebelumnya,maka akan berakibat terhadap peringkat blog di SERP yang menurun secara drastis.Dampak selanjutnya kualitas SEO akan ikut turun. Artikel blog yang awalnya muncul dihalaman pertama google mengalahkan artikel lainnya dari blog tetangga perlahan akan tergeser sampai artikel anda berada dihalaman belakang bahkan tidak menutup kemungkinan akan hilang dari SERP.
Jika sudah terlanjur seperti ini, mengembalikan tampilan template blog seperti semula bukanlah solusi. Langkah terbaik adalah segera berhenti berganti template blog, jika anda kurang puas atau bosan dengan tampilan blog, belum tentu pengunjung juga merasakan hal yang sama. Jika masih tetap ingin berganti template, anda harus siap dengan resiko terbesar sepanjang anda terjun didunia blog.

3. Menghabiskan Banyak Waktu

Jelas bukan, jika anda sering berganti template pasti akan menghabiskan waktu yang tidak sebentar. Bahkan untuk sekali berganti template dan mengatur menu navigasi dan menambahkan widget bisa memakan waktu sampai 5 jam lamanya. Bayangkan saja jika dengan waktu 5 jam anda gunakan untuk membuat artikel. Seudah berapa artikel yang anda hasilkan?
Mengganti template blog akan menurunkan produktifitas seorang blogger dalam menulis. Blogger yang cerdas akan lebih fokus terhadap produktifitas, rajin menulis artikel secara teratur. Sehingga traffik blog akan terus naik dan peringkat blog di SERP juga ikut naik.

4. Ciri Khas Blog yang sudah dikenal Pengunjung akan Hilang.

Jika artikel anda sudah banyak dan pengunjung pun lumayan banyak setiap harinya, tentu akan ada pengunjung yang tertarik ingin kembali berkunjung ke blog anda. Pengunjung seperti inilah yang sepatutnya anda jaga, dengan seringnya berganti template akan membuat pengunjung blog yang sudah percaya dan hampir setiap hari berkunjung keblog anda akan merasa risih bahkan mulai hilang kepercayaannya terhadap blog anda.
Blog yang sering ganti template terlihat tidak bprofesional dan tidak memiliki ciri khas yang melekat di hati pengunjung. Template blog sangat berpengaruh terhadap kenyamanan pengunjung, jadi jangan coba-coba untuk sering berganti template.
Blog yang sudah mendapatkan peringkat jelek akan susah mendapatkan pengunjung organik melalui google. Bisa saja anda menshare artikel kesosial media, tapi ingat pengunjung organik lebih disukai dan lebih mahal harganya. Seoga anda yang membaca artikel ini mulai berhenti berganti template dan mulai fokus untuk menulis artikel sebanyak-banyaknya dan rutin.

Artikel menarik lainnya...

2 thoughts on “Bahaya Sering Ganti Template Blog Sama Saja Membunuh Blog

  1. Punya blog cadangan khusus untuk percobaan template, jika dirasa sudah cocok baru deh dipindah ke blog utama. Semua demi empat poin diatas. Ciri khas jangan sampai hilang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *