Cara Agar Visitor atau Pengunjung Blog Stabil

3 Cara Agar Visitor atau Pengunjung Blog Stabil

Diposting pada
Cara Agar Visitor atau Pengunjung Blog Stabil – Bagi seorang blogger, hal yang paling penting adalah traffik atau pengunjung blog. Apalah arti sebuah blog jika tidak ada yang mengunjungi. Sangat horor jika kita sudah menulis artikel diblog panjang dan lebar, tapi setelah di upload diblog ternyata tidak ada yang mengunjungi. Sedih? Lebih dari sedih. Sebab visitor adalah nyawa bagi blog agar tetap hidup dan artikel merupakan asupan gizi bagi blog. Agar blog memiliki pengunjung murni dari google, langkah pertama adalah mendaftarkan blog ke webmaster Tools. Silahkan daftarkan kemudian verifikasi kepemilikan blog anda. Sebab dengan bantuan webmaster, blog kita akan terindeks oleh mesin pencari. Dampaknya adalah blog akan memiliki pengunjung dari google.

Baca juga : Cara mendaftar dan verifikasi blog ke google webmaster tools

Jika sebuah blog sudah mendapatkan visitor yang banyak, hal yang harus anda lakukan adalah menjaga agar trafik blog stabil. Sejatinya dengan meningkatnya trafik blog serta visitor yang stabil memiliki banyak keuntungan. Yaitu dapat memperbaiki posisi blog dalam Google Page Rank serta Alexa Global Rank. Dengan jumlah visitor yang banyak dan stabil, tentu akan memberikan keuntungan materi bagi pemilik blog. Blog bisa dimonetisasi untuk mendapatkan uang. Banya juga para advertiser yang ingin memasang iklan diblog yang memiliki trafik yang stabil. Visitor yang banyak dan stabil merupakan prestasi yang membanggakan bagi seorang blogger.

Akan tetapi tidak mudah menjaga trafik blog agar tetap stabil. Selain sulit juga butuh tindakan yang bersifat rutin harus kita lakukan. Lalu apa saja cara agar blog memiliki trafik stabil?

Cara Agar Visitor atau Pengunjung Blog Stabil

1. Memperbanyak Artikel Blog

Bagi sebuah blog, artikel bagaikan makanan. Agar blog tetap hidup dimata mesin pencari, maka selaku pemilik blog harus memperbanyak artikel. 1 artikel saja yang sudah diideks mesin pencari mampu membawa pengunjung, apalagi artikel dengan jumlah yang banyak. Memiliki banyak artikel juga mampu menjaga visitor blog stabil, 1 pengunjung akan tertarik dengan beberapa artikel yang ada di blog. Berbeda dengan blog yang jarang update artikel, artikel yang sudah diindeks mesin pencari lama-kelamaan akan tenggelam yang akan berdampak menurunnya jumlah pengunjung.

2. Blogwalking

Blogwalking merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilakukan oleh seorang blogger jika blognya ingin dikunjungi balik. Blogwalking memiliki banyak sekali manfaat, mulai memberikan backlink kepada blog anda, mempromosikan blog dan yang jelas blogwalking yang rutin mampu menjaga trafik blog agar tetap stabil.

3. Membuat Artikel Evergreen

Sudah tahu yang namannya evergreen content? Apa itu evergreen content? mungkin sobat blogger pemula bertanya-tanya apa itu arti evergreen content. Evergreen content adalah artikel atau postingan blog yang selalu relevan meskipun dibaca kapan saja. Sekarang, bulan depan bahkan sampai bertahun-tahun kedepan content tersebut masih bisa diterapkan. Dengan content yang selalu relevan,tentu menjadi alasan mengapa trafik blog selalu stabil. Lalu seperti apa sih artikel yang disebut evergreen content?
Berikut beberapa contoh artikel yang bisa disebut Evergreen Content :
 
1. Artikel tentang Definisi atau Pengertian
Untuk artikel tentang definisi biasannya banyak digunakan blog berniche pendidikan atau tentang ilmu pengetahuan. Sehingga hanya dengan sekali update akan selalu relevan sampai kapanpun.
2. Artikel tentang tutorial.
Artikel tentang panduan atau tutorial merupakan artikel yang menjelaskan tentang cara-cara untuk melakukan hal-hal tertentu. Contoh artikel tutorial banyak ditemukan diluar sana, mulai tutorial tentang blog, aplikasi, game dll.
Untuk evergreen content yang sangat membantu dalam menjaga trafik agar stabil adalah kedua jenis artikel diatas. Sebenarnya masih banyak jenis evergreen content tapi hanya dua yang saya ulas dimana menurut saya yang paling banyak berpengaruh menjaga trafik blog stabil.
Ketiga cara diatas merupakan cara paling dasar dalam menjaga trafik blog agar stabil. Yang paling utama adalah anda selalu rutin update artikel, bukan hanya stabil bahkan trafik akan terus mengalami peningkatan. Sudah sering diingatkan oleh para master blog bahwa content blog atau artikel adalah sajian pokok yang dicari pengunjung.

Artikel menarik lainnya...

10 thoughts on “3 Cara Agar Visitor atau Pengunjung Blog Stabil

  1. yang no 2 terkadang sulit di lakuin mas heheh. Ketika saya Blog Walking, hanya sekitar 30% yang membalas ke blog saya. Tips agar orang balas bw kita gimana nih mas?

  2. Sebenernya artikel yang bukan evergreen juga bagus buat menstabilkan trafik kok. Coba deh buat artikel viral, dan pasang facebook ads kalau bisa. Cukup seminggu aja. Dalam seminggu itu blog kita pengunjungnya bakalan membludak. Emang sih setelah itu bakal turun lagi trafiknya. Tapi yakin deh ga bakalan kembali ke seperti semula lagi. Tingkat kestabilannya trafik meningkat. Yang tadinya cuuma 100 per hari bisa jadi 200 per hari (misal). Contohnya blog saya http://www.terseram.com , sekarang berhasil stabil di 10ribu pageviews per hari meskipun tanpa konten viral dan fb ads lagi. Masih jauh dari target sih. Pengennya 100ribu per hari. Haha

  3. Boleh dicoba tuh mas. Tapi kalau mau membuat artikel viral masih mikir-mikir harus menyesuaikan dengan topik blog.
    Berarti ane tambahin satu lagi jika ingin pengunjung stabil, berdasarkan pengalaman mas terseram hehehe. Yaitu dengan promosi blog, nah dari hasil promosi itu pasti ada beberapa pengunjung yang suka dengan blog kita. Nah pengunjung itulah nanti yang bakal jadi pengunjung tetap dan membuat traffik blog stabil setelah iklan fb ads berakhir.

  4. diantara tips diatas nomor 3 mungkin sulit dilakukan bagi saya krna membuat konten yang berkualitas agak sulit, tetapi mau tidak mau harus dilakukan agar pengungjung stabil, blog saya skrg terkadang naik juga turun hehe.

    terimah kasih atas infonya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *