Cara Agar Judul Postingan Artikel Muncul di Pencarian Google Halaman Pertama

Diposting pada

Cara Agar Judul Postingan Artikel Muncul di Pencarian Google – Adakah seorang blogger yang menulis secara percuma? yang saya maksud percuma disini adalah tulisan anda tidak di indeks oleh google. Sehingga panjang lebar anda membuat tulisan namun tidak ada yang membaca, kalaupun ada mungkin hasil share di sosial media, bukan dari pengunjung organik hasil pencarian google. Yang jelas setiap blogger menginginkan tulisannya atau artikel blog muncul di pencarian google agar mendapatkan organik visitor.

Blog yang tidak diindeks oleh google akan susah mendapatkan pengunjung, sehingga cara agar artikel muncul di pencarian google sangatlah diperlukan. Ada beberapa cara yang akan saya bagikan. Sebagai bukti, meskipun tidak semuannya. Saya bersyukur artikel saya muncul semuannya di hasil pencarian google, bahkan ada yang menempati posisi pertama.
Saya akan menjelaskan cara agar artikel muncul di pencarian google mullai dari yang paling dasar. Silahkan ikuti secara teratur agar memudahkan anda untuk menerapkkannya di blog.

Cara Agar Artikel Blog Muncul di Pencarian Google

1. Daftar ke Google Webmaster Tools

Google webmaster tools adalah suatu tools gratis milik google yang berfungsi untuk memantau situs di pencarian google. Dengan mendaftarkan blog ke google webmaster tool, berarti anda sedang meminta bot google untuk merayapi blog anda, sehingga tidak butuh waktu lama artikel anda akan muncul di pencarian google. Tergantung seberapa ketat persaingan kata kunci di mesin pencarian google.
Mengapa harus mendaftarkan blog ke Google Webmaster Tools? Karena dengan mendaftarkan blog ke webmaster tools, akan membantu anda dalam memantau dan memonitor kinerja blog atau website pada mesin pencarian Google. Melalui webmaster tools anda dapat mengatur artikel mana yang ingin dirayapi bot google dan artikel mana yang ingin anda hapus secara permanen dari pencarian google.
Dengan bantuan Google webmaster Tools blog yang anda kelola lebih cepat dirayapi oleh robot google, untuk cara menfadtarkan blog ke webmaster tools silahkan baca :
Langkah selanjutnya setelah blog terdaftar di webmaster tool, silahkan lakukan Submit artikel ke Google, langkah ini harus anda lakukan setiap selesai mempublish artikel baru.
Semua blogger pasti menginginkan artikelnya cepat mendapatkan pembaca organik melalui mesin pencarian google. Ini merupakan cara tercepat untuk meminta google agar segera melakukan indeks terhadap artikel terbaru. Sehingga blog akan kedatangan banyak pengunjung organik dan mudah ditemukan pengunjung di mesin pencari.
Jika tidak melakukan Submit artikel ke google secara manual, anda harus menunggu artikel diindeks sendiri oleh google. Sehingga butuh waktu berhari-hari sampai artikel anda benar-benar diindeks, karena google harus bergantian mengindeks artikel terbaru dari semua blog yang mempublish artikel terbaru.

Cara Submit Artikel ke Google

  • Silahkan kunjungi https://www.google.com/webmaster/tools/submit-url
  • Silahkan anda copas URL artikel yang baru anda publish, kemudian paste di kolom submit artikel, jangan lupa centang kotak i’m not robot untuk verifikasi bahwa anda benar-benar human/bukan robot.
  • Dalam beberapa jam artikel anda akan terindeks oleh google.
Untuk mengecek kalau artikel sudah diindeks, silahkan ketikkan di google site:nama URL anda

2. Melakukan Optimasi SEO Onpage

  • Riset Kata Kunci
Tahapan awal sebelum membuat artikel adalah melakukan riset kata kunci, cara ini dilakukan untuk melihat kata kunci apa yang paling banyak dicari pengunjung di google. Sehingga kesempatan untuk mendapatkan banyak pengunjung semakin besar. Ada beberapa tools gratis untuk melakukan riset kata kunci, anda bisa memanfaatkannya untuk melakukan riset kata kunci. Berikut tools gratisnya :
– https://adwords.google.com/home/tools/keyword-planner/
– www.ubersuggest.org
– www.keywordtool.io
  • Membuat Artikel Berkualitas
Dikalangan blogger, artikel adalah raja. apapun optimasi yang anda lakukan akan percuma jika tidak didukung artikel yang berkualitas. Anda harus membuat konten original karya anda sendiri, hindari artikel copy paste. Google juga memiliki standard artikel yang berkualitas. Lantas seperti apa artikel berkualitas menurut google? Silahkan baca : Artikel berkualitas menurut google
  • Praktik SEO OnPage
Untuk memaksimalkan praktik SEO Onpage, silahkan praktikkan ulasan di bawah ini :
– Jangan terlalu banyak menggunakan kata kunci pada artikel, utamakan pengalaman pengguna agar kembali berkunjung ke blog. Pahami kepadatan kata kunci mengggunakan Keyword Density. Google sudah memiliki aturan tentang tingkat kepadatan kata kunci. Silahkan cek : Cara mengecek kepadatan kata kunci menggunakan keyword density
– Letakkan kata kunci dibagian judul artikel. Manfaatkan tehnik longtail keyword untuk mendapatkan banyak kata kunci pada judul. Silahkan baca : Cara menggunakan Longtail Keyword Untuk meraih Page One Google
– Pada URL mengandung kata kunci.
– Pada paragraf pertama terdapat kata kunci, biasannya diberi efek cetak tebal.
– Optimasi gambar, silahkan anda isi pada bagian propertis title tag dan alt tag sesuai judul artikel.
– Gunakan heading H2 dan H3 dengan menyisipkan kata kunci.
– Gunakan link yang terkait dengan artikel blog yang berkaitan. Contohnya seperti pada tulisan ini, dibagian atas terdapat beberapa link yang mengarah ke artikel lain yag terkait.
Kedua cara diatas merupakan cara dasar dan sudah cukup untuk membuat artikel blog muncul di pencarian google. Jangan terlalu banyak melakukan optimasi yang justru akan mengancam masa depan blog. Cara agar artikel blog muncul dipencarian google tidak terlalu susah. Cara ini sangat cocok untuk para blogger pemula, termasuk cara yang saya praktekkan. yang perlu di tekankan adalah, semua tergantung pada kualitas artikel blog, artikel blog pasti muncul di pencarian google, tapi hanya artikel berkualitas yang mampu muncul di halaman pertama google.

Artikel menarik lainnya...

6 thoughts on “Cara Agar Judul Postingan Artikel Muncul di Pencarian Google Halaman Pertama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *