Wisata Murah di Air Terjun Nglirip

Diposting pada

Air Terjun Nglirip – Tuban menjadi salah satu kota di Jawa Timur yang terkenal dengan wisata pantainya. Sepanjang jalur pantura tuban merupakan kawasan wisata pantai, mulai dari pantai boom, pantai cemara, pantai pasir putih sampai diperbatasan Jawa Tengah merupakan wisata pantai yang selalu ramai dengan pengunjung dari berbagai daerah. Selain pantai, Tuban juga dikenal dengan kota seribu goa. Sebab dikota ronggolawe ini juga banyak wisata goa bahkan goa-goa yang belum tereksplore juga banyak.

Wisata Murah di Air Terjun Nglirip
Baca juga : Keindahan Air Terjun Coban Pelangi

Selain terkenal dengan pantai dan goa nya, ada salah satu air terjun yang terkenal dengan keindahan airnya yang berwarna biru seperti lautan. Air terjun nglirip atau dikenal dengan nama Grajagan Nglirip oleh masyarakat sekitar memiliki ketinggian kira-kira 30 meter dan lebar 28 meter dengan air yang jernih mengalir begitu derasnya.  Dibalik air terjun juga akan ditemui sebuah goa yang cukup besar.


Jika dilihat dari atas, wisata nglirip ini lebih seperti bendungan air yang digunakan untuk mengairi sawah disekitarnya. Bahkan di atas air terjun juga terdapat jembatan penghubung antar desa. Seperti fungsi awal bahwa air terjun nglirip awalnya adalah bendungan irigasi (bahkan sampai sekarang), di atas bendungan terdapat sumber mata air terjun.  Sumber tersebut berasal dari beberapa sumber air di daerah Hutan Krawak yang berjarak sekitar 3 km dari lokasi dan menyatu di sebuah bangunan dam(bendungan) yang berada di atas air terjun.

Wisata Murah Meriah Yang Indah

Keindahan air terjun nglirip membuat setiap mata yang memandang terpesona. Air yang jatuh dari atas bendungan mengalir deras turun ke bawah melewati tebing. Tepat di sisi kanan dan kiri dari dasar air terjun merupakan tebing yang cukup dalam, sehingga untuk mencapai dasar kita harus berjalan menuruni tebing. Dibandingkan dengan keindahan yang disuguhkan, harga tiket masuk ke air terjun nglirip sangatlah murah. Hanya dengan membayar parkir Rp 2000 serta tiket masuk Rp 5000/orang anda sudah bisa berpuas-puas menikmati keindahan air terjun nglirip.

Waktu Yang Tepat Berkunjung Ke air terjun nglirip

Air terjun nglirip merupakan air tumpahan dari bendungan yang ada di atasnya. Tentu tidak setiap hari air ini akan tumpah, tergantung musimnya. Dari sini jelas bahwa ada waktu tertentu saat anda ingin berkunjung menikmati indahnya air biru ala nglirip. Jika musim penghujan, dengan intensitas yang sering. Saya sarankan jangan berkunjung dahulu, sebab air yang mengalir merupakan luapan dari air hujan yang berwarna coklat. Sedangkan saat kemarau, air dibendungan tidak meluap, aliran air dialihkan ke persawahan untuk mengairi tanaman para petani. Sehingga air terjun nglirip hanya nampak seperti tebing yang tandus. Kapan saat yang tepat untuk berkunjung ke Nglirip?
Saran saya adalah pertengahan antara musim hujan dan kemarau. Dengan intensitas hujan yang sudah jarang. Air dibendungan mengalir sangat jernih, sedangkan area persawahan juga masih berkecukupan air. 

Artikel menarik lainnya...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *