Bukit Cumbri

Wisata Keindahan Bukit Cumbri Ponorogo Wonogiri

Diposting pada

Bukit Cumbri – adalah salah satu bukit dikawasan gunung sewu yang resmi dibuka sebagai objek wisata alam sejak tahun 2016. Bukit Cumbri menjadi destinasi wisata alam di provinsi Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Tengah. Letaknya yang berada tepat digaris perbatasan provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah membuat sebagian pengunjung kebingungan saat memberi keterangan lokasi. Akan tetapi, Bukit Cumbri dapat diakses melalui 2 pintu masuk.

Bukit dengan ketinggian 638 mdpl ini memiliki 2 puncak yang menghadap kebarat dan ketimur. Puncak yang menghadap ketimur berada di kecamatan Sampung ponorogo sedangkan yang menghadap kebarat berada dikecamatan Purwantoro Wonogiri Jawa Tengah. Puncak sebelah timur lebih rendah dari puncak yang dibarat. Dari atas bukit, pengunjung bisa melihat gugusan bukit yang dikenal dengan gunung sewu, sekumpulan rumah penduduk juga terlihat dari atas bukit.

Baca juga : Seperti ini keindahan pantai Pancer Puger Jember

Salah satu kegiatan yang disukai pengunjung adalah menikmati keindahan sunrise dan sunset. Langit perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah berwarna merah keemasan serta gugusan bukit menambah keindahan disekitar Bukit Cumbri. Bahkan banyak pengunjung yang mendirikan tenda dipuncak Bukit agar tidak ketinggalan menikmati keindahan sunrise. Jika berkunjung dipagi hari pada jam 4 pagi, terutama pada saat weekend dikhawatirkan puncak bukit cumbri penuh, oleh sebab itu bermalam dibukit cumbri dengan mendirikan tenda menjadi alternatif agar tetap bisa menukmati indahnya sunrise saat weekend tiba.

Bukit Cumbri

Jalan Menuju Bukit Cumbri

Akses menuju Bukit Cumbri sangat mudah jika melalui pintu masuk dari Jawa Timur. Tepatnya melalui desa Pager Ukir Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo. Malalui Desa Pager Ukir motor maupun mobil bisa parkir sampai dipintu masuk. Untuk akses jalan juga sudah layak dilewati mobil meskipun belum beraspal. Perlu waspada dan hati-hati sebab tanjakan jalan cukup tinggi, bahkan di salah satu tanjakan setiap mobil wajib antri sampai mobil yang ada didepan bisa naik. Hal ini untuk mengantisipasi jika ada mobil yang tidak mampu naik agar tidak mundur menimpa mobil yang dibelakang. Dari pintu masuk desa pager ukir, pengunjung cukup berjalan kaki selama kurang lebih 20 menit.

 

Bukit Cumbri

Jalur pintu masuk kedua bisa melalui kecamatan purwantoro kabupaten wonogiri Jawa Tengah. Untuk pintu masuk melalui Purwantoro saya kurang begitu paham, sebab saya berkunjung ke bukit cumbri melalui Desa Pager Ukir Sampung Ponorogo.

Harga Tiket Masuk ke Bukit Cumbri

Untuk tarif masuk ke bukit cumbri melalui Desa Pager Ukir Kecamatan Sampung Ponorogo terbilang sangat murah, bahkan bisa dibilang gratis. Sebab pengunjung cukup membayar parkir sebesar 3000/motor atau 8000/mobil.

Bukit cumbri merupakan wisata yang masih baru dan hangat dibicarakan diberbagai media sosial. Sehingga sangat disayangkan jika tidak segera berkunjung kebukit cumbri.

Bukit Cumbri

 


Artikel menarik lainnya...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *