Indahnya Pantai Pancer Puger Jember

Diposting pada

Pantai Pancer Puger – Heloooo sahabat setia punakawanku,  sudah piknik belum? Sudah berapa lama tidak piknik? 1 bulan? 1 tahun atau udah gak punya waktu untuk piknik? Kalau sampai gak punya waktu ya janganlah, hidup itu butuh yang namanya jalan-jalan. Sibuk boleh, tapi jangan lupa untuk meluangkan waktu meskipun hanya sekedar berkunjung ketempat sekitar. Pada kesempatan kali ini saya akan mengajak anda untuk mengintip Keindahan Pantai Pancer Puger yang berada di Jember. Udah pernah denger? Itu loh, pantai yang memilki sebutan kampung nelayan di Puger Jember. Lantas seperti apa sih pantainya? Apa saja yang menjadi daya tarik pantai pancer puger? Ada apa aja di pantai pancer puger? Yuuuk simak.

Wisata Pantai Pancer Puger

Pantai pancer puger terletak di kecamatan Puger Kabupaten Jember Jawa Timur. Di kecamatan Puger inilah sebagian besar mata pencaharian masyarakatnya merupakan nelayan. Dari sekian banyaknya nelayan di kawasan pantai selatan Jember, Kecamatan Puger menjadi satu-satunya penghasil ikan terbesar dan terbaik di Kabupaten Jember. Sehingga wajar saja jika salah satu desa di Kecamatan Puger mendapat julukan Kampung Nelayan. Jika anda berkunjung ke Pantai Pancer Puger, anda akan melewati kampung nelayan yang terlihat dari seberang sungai, ratusan kapal nelayan warna warni juga tertata rapi disepanjang sungai menuju pantai Pancer Puger.

Pantai Pancer Puger Jember
Kampung nelayan diseberang sungai

Sama seperti pantai selatan pada umumnya, Pantai Pancer Puger memiliki ombak yang sangat besar. Jika anda berkunjung kesini akan terlihat beberapa orang yang sedang asik bermain selancar. Disisi timur terdapat tumpukan batu yang mengarah kelaut, tumpukan batu ini disebut oleh masyarakat sekitar sebagai pecah ombak. Sesuai namannya, yaitu untuk menghalangi ombak besar agar nelayan yang akan melaut bisa dengan mudah sampai ketengah laut. Karakteristik pasir di Pantai Pancer Puger berwarna hitam dan berkilauan seperti berlian jika terkena pantulan sinar matahari sehingga dapat menambah keindahan pantai pancer puger. Hempasan angin laut seringkali membuat pasir ini berterbangan, jadi sangat disarankan agar berjaga-jaga untuk memakai kacamata.

Pecah ombak puger
Pecah ombak

Sisi timur tepatnya berseberangan dengan batu pecah ombak, terdapat pulau yang bernama Pulau Kucur. Di pulau ini terdapat pemandian yang konon merupakan peninggalan dari jaman Belanda. Untuk bisa mencapai pulau kucur, anda cukup menyewa kapal nelayan yang memang disediakan untuk antar jemput pengunjung. Tarif sewa kapal sangat terjangkau, hanya dengan membayar Rp 10.000 sudah PP. Anda tidak perlu lagi membayar jika ingin mandi atau menikmati Keindahan Pulau Kucur. Daya tarik lainnya dari pulau kucur adalah terdapat hewan liar seperti kera. Jadi jangan lupa membawa makanan untuk diberikan kepada kera. Di pulau kucur juga terdapat air terjun, meskipun tidak terlalu tinggi, dengan keberadaan air terjun ini mampu menambah daya tarik pengunjung.

Pulau kucur menjadi latar belakang

Disisi selatan Pantai Pancer Puger terdapat pulau tak berpenghuni, pulaunya cukup besar. Bisa anda lihat di google maps. Namanya adalah pulau Nusa Barung. Dengan keberadaan pulau ini mampu menambah keindahan Panti Pancer Puger. Pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang pulau kucur maupun pulau Nusa Barung.

Pulau barung pantai pancer puger
Pulau Barung tampak disebelah kanan

 

Harga Tiket Masuk Pantai Pancer Puger

Dari penjelasan diatas sudah bisa dibayangkan bagaimana keindahan Pantai Pancer Puger. Pasir hitam, ombak yang besar, pemandian, air terjun dan diseberang pantai terdapat dua pulau yang dapat menambah keindahan berfoto para pengunjung. Dilihat dari apa saja yang terdapat di Pantai Pancer, pasti anda berfikir harga tiket masuknya mahal. Tapi tenang, harga tiket masuk ke Pantai Pancer sangat sangat murah bahkan penjaganya yang baik biasanya memberi diskon. Harga tiket masuk Rp 5000/org dan parkir 3000/mobil.Saat itu saya bertiga cuma disuruh bayar 13.000 saja. Dihitung cuma dua orang dan 1 mobil, dirombongan yang lain juga sama, mendapatkan potongan gratis 2 orang.

Baca juga : Pesona kawah putih ciwidey Bandung

Fasilitas umum kebanyakan disediakan oleh warung-warung di Pantai Pancer. Mulai toilet, tempat ibadah sampai air bersih. Untuk area parkir tak perlu khawatir, pantai pancer sangat luas sehingga untuk menyisir setiap sudut area wisata harus menggunakan mobil. Jadi anda bisa parkir mobil didekat lokasi yang mau anda kunjungi dengan bebas tanpa khawatir kena tarif parkir lagi.

Jika berkunjung kesini jangan lupa untuk mencoba kuliner khas kampung nelayan Pantai Pancer, yaitu ikan bakar. Harganya masih standard kaki lima tapi soal rasa mengalahkan sajian hotel bintang lima.
Bagaimana sahabat Punakawanku? Saya yakin anda akan tertarik dengan Keindahan Pantai Pancer Puger. Jangan lupa ajak teman-keluarga-tetangga untuk berkunjung ke Pantai Pancer Puger. Sekian informasi jalan-jalan kali ini, sampai jumpa di wisata selanjutnya.

Artikel menarik lainnya...

4 thoughts on “Indahnya Pantai Pancer Puger Jember

  1. Kalau ditempat saya, masuk wisata pantai itu gratis ,cukup hanya membayar parkiran saja, sepeda motor 2 ribuan dan jika mobil 5 ribuan. Selanjutnya bebas.
    Hewan kera dipulau kucur, ah jadi takut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.