Pesona Kawah Ijen Dengan Fenomena Blue Fire

Diposting pada
Kawah Ijen – Apa kabar sahabat punakawanku? Udah jalan-jalan kemana? Masak masih bingung mau jalan – jalan kemana? Nih mimin weekend kemarin tepatnya tangga 26 Februari 2017 udah mengunjungi salah satu wisata yang begitu menakjubkan, Pesona kawah yang menghampar biru bak lautan di atas gunung, ditambah lagi dengan pemandangan di sekitar kawah yang sangat indah, membuat Kawah Ijen memiliki pesona tersendiri di mata para travellers. Bahkan pengunjung nya pun tak hanya dari Indonesia, wisatawan domestikpun banyak yang datang kesini hanya untuk melihat Pesona Kawah Ijen.
Pesona Kawah Ijen Dengan Fenomena Blue Fire
Pesona Kawah Ijen
Sobat tahu gak sih? Kawah Ijen merupakan salah satu wisata di Indonesia tepatnya di daerah Banyuwangi yang terkenal akan fenomena langka yaitu Api Biru atau Blue Fire. Konon di dunia hanya ada 2 wisata yang memiliki fenomena langka ini, salah satunya ialah di Kawah Ijen. Namun kemunculan Blue Fire ini hanya pada bulan – bulan tertentu saja. Beruntung sekali ketika mimin kemarin berkunjung sempat melihat Api biru atau Blue Fire meskipun tidak sebanyak saat bulan – bulan kemunculan Api Biru. 
Pesona Kawah Ijen Dengan Fenomena Blue Fire
Penampakan Blue Fire

Baca juga : Mampir ke Kalipait sebelum Ke Kawah Ijen

Perjalanan menuju Kawah Ijen mimin awali dari Surabaya sekitar Pukul 9:30 WIB. Hanya berangkat berdua bersama teman, sehingga bekal yang kita bawa juga tidak terlalu banyak seperti saat mendaki. Mimin hanya membawa tenda serta perlengkapan tidur seperti matras dan sleeping bag. Untuk keperluan makan di Kawah Ijen ini sudah banyak penjual, jadi tidak perlu takut kelaparan. 
Untuk rute menuju Kawah Ijen dari Surabaya sangatlah mudah, Mimin kemarin berangkat dari Surabaya – Bangil – Pasuruan – Probolinggo – Situbondo – Besuki (belok kanan) – Bondowoso – Raya Kawah Ijen. Perlu untuk dipersiapkan bahwa Jl. Raya Kawah Ijen ini cukup jauh dan yang kita lewati adalah Hutan dan perkebunan kopi, jadi perlu di cek kembali kondisi kendaraan agan sebelum melewati Jl. raya kawah ijen ini. Waktu tempuh selama di Jl. Kawah ijen juga lumayan lama sekitar 1,5 – 2 jam.
Pesona Kawah Ijen Dengan Fenomena Blue Fire
Keindahan kawah bak Lautan.

Setelah menempuh perjalanan yang cukup panjang, akhirnya mimin sampai di pos perkemahan Paltuding pukul 16:30. Setelah sampai, segera mencari tempat untuk mendirikan tenda. 
Untuk bisa mendaki ke Kawah Ijen, ada peraturan yang diterapkan pengelola yaitu pendakian baru bisa dilakukan mulai puku 01:00 Dini hari. Untuk harga tiket perorang sebesar Rp 7.500 dan parkir Rp 5000/motor, agar sobat tidak kecewa sudah jauh-jauh dan capek-capek mendaki, sebaiknya silahkan untuk menyewa Masker Gas sejak dari pintu masuk, agar sobat diperbolehkan turun ke Kawah, sebab sangat berbahaya jika sobat sampai menghirup gas belerang. Mimin merasakan sendiri, bahkan hampir tidak bisa bernafas, itupun sudah pakai masker gas, gimana kalau tidak memakai?. Untuk harga sewa Masker Gas adalah Rp 25.000/masker. Berbeda dengan cerita teman – teman sebelumnya kalau turun harus pakai guide penambang, untuk saat ini cukup memakai masker gas sudah diperbolehkan turun.
Untuk perjalanan ke Kawah bisa ditempuh selama kurang lebih 1 jam sampai puncak dan 1 jam lagi turun kekawah. Agar perjalanan sobat lebih nyaman, jangan lupa membawa bekal makanan dan minuman secukupnya. Jangan lupa untuk membawa kembali bungkus makananya ya sob, hehehe. Semoga perjalanan mimin kali ini bisa memberikan informasi sekaligus referensi untuk jalan-jalan. sampai jumpa di perjalanan selanjutnya….

Pesona Kawah Ijen Dengan Fenomena Blue Fire
Nikmati Keindahan Kawah dengan Makan Roti :p


Artikel menarik lainnya...

7 thoughts on “Pesona Kawah Ijen Dengan Fenomena Blue Fire

  1. Waah waaah. Ini dia! Salah satu destinasi yang bikin kangen.
    Pernah kesini awal tahun bang…..tepar iya, tapi kalau ada yang ngajakin lagi, gue mah ayo xD

    Masih pensaran gimana jadinya kalau pas sampe puncak, matahari bersina terik dengan langit biru. Pasti makin kece!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *