Wisata Mistis di Pemakaman Trunyan Bali

Diposting pada

Salam sejahtera untuk pembaca setia punakawanku.com dimanapun anda berada. Terimakasih sudah bersedia mengikuti perjalanan kecil saya. Sebuah perjalanan pribadi dalam memberikan informasi tentang tempat wisata. 

Tujuan wisata kali ini jatuh ke Pulau Bali. Salah satu pulau di Indonesia yang terkenal akan budaya dan tempat wisatanya. Masyarakat bali yang teguh melestarikan budayanya membuat para wisatawan asing  berdatangan ke pulau dewata ini. Nuansa yang dihasilkan dari musik tradisionalnya memberikan suasana yang tentram, membuat siapapun yang berkunjung ke bali akan merasakan kerinduan untuk berkunjung kebali.

Wisata Mistis di Pemakaman Trunyan Bali

Selain keindahan alamnya, salah satu daya tarik para wisatawan termasuk saya adalah pada budaya pemakamannya. Ada salah satu tempat di bali tepatnya di sisi timur danau batur, bangli Bali. Terdapat sebuah desa yang memiliki tradisi pemakaman yang cukup ekstrim. Namannya kuburan Trunyan, dikuburan ini mayat tidak dikubur layaknya pemakaman umumnya. Namun hanya diletakkan di atas tanah, badannya ditutupi kain putih dan cukup di kelilingi bambu yang ditancapkan di tanah. Mayat yang sudah lama akan tersisa tengkoraknya saja yang nantinnya akan di susun seperti tampak pada foto.

Yang menjadi menarik dari kuburan trunyan adalah, meskipun jenazah hanya diletakkan di atas tanah, pengunjung tidak mencium bau busuk dari mayat sedikitpun, bahkan mayat yang terbaring tidak dikerubungi lalat maupun belatung. Berdasarkan informasi dari penjaga makam, mayat tidak bau disebabkan oleh Pohon Terunyan. Pohon terunyan konon dipercaya memiliki bau yang harum, sehingga bau busuk mayat ternetralisir oleh bau pohon terunyan disekitar makam.

Akses menuju kuburan terunyan.

Letak dari kuburan trunyan tepat di ujung danau, sehingga akses satu-satunya pengunjung harus menyewa kapal maupun speedboat. Waktu penyeberangan kurang lebih 20 menitan. Untuk biaya kapal kisaran 400ribu pulang pergi(mungkin sekarang harga kapal sudah naik).
Keindahan danau batur juga tak kalah indah, danau yang terletak dibawah kaki gunung batur ini tampak bagaikan lukisan. Tak cukup bagi anda jika hanya membaca artikel saya, segera rencanakan kunjungan anda ke kuburan trunyan.
Wisata Mistis di Pemakaman Trunyan Bali
Gunung Batur

Artikel menarik lainnya...

3 thoughts on “Wisata Mistis di Pemakaman Trunyan Bali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *