Cara memperbaiki broken link pada blog

Cara Memperbaiki Broken Link Pada Blog Agar BLog Sehat

Diposting pada

Cara memperbaiki broken link pada blog – Salah satu cara untuk menjaga kesehatan blog adalah dengan cara mengecek link rusak yang terdapat didalam blog secara rutin. Pengecekan bisa anda lakukan setiap minggu atau paling lama setiap bulan. Pengecekan berkala sangat penting saat terjadi banyak link rusak, agar anda tidak mengeluh jika suatu saat harus menghapus ratusan bahkan ribuan link rusak. Dalam istilah blogging, link rusak ini sering kita sebut Broken Link.

Broken Link adalah link rusak atau link yang tidak memiliki tampilan halaman, atau error. Dampak yang akan dialami blog jika membiarkan Broken Link semakin banyak bersarang didalam blog maka akan menurunkan SEO blog. Sebab mesin perayap googgle banyak sekali menemukan link mati yang tidak mengarah pada suatu laman.

Penyebab Broken Link pada Blog

Pada umumnya link rusak yang bersarang pada blog disebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya adalah :

  • Terdapat link lama yang sudah terhapus tapi masih terindeks oleh google. Biasanya terjadi pada internal link yang terdapat di dalam artikel. Artikel sudah terhapus, tapi masih ada internal link yang mengarah ke link yang terhapus.
  • Salah menuliskan link didalam blog.
  • Komentar SPAM yang meletakkan link mati. Atau bisa juga terjadi ketika seseorang yang berkomentar pada waktu lampau, dan sekarang link yang digunakan sudah dihapus.

Cara Cek Broken Link yang terdapat pada Blog

Untuk bisa menghapus Broken Link, tentu langkah pertama adalah melakukan pengecekan terhadap blog apakah terdapat link mati atau tidak. Untuk mengecek link mati anda bisa memanfaatkan tools gratis dari www.brokenlinkcheck.com dengan cara memasukkan URL blog dan mengisi kode captcha. Brokenlinkcheck akan menscan ribuan link yang terdapat dalam blog dan akan memberitahu anda jika terdapat link mati.
Jika terdapat banyak Broken Link maka akan muncul tampilan seperti berikut :

Cara memperbaiki broken link pada blog

Silahkan anda perhatikan gambar, disitu terdapat keterangan url, src, bad host dan 404.ย 

Penjelasan :

  • url : Jika anda klik, maka akan langsung menuju ke artikel yang terdapat link mati.
  • src : Jika anda klik, maka akan menuju sumber letak link mati dalam mode html.
  • bad host : Badhost biasanya merupakan link yang masih aktif, tetapi memiliki kualitas yang jelek. Atau juga terjadi karena kesalahan menulis link. Bisa anda lihat pada gambar, yaitu terjadi kesalahan www.tokojamtagansurabaya.com yang harusnya ww.tokojamtangansurabaya.com.
  • 404 : Link error 404 merupakan link yang sudah terhapus tapi masih terindeks oleh google. Untuk mengecek link error 404 anda juga bisa melalui Google Webmaster Tool serta menghapus link error 404 melalui google webmaster tool.

Cara Memperbaiki Broken Link Pada Blog

Setelah anda menemukan link mati dari hasil pengecekan, cara untuk menghapus link mati sangatlah mudah. Anda harus mengetahui terlebih dahulu letak link mati tersebut, apakah didalam artikel atau didalam komentar. Caranya dengan menekan url, maka anda akan diarahkan ke artikel yang terdapat link mati. Langkah selanjutnya adalah melakukan edit artikel didalam dashboard blog, silahkan hapus link mati tersebut atau bisa anda betulkan jika terjadi salah ketik.

Jika link mati terdapat pada kolom komentar, maka anda harus mengecek satu-satu. Tetap tekan url agar anda diarahkan ke artikel yang terdapat Broken Link. Silahkan anda cari komentar dengan link yang sudah mati. Biasanya terdapat pada URL/Name atau yang bernama anonymous. Cara memperbaikinya adalah menghapus komentar yang terdapat link mati secara permanen. Jika menggunakan hp mungkin lebih mudah, hanya dengan menekan lama profil komentar maka akan muncul link. Tinggal dicocokan dengan Broken link hasil scan.

Yang sering terjadi adalah ketika ada pengunjung yang berkomentar dengan menggunakan Name/URL, kemudian setelah beberapa bulan URL tersebut sudah dihapus. Maka url yang tertinggal di komentar anda akan menjadi Broken Link. Semoga dengan melakukan pengecekan Broken Link secara rutin dapat menjaga kesehatan blog anda. Sehingga mesin perayap google lebih senang merayapi blog anda.

Sekian pembahasan tentangย cara memperbaiki broken link pada blog,ย semoga bermanfaat untuk menjaga kesehatan blog sehingga blog bisa bersaing dengan blog lain di SERP.


Artikel menarik lainnya...

18 thoughts on “Cara Memperbaiki Broken Link Pada Blog Agar BLog Sehat

  1. saya juga sering banget pake brokenlinkcheck untuk memeriksa blog saya dan tentunya saya merasakan manfaat yang sangat besar dari situs website yang satu ini….
    makasih yah sudah membuatkan artikel mengenai hal ini!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.